Pengertian dan Contoh Kata yang Mengalami Nominalisasi

Apa yang Dimaksud Dengan Kata Nominalisasi? Dan Apa Saja Kata yang Mengalami Nominalisasi?

0 24

Sikalem – Kamu mungkin ingin mengetahui pengertian nominalisasi adalah apa? Serta apa saja kata yang mengalami nominalisasi? Dan disini kamu tahu jawabannya.

Secara lengkap tentunya beserta pengertiannya, dan juga contoh kata yang mengalami nominalisasi, sehingga kamu tidak akan lagi bingung dengan semua hal tersebut.

Pengertian Nominalisasi

Secara bahasa, Nominalisasi adalah kata yang diperoleh dari perubahan verba dan adjektiva menjadi bentuk kata nomina.

Hal tersebut membuat kata yang menjadi nomina dapat bertindak sebagai kepala dari suatu frasa nomina.

Dan apa saja contoh kata yang mengalami nominalisasi? Atau kata nomina? Sebagaimana yang dijelaskan pada pengertian tersebut guna membuat kamu lebih paham.

Dan setelah kita tahu dari pengertian nominalisasi yang dijelaskan tersebut, sekarang kita lihat apa saja contoh dari kata tersebut? Apakah ada pada kehidupan sehari-hari?

Baca juga : 6 Arti Kata Wawasan dan Contohnya

Contoh Kata yang Mengalami Nominalisasi

Salah satu contoh kata yang mengalami nominalisasi atau penggabungan antara verba dan adjektiva adalah Kegagalan, dimana kegagalan adalah sebuah kekalahan.

Berikut beberapa contoh dari kata nominalisasi, yaitu:

  • Penduduk (Orang yang menduduki suatu negara/wilayah)
  • Pekerja (Orang yang melakukan pekerjaan)
  • Kegagalan (Kekalahan yang terjadi)
  • Kemudahan (Suatu hal yang dilakukan lebih mudah)
  • Permainan (Suatu hiburan yang membuat orang bermain)
Nominalisasi
Nominalisasi

Pada contoh tertulis dapat kamu simak bahwa kata tersebut adalah kata yang merupakan nominalisasi, yaitu kata yang diperoleh dari adjektiva dan verba.

Sekarang bagaimana, apakah kamu sudah paham dengan yang ditulis diatas? Oya, kata nominalisasi ini ada di seluruh bahasa dunia, tak hanya pada bahasa Indonesia saja ya sahabat kalem.

Baca juga : Denotatif Adalah : Pengertian, Contoh dan Sinonim

Oke mungkin kamu sudah paham sekarang, karena itu kamu tidak perlu lagi bingung dengan contohnya, cukup membaca artikel ini saja kamu sudah paham pengertian serta contoh tersebut.

Kesimpulan

Seringkali orang salah memahami suatu kata, itu karena minimnya pengetahuan, beruntung sekarang adalah jaman yang serba mudah, kamu dapat mudah mencari informasi dan pelajaran berharga dari internet tentunya.

Akhir kata, itulah pengertian dan contoh kata yang mengalami nominalisasi, semoga diatas bermanfaat dan membuat kamu lebih menambah wawasan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.