Pengertian Dari Web, Apa yang Dimaksud Web?

0 1

Apa yang dimaksud web? Salah satu pertanyaan itu kadang timbul dan memaksa admin harus menjelaskan pengertian dari web agar menambah banyak pengetahuan.

Biasanya, pelajaran tentang pengertian dari web ada dalam pelajaran di SMP, dan sayang sekali kalau kamu engak tahu apa yang dimaksud web.

Silakan kamu simak berikut ini agar bisa memahami lebih detail tentang apa yang sedang kita bahas disini.

Pengertian Dari Web, Apa yang Dimaksud Web?

Pengertian Dari Web, Apa yang Dimaksud Web?
ILUSTRASI

Web yang juga bisa disebut dengan Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang menampilkan berbagai jenis file seperti teks, gambar, video, animasi hingga audio yang dapat dinikmati penggunanya.

Dalam bahasa Indonesia disebut Situs Web, kamu perlu tahu bahwa web tidak akan berjalan tanpa adanya koneksi internet dan tanpa ada web server sebagai penyimpan datanya.

Sebagai pembahasan singkat disini mungkin sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud web, dan tentu saja diatas sudah admin jelaskan untuk pengetahuan kekinian.

Jenis Dari Web

Jenis Dari Web
ILUSTRASI

Terdapat beberapa jenis web yang ada di internet saat ini, beberapa diantaranya mungkin sudah kamu kenali, namun masih banyak orang yang belum tahu.

Akan tetapi, berkat pembahasan mengenai pengertian dari web disini sekarang kamu pun akan tahu jenis-jenisnya. Berikut jenis-jenis web.

  • Web Blog (Berisi tulisan-tulisan, gambar dan video pribadi, biasanya cerita, tutorial dsb)
  • Marketplace (Merupakan website toko online yang isinya menjual barang-barang dan pengguna dapat membelinya)
  • Sosial Media (Sosial media pun termasuk kedalam web karena di tenagai oleh server)
  • Company (Merupakan website profil perusahaan yang hanya menampilkan beberapa isi, gambar dan informasi perusahaan)
  • Web Jasa (Mungkin masih ada kaitannya dengan toko online, karena isinya menjual jasa yang bisa dilakukan pemilik)
  • CMS (Merupakan website yang berfungsi untuk membuat situs web, contohnya wordpress, blogger dan tumblr)
  • Pishing (Adalah website yang buruk, biasanya web ini berisi penipuan untuk mencuri data pengguna)
  • Multimedia (Umunya berisi seputar multimedia seperti video, sama dengan sosial media)
  • Web Sekolah (Yaitu website yang berfungsi sebagai informasi sekolah)
    Web Pemerintah (Sama halnya dengan web sekolah yang isinya menampilkan informasi organisasi pemerintahan)
  • Web Tool (Biasanya web tool berfungsi untuk mengetahui dan mencari sesuatu sang pemilik web, seperti Google Analitik agar bisa tahu pengunjung yang masuk dan online)

Nah ternyata ada banyak sekali jenis-jenis website yang ada diluaran sana, namun itu tidak penting kayanya yang paling penting bahwa website berisi halaman yang menampilkan teks, gambar, audio, video, animasi dan file-file lainnya.

Baca Juga : Pengertian FTP, Apa yang Dimaksud Dengan FTP?

Contoh Website

Contoh Website
ILUSTRASI

Meski sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud web, namun sayangnya tidak lengkap jika tidak disertai contohnya sebagai pelengkap pembahasan pengertian web ini.

Contoh website dapat kamu lihat Sikalem.com, ini yang sedang kamu tatap adalah website yang isinya bergai informasi, seperti kamu lihat ada tulisan dan gambar di website ini.

Atau kalau mau lebih lengkap lagi YouTube yang isinya gambar, video, suara dan tulisan, setiap kamu nikmati dan itu termasuk kedalam website sosial media dan juga website multimedia.

Website download salah satunya termasuk kedalam multimedia karena disana kita bisa mendapatkan audio atau video yang dimasukkan kedalam berkas offline perangkat kita.

Fungsi Dari Website

Fungsi Dari Website
ILUSTRASI

Dalam pengertian web diatas sudah admin jelaskan bahwa website berisi halaman yang menampilkan file, maka fungsinya pun sama yaitu untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi.

Bagi pemilik, website dapat difungsikan sebagai media untuk memberikan informasi, contohnya web sekolah maka pemilik akan memberikan informasi detail tentang sekolah tersebut.

Kemudian pengguna akan mudah dalam mendapatkan informasi terkait sekolah tersebut, tidak perlu langsung bertanya kepada pemilik maupun yang bersangkutan.

Pengguna pun bisa mendapatkan informasi lebih cepat, apalagi sekarang ada website berita yang dapat dinikmati pengguna tanpa harus membeli koran atau majalah.

Oke sahabat kalem, sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud web? Karena pengertian dari web sudah admin jelaskan secara detail dan mudah-mudahan mudah kamu pahami.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.