Pantesan Mahal, Ternyata Ini Manfaat Porang

Harga dan Manfaat Porang Terbaru dan Terlengkap

0

Porang atau dalam bahasa Sunda Acung yang sekarang lagi viral dan diburu banyak petani, konon bisa membuat kaya raya karena harganya yang luar biasa.

Porang sendiri merupakan tanaman liar yang memiliki beberapa jenis. Porang umum yang tidak dijadikan industri biasanya diambil buahnya untuk kebutuhan pangan burung.

Sedangkan jenis Porang yang dijadikan industri berharga sangat mahal, namun sayangnya jenis Porang ini sulit sekali ditemukan meski kehutan lebat sekalipun mencarinya.

Menurut beberapa orang pemburu porang, jenis ini memiliki bentuk warna agak kekuningan pada bagian batangnya. Kalau porang yang umum ditemui memang tidak demikian.

Dengan dijual mahal, porang kini banyak diburu petani, hingga mereka menanam dan membudidayakan porang, tentu harga yang mahal memiliki manfaat yang luar biasa serta alasan yang cukup akurat.

Kenapa Porang Sangat Mahal?

Porang atau Acung dalam bahasa Sunda, dijual mahal karena untuk di ekspor ke Jepang dan China yang dimanfaatkan untuk kebutuhan industri disana, sehingga harganya pun bikin geleng-geleng kepala.

Ah biasa saja padahal, gak mahal-mahal amat. Bukan itu masalahnya, tapi tanaman ini tanaman liar yang sebelumnya malah di biarkan begitu saja.

Namun, sekarang ini memiliki harga jual cukup diluar akal. Tapi ternyata manfaat umbi porang pun jauh lebih berharga ketimbang harganya.

Iya benar sahabat kalem, umbi Porang dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah yang sering dirasakan oleh kebanyakan orang.

Baca juga : 14 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Rambut

Manfaat Porang/Acung

Porang atau di Banten dikenal dengan sebutan acung ini memiliki manfaat yang luar biasa, seperti yang sudah admin singgung sedikit diatas.

Umbinya dijadikan sebagai bahan pangan, dan diekspor ke dua negara tertulis diatas. Berikut ini manfaat umbi Porang atau acung yang harus kamu ketahui.

  1. Sumber bahan pangan sehat
  2. Dapat menurunkan berat badan
  3. Porang bisa mengatasi masalah sembelit
  4. Dapat mencegah kanker
  5. Porang juga dapat menurunkan kadar kolesterol
  6. Manfaat Porang mampu menurunkan kadar gula darah
  7. Membantu permasalahan diabetes

Waw, ternyata tanaman liar yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa, pantesan banyak diburu petani dan sekarang ini harganya dijual sangat mahal.

Hingga saat ini, karena kawasan tempat tinggal admin berdekatan dengan hutan, setiap hari masih banyak sekali orang yang memburu porang.

Saat admin bertanya ke salah satu orang, ia berkata bukan Porang yang biasa ditemui, namun Porang yang membentuk batang agak kekuningan.

“Porang memang sangat mahal, karena katanya di ekspor ke luar negeri dan dijadikan bahan makanan, serta bukan Porang yang biasa ditemui namun Porang yang berbatang agak kekunginan” ungkap salah satu petani yang berburu Porang dan namanya tidak mau dipublikasikan.

Dulu memang tidak terlalu ramai seperti ini, banyak yang membiarkan Porang jenis tersebut karena tidak ada yang mencarinya, akan tetapi sekarang ini banyak diburu.

Memang, berapa sih harga Porang atau acung? Kok dijual sangat mahal?.

Baca Juga : 4 Manfaat Ambeven dan Cara Penggunaannya

Harga Porang/Acung

Harga Porang atau Acung
Umbi Porang, Foto : Istimewa

Porang atau disebut acung dijual mulai dari harga Rp. 4000-25.000 per kilogram untuk yang belum diolah, sedangkan yang sudah diolah dan siap ekspor harganya mencapai Rp. 14 ribu hingga puluhan hingga ratusan ribu per kilogramnya.

Harga belum dipastikan satu harga, karena beberapa orang menyebutkan harga yang berbeda, mungkin tergantung siapa yang membeli dan mengekspor Porang ke luar negeri tersebut.

Porang yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan sehat ini merupakan tanaman liar, admin lagi-lagi menyebutnya karena memang dahulu kala banyak orang yang menyepelekan tanaman liar yang satu ini.

Ada-ada saja deh, dulu sempat juga viral tanaman hias janda bolong yang harganya mencapai ratusan juga, dan itu juga termasuk tanaman liar yang dibiarkan petani.

Sekarang ada lagi, kalau Porang sih memang masuk akal karena Umbinya dimanfaatkan sebagai bahan pangan, apalagi diekspor ke luar negeri.

Bagaimana sahabat kalem? Apakah kamu tergiur dengan harga jual porang? Segera ingin berburu porang? Mengingat sekarang ini kita sedang dalam kesulitan ekonomi.

Baca juga : Lianhua Qingwen : Harga Obat Corona dan Manfaatnya

Kesimpulan

Sudahlah, mungkin ini waktunya kita berbagi untuk kedepan, kamu bisa memberitahu kepada tema kamu terkait artikel yang admin buat ini.

Ya, harga Porang yang dijual dipasaran memang sangat mahal, tapi mencarinya itu loh yang sangat sulit.

Banyak tetangga admin pun yang mencari kesana kesini namun mereka paling menemukan satu atau dua saja. Tapi mereka tetap mengambilnya karena untuk dibudidayakan.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.