Pengertian FTP, Apa yang Dimaksud Dengan FTP?

Pengertian FTP yang Membuat Kamu Bingung Akibat Kurangnya Pengetahuan

0

Banyak orang yang belum tahu pengertian FTP sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan, apa yang dimaksud dengan FTP? Perlu admin jelaskan disini agar kamu dapat mengetahuinya.

Sejatinya, pengertian FTP ini memiliki sebuah kepanjangan, kira-kira apa ya? Maka baca artikel ini agar kamu tahu apa yang dimaksud dengan FTP yang akan dijelaskan secara lengkap.

Pengertian FTP Adalah

Pengertian FTP Adalah
ILUSTRASI

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol yang merupakan internet service berperan untuk membuat sambungan ke server komputer maupun server internet tertentu, pengguna dapat melakukan upload dan download berkat adanya FTP.

Kemudian ada banyak sekali fungsi dari file transfer protocol ini yang tentu saja semuanya berhubungan dengan jaringan komputer dan dapat diartikan sebagai sambungan.

Baca Juga : Pengertian File Server dan Jenisnya

Fungsi FTP (File Transfer Protocol)

Fungsi FTP (File Transfer Protocol)
ILUSTRASI

Secara umum, FTP digunakan sebagai pertukaran data, seperti pada namanya yaitu file transfer, membagi dan bertukar data-data daripada jaringan komputer tanpa kabel.

Namun tentu saja ada banyak sekali manfaat dan fungsi FTP yang dapat kamu simak berikut ini agar kamu lebih memahami apa yang dimkasud dengan FTP in.

Fungsi-fungsi dari FTP adalah:

  • Pengguna dapat melakukan upload (Unggah) halaman kedalam webserver, juga web hosting kedalam internet
  • Pengguna dapat menjelajahi situs-situs publik serta dapat mengunduh perangkat lunak
  • Mengirimkan file dalam ukuran yang sangat besar menjadi dua partisi
  • Pengguna dapat mengunggah dan mengunduh konten-konten yang dimiliki ke FTP seperti tugas kuliah

Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat-manfaat FTP dalam pekerjaan tugas sehari-hari, apalagi dijaman yang serba digital ini tentu saja perlu yang namanya File Transfer Protocol.

Sejarah FTP (File Transfer Protocol)

Menurut sejarah, FTP pertama kali dikeluarkan pada tahun 1971 sebelum adanya IP dan TCP. Wah umurnya tua banget ternyata, admin sih belum lahir, kalau kamu gimana?.

Standar FTP pertama kali dikeluarkan adalah RFC 144 yang didefinisikan sebagai perintah dasar dan berfungsi untuk perencanaan sistem komunikasi yang ingin menggunakannya.

Sebagai orang awam, tentu kita tidak akan paham dengan sejarahnya, namun setidaknya kita tahu pengertian FTP sehingga tidak perlu lagi menanyakan kepada orang lain apa yang dimaksud dengan FTP?.

Aplikasi Untuk FTP Client

Aplikasi Untuk FTP Client
ILUSTRASI

Menjalankan FTP harus dengan bantuan aplikasi Client, bukan hanya satu saja, tapi ada banyak pula aplikasi-aplikasi perintah untuk menjalakan File Transfer Protocol ini.

Umumnya, orang-orang menggunakan aplikasi FTP yang populer, yaitu FileZilla dan GFTP, namun yang lebih mudah menjalankannya adalah FileZilla.

Jika kamu awam juga dengan aplikasi-aplikasi diatas, admin akan menjelaskannya agar kamu memiliki pengetahuan yang lebih tinggi lagi, bukan cuma pengertiannya saja.

1. FileZilla

FileZilla adalah aplikasi FTP Client yang paling populer digunakan sebagai perintah untuk menjalankan File Transfer Protocol. Alasan memilih FileZilla karena kemudahan dan fiturnya yang sangat oke.

FileZilla juga dapat berjalan pada Linux dan Windows serta bisa me-remote FTP dan melakukan transisi simultan. Awam dengan istilah-istilah ini? Gak papa karena kita fokus ke pengertian ftp saja.

2. GFTP

Berbeda dengan FileZilla yang dapat berjalan pada sistem Linux dan Windows, GFTP hanya dapat berjalan pada sistem operasi Linux saja, maka dari itu kebanyak orang memilih File Zilla.

Kekurangannya juga sangat banyak, seperti hanya dapat digunakan untuk koneksi FTP menggunakan jaringan lokal saja, jadi rekomendasinya adalah FileZilla.

Baca Juga : Pengertian Internet : Apakah yang Dimaksud Internet?

Sudah Tahu Apa yang Dimaksud FTP?

Sekarang saatnya kamu membagikan pengalaman mengenai pengertian yang sudah admin jelaskan karena kamu sudah tahu dan sedikit mendapatkan ilmu dari admin.

Mencari dan berbagi ilmu itu tidak mudah, tapi tidak juga sulit, ada banyak cara yang dapat kita lakukan bahkan tanpa guru, secara otodidak juga pastinya bisa dong.

Secara umumnya, FTP ini hanya dipahami sedalam mungkin oleh orang-orang IT, terutama yang paham bahasa internet karena memang berhubungan erat dengan bahasa ini.

Namun bukan berarti kita juga tidak perlu tahu, apalagi dijaman serba digital, serba online dan serba internet ini, meski kita hanya penikmat, tapi sedikit harus mengerti minimal pengertiannya.

Kesimpulan

Adanya fitur FTP yang menjadi jaringan utama dengan fungsional yang sangat penting bagi para penggunanya, maka pekerjaan yang dilakukan akan lebih mudah lagi dijalankan.

Namun, minimnya kesadaran orang tentang pengetahuan seputar IT, masih banyak orang awam yang sama sekali tidak mengerti, mereka hanya tahu media sosial saja.

Tapi, berkat artikel ini sekarang kamu tahu apa yang dimaksud dengan FTP karena admin sudah menjelaskan pengertian FTP diatas yang lengkap dengan fungsi dan sejarahnya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.