Pengertian File Server dan Jenisnya

Pengertian File Server dan Jenisnya

Pengertian file server, apa sih yang dimaksud dengan file server? Dimana masih banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan file server yang sebenarnya sangat mudah dipahami.

Kalau kamu tidak tahu yang dimaksud dengan file server, maka admin kalem yang baik hati ini akan menjelaskan seputar pengertian file server, juga lengkap dengan jenis-jenis serta fungsi atau manfaatnya.

Adapun istilah file server ini sering sekali menjadi teka-teki, terutama yang minim pengetahuan tentang teknologi, seperti admin ini, tapi mudahnya mencari informasi, admin pun jadi tahu hingga akhirnya berbagi kepada kalian semua.

Pengertian File Server

Pengertian File Server
File Server

Pengertian file server secara umum merupakan komputer terpasang ke jaringan yang bertujuan untuk mengakses lokasi berbagi penyimpanan file komputer atau disk. Seperti foto, dokumen, suara, video, juga file-file yang lainnya yang dapat diakses oleh workstation yang ada pada jaringan komputer.

File server biasa di temukan di sekolah, kantor dan lain-lain yang memang mementingkan file server. Dalam penyedia layanan internet lokal yang menggunakan LAN untuk menghubungkan ke komputer klien biasanya ini jarang terlihat.

Sebuah file server tidak membutuhkan perhitungan, pun tidak menjalankan program atas nama klien. Hal tersebut terjadi karena dirancang utamanya untuk kecepatan penyimpanan dan pengambilan data. Perhitungan beratnya dihitung oleh workstation.

Baca Juga : Pengertian Kata Kunci dan Contohnya

Jenis File Server

Jenis File Server
Jenis File Server

Seperti yang admin singgung, pengertian file server merupakan suatu penyimpanan data. Sedangkan, admin menjanjikan akan pula memberikan jenis-jenis dari file server.

Sehingga untuk melanjutkan pembahasan ini agar kamu lebih memahaminya, admin akan memberi jenis-jenis dari file server yang ada dan juga manfaatnya. Berikut ini beberapa jenis file server.

1. Samba (Server Message Blog)

Samba merupakan protokol file sharing untuk menyaingi protokol yang ada, yaitu Novell’s IPX-Based. Samba adalah file sharing dan printer pertama yang berjalan pada multi protokol.

Multi protokol tersebut diantaranya, NetBeui, TCP/IP, IPX-SPX. Dalam simpelnya adalah menggantikan posisi Novell server tanpa harus mengubah infrastruktur dari jaringannya.

2. FTP Server (File Transfer Protocol)

FTP atau file transfer protocol, seperti pada namanya FTP merupakan sebuah protokol yang fungsinya menukar file dalam suatu jaringan yang menggunakan TCP koneksi, bukan menggunakan UDP.

Dari FTP ini terbagi menjadi dua, yakni FTP server dan FTP Client, tentu saja keduanya memiliki pengertian yang berbeda-beda.

FTP Server berfungsi dalam menjalankan software dalam menukar file. Server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila ada permintaan dari FTP Client.

Sedangkan FTP Client merupakan komputer yang meminta atau request koneksi ke FTP Server yang bertujuan tukar menukar file. Setelah kedunya terhubung, antara FTP Server dan FTP Client, maka client bisa men-download, upload, rename, delete, move dan lain-lain.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Efektif, Ciri, Syarat dan Contohnya

Manfaat File Server

Manfaat File Server
Manfaat File Server

Setelah pengertian file server dan jenis-jenisnya sudah admin jelaskan, maka admin juga tidak membahas sampai disini saja, namun akan juga berbagi manfaat apa saja yang didapatkan dari FTP server ini.

Manfaat atau keuntungan file server ada beberapa yang bisa kita dapatkan, sedangkan semua manfaat yang dihasilkan memang berpengaruh terhadap kerja komputer yang memanfaatkan file server.

Baca Juga : Pengertian Globalisasi : Sejarah, Contoh, Ciri dan Dampaknya

a. Menghemat Resources

Manfaat pertama yang dihasilkan dari file server adalah dapat menghemat resources atau bisa disebut dengan sumber daya, terlebih bagi penyimpanan. Pengguna juga lebih aman dan mudah berkat penyimpanan data yang terpusat dan tidak tersebar pada beberapa mesin.

b. Berbagi Reseources

FTP server juga dapat berbagi resources dalam jaringan untuk keperluan yang sama, misal berbagi printer tentu dapat meningkatkan kinerja pekerjaan. Untuk melakukan hal tersebut pengguna harus masuk ke jaringan.

Jadi kira-kira itulah manfaat FTP server, pantas saja sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, terutama yang perusahaan yang besar yang membutuhkan komputer disetiap kerja yang dilakukannya.

Sampai disini, apakah kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan file server? Simpulnya, file server ini adalah tempat untuk menyimpan data-data atau file-file, selain itu juga dapat berbagi.

Jika kamu sudah paham, maka admin berharap ini dapat membantu. Demikian informasi mengenai pengertian file server yang dapat admin jelaskan kali ini, semoga saja dapat membantu.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.