Pemain Bola Basket : Jumlah, Posisi, Tugas Pemain Bola Basket

Pemain Bola Basket : Jumlah, Posisi, Tugas Pemain Bola Basket

Kalian tahu berapa jumlah pemain bola basket? Lalu apa saja tugas dan posisi para pemain bola basket? Nah, kalau kalian enggak tahu, mending cari tahu disini, admin akan memberi informasi yang sempurna.

Mungkin saja kalian menyangka bahwa pemain bola basket tidak memiliki tugas masing-masing, akan tetapi itu adalah prediksi yang salah. Tentu saja setiap permainan olahraga ada tugas masing-masing.

Sepertinya admin semangat membahas pengetahuan seputar olahraga, seperti yang akan admin sampaikan kali ini, langsung saja kita ke TKP.

Jumlah Pemain Bola basket

Jumlah Pemain Bola Basket
Jumlah Pemain

Jumlah pemain bola basket adalah 5 orang per regu atau tim, disetiap permainan ada dua tim yang berlawanan, jadi total keseluruhan para pemainnya adalah 10 orang.

Dari jumlah 5 orang dalam satu regu itu memiliki posisi dan tugasnya masing-masing, akan dibagi menjadi tiga bagian dari pertandingan yang berhadapan antara tim A dan Tim B yang satu tim-nya berjumlah 5 orang.

Lalu, apa saja ketiga posisi yang sudah ditentukan berdasarkan syarat untuk bermain basket ball? Berikut admin jelaskan lebih detail.

Baca Juga : Bola Kasti : Bentuk dan Ukuran Lapangan Kasti

Posisi dan Tugas Pemain Bola Basket

Seperti yang disampaikan bahwa posisi para pemain di bagi menjadi 3 bagian namun secara keseluruhannya ada 5 posisi yang masing-masing diisi 1 orang, yaitu Guard, Forward dan Center. Berdasarkan namanya, maka akan admin rincikan penjelasannya berikut ini.

1. Posisi Guard

Posisi Guard dibagikan lagi menjadi 2 bagian, yaitu Point Guard dan Shooting Gurad, yang mana kedua posisi tersebut memiliki tugasnya masing-masing.

  • Point Guard (PGPoint) merupakan posisi pemain bola basket yang bertugas untuk mengatur strategi permainan yang akan digunakan dalam mencetak skor. Lalu posisi ini juga bertugas untuk membawa bola dan di oper atau passing ke teman timnya.
  • Shooting Guard (SG) merupakan posisi pemain yang bertugas sebagai penembak utama, ya seperti namanya Shooting Guard jadi sudah ketebak apa tugasnya. Dia juga harus bisa melakukan Drive kearah dalam.

2. Posisi Forward

Posisi Forward juga dibagi menjadi bagian yang memiliki tugas masing-msaing dalam sebuah permainan bola basket yang sedang berjalan secara langsung dengan menghadapi lawan. Pembagian itu diantaranya.

  • Small Forward (SF) merupakan posisi pemain yang bertugas dalam mencetak poin. Posisinya harus mampu menembus pertahanan tim lawan agar bisa memenangkan sebuah pertandingan.
  • Power Forward (PF) merupakan posisi pemain bola basket yang bertugas untuk me-rebound bola. Yaitu agar bola tidak jatuh ke tangan lawan, biasanya pemain yang bertugas sebagai PF ini berpostur tubuh tinggi dan besar.

3. Posisi Center (C)

Mungkin berbeda dengan posisi-posisi yang sudah admin tuliskan diatas, posisi pemain basket Center adalah posisi yang berada di tengah lapangan.

Tugasnya untuk menghadang lawan menembus kandang, maka dari itu posisi ini biasanya orang-orang yang berpostur tubuh besar dan tinggi karena dapat menahan lawan.

Namun sayangnya, posisi ini sering kali mendapatkan pelanggaran, ya karena memang berdasarkan tugasnya sebagai pertahanan. Jadi dia melakukan apa saja agar bisa menahan lawan untuk menembus pertahanan mereka.

Berdasarkan posisi dan tugas bagi setiap masing-masing pemain, maka hanya dengan jumlah 5 orang saja mereka harus bisa bertarung dalam sebuah permainan yang menggiring bola untuk memasukkan ke keranjang lawan.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Bola Voli Dan Pengertiannya

Posisi Pemain Bola Basket

Posisi Pemain Bola Basket
POSISI

Jangan salah, dalam strategi permainan basket ball ada angka-angka untuk mengatur posisi yang diatas sudah admin sebutkan satu per-satunya, agar lebih mudah memahaminya, berikut ini angka-angkanya.

PosisiKodeAngka
CenterC5
Power ForwardPF4
Small ForwardSF3
Shooting GuardSG2
Point GuardPG1

Berdasarkan tabel diatas, berdasarkan keseluruhannya berarti ada 5 posisi para pemain yang sudah ditetapkan, dan masing-masing posisi itu ada 1 orang dari 5 orang pemain.

Oke sekarang kamu sudah tahu berapa jumlah pemain bola basket serta dengan posisi dan tugasnya masing-masing, dan semoga apa yang admin sampaikan diatas bermanfaat.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.