Take a fresh look at your lifestyle.

Pengertian dan Arti Kata Investasi Serta Contohnya

Apa Sih yang Dimaksud Dengan Investasi?

0

Sering sekali mendengar istilah investasi, terutama bagi perusahaan, lantas pengertian dan arti kata investasi ini apa sih? Penasaran banget.

Dalam sebuah perusahaan pun ada yang disebut perusahaan investasi, sepertinya ini sering juga kita dengar dan lihat didalam berita.

Namun tenang saja, bagi kamu yang tidak tahu apa arti kata investasi, maka disini admin akan menjelaskan pengertiannya yang paling lengkap.

Pengertian disini admin sudah menelesuruinya dari berbagai sumber sehingga admin rangkum agar menjadi mudah saat dipahami.

Arti Kata Investasi

Arti Kata Investasi
Investasi, Foto : Istimewa

Menurut KBBI, Investasi adalah suatu penanaman modal atau uang kedalam suatu perusahaan mapun proyek agar mendapatkan keuntungan yang lebih dari modal yang ditanam sebelumnya.

Secara sederhana, investasi berarti menggandakan uang dengan menaruh modalnya di sebuah perusahaan atau proyek.

Kemudian keuntungannya akan ia terima suatu saat nanti, namun sayangnya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam pengertian atau arti diatas, mungkin kamu sudah memahaminya apa yang dinamakan dengan investasi menurut makna KBBI.

Baca juga : Arti EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional #1

Jenis-jenis Investasi

Jenis-jenis Investasi
Jenis Investasi, Foto : Istimewa

Setelah ita menemukan pengertian investasi atau artinya diatas, kamu perlu tahu bahwa investasi terdiri dari berbagai jenis yang sering digunakan untuk menanam modal.

Apa saja jenis-jenis investasi yang ada? Yuk kenali berikut ini jenisnya yang dapat kamu pahami, diantaranya:

1. Deposito

Deposito adalah jenis investasi atau instrumen investasi yang sebenarnya mirim dengan tabungan di bank.

Resiko deposito sangat rendah sehingga sering dipilih oleh pemula dalam melakukan uji coba investasi agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

2. Emas

Selain deposito, emas juga menjadi sarana untuk melakukan investasi, resikonya juga lumayan rendah sama halnya dengan deposito.

Bahkan orang-orang banyak memiliki menginvestasikan emas ketimbang dengan investasi lainnya yang ada di dunia ini.

Namun kembali lagi kepada diri kita bahwa kadang emas juga memiliki harga murah pun mahal, namun tetap saja tingkat kerugiannya lumayan rendah.

3. Properti

Masih sama dengan kedua jenis investasi diatas, properti juga menjadi pilihan terbaik karena resiko yang ada sangat rendah.

Maka, berdasarkan arti kata investasi diatas, memilih properti adalah salah satu penanaan modal yang beresiko tidak terlalu tinggi.

4. Reksa Dana

Jenis ini sering sekali ditemukan di iklan-iklan, salah satu pemiliknya adalh toko online yang ada di Indonesia, admin sendiri sering ditawarkan untuk melakukan investasi reksa dana.

Jenis reksa dana adalah jenis yang paling populer, khususnya untuk para pemula yang memiliki modal keterbatasan.

Modal yang paling rendah, kamu cukup menyediakan Rp. 500.000 saja sudah bisa membeli reksa dana dengan keuntugan yang akan didapatkan dikemudian hari.

5. Saham

Investasi saham adalah investasi yang berpotensi tinggi, namun resikonya juga tinggi, kalau kamu pemula, sebaiknya tidak memilih saham untuk pertama kalinya.

Pengertian dan arti kata investasi yang admin jelaskan mungkin sudah cukup meyakinkan kamu untuk memilih saham, akan tetapi sebaiknya pilih yang resiko rendah.

6. Peer To Peer Langing

Mungkin kamu baru mengenal jenis investasi ini karena memang tergolong baru di Indonesia namun sudah banyak yang memilih jenis ini.

Mungkin ini sama dengan pinjaman uang, karena memang cara kerjanya dengan meminjamkan uang kesejumlah pihak dengan persetujuan yang secara resmi.

Kemudian kamu akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang sudah disepakati sebelumnya, namun ini adalah hal yang harus kamu pertimbangkan.

Baca juga : Pengertian Invensi dan Inventor Menurut Hukum

Tujuan Investasi

Tujuan Investasi
Tujuan Investasi, Foto : Istimewa

Invesasti sendiri secara umum terdiri dari dua hal, yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek, namun tidak lepas dari arti kata investasi yang dijelaskan, keduanya pun sama-sama bertujuan ke satu hal.

Tujuannya adalah untuk menyimpang uang atau harta yang kita miliki, namun untuk dikembangkan agar menjadi bertambah uang tersebut.

Kalau kamu pandai menabung, pasti kamu tidak heran dengan investasi karena uang yang kita tanam nantinya akan kembali dengan keuntungan luar biasa.

Akan tetapi tergantung kepintaran dan kejelian kamu dalam melakukan investasi, meski sangat menggiurkan, akan tetapi tetap saja selalu ada kerugian.

Apalagi kalau kamu memilih investasi yang salah, salah salah satunya kamu adalah pemula, namun kamu sudah melakukan investasi tingkat tinggi.

Tentu saja, kamu tidak bisa mengahrapkan keungtungan yang luar biasa, makanya kalau masih pemula pilih yang rendah-rendah saja ya sahabat kalem.

Baca juga : Arti Kata Pesolek Merupakan Istilah Lain Dari Solek, ini Artinya

Contoh Investasi

Contoh Investasi
Contoh Investasi, Foto : Istimewa

Salah satu contohnya admin kaitkan dengan emas saja ya, karena emas salah satu jenis atau instrumen investasi yang umum dilakukan orang-orang.

Pada saat pembelian emas, harganya per garmnya adalah 710K, kemudian setelah emas naik harganya menjadi 800K, kita menjualnya.

Nah, dari situ sudah kita lihat bahwa kita mendapatkan keuntungan yang luar baisa, terlebih harga emas semakin kesini semakin naik.

Tai ingat, jangan beli emas pas mahal dan menjualnya pas murah, karena tidak akan mendapatkan keuntungan, ini resikonya adalah harga murah.

Mungkin seperti itu kira-kira contohnya, itu menurut admin tapi mungkin menurut para ahl lain lagi karena admin sebenarnya kurang ahli dalam berinsvestasi.

Jadi itulah pengertian dan arti kata investasi yang dapat kamu pahami, semoga kamu bisa menjadi lebih baik lagi dengan memahami tulisan yang sudah admin jelaskan diatas ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.