Pengertian Globalisasi : Sejarah Contoh, Ciri dan Dampaknya

Like Comment
Pengertian Globalisasi

Pengertian globalisasi yang akan saya bahas kali ini untuk memudahkan kamu mengetahui pengertiannya. Tidak kurang juga saya melengkapi ulasannya dengan ciri, sejarah, contoh dan juga dampak dari globalisasi.

Selain itu, disini juga kamu akan mendapatkan definisi dari globalisasi secara umum, estimologi dan juga menurut para ahli. Bagaimana selengkapnya? Mari kita dapatkan pengertiannya sekarang lewat artikel yang di buat seadanya ini.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Secara umum, berdasarkan dari wikipedia pengertian globalisasi adalah proses integrasi internasional dimana hal ini terjadi akibat dari pandangan dunia, pemikiran, produk dan juga aspek-aspek kebudayaan yang lain.

Sampai disini, kamu sudah paham apa itu globalisasi? Baik, pada pengertian yang pertama ini menurut umum, dan sesuai dengan janji yang saya katakan, saya juga akan membahas pengertiannya menurut ahli dan estimologi.

Pengertian Globalisasi secara umum

Globalisasi Secara Estimologi

Secara estimologi, pengertian globalisasi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu Global atau Universal, dimana istilah ini artinya luas dan liztion dimana artinya adalah proses. Sehingga bisa kita artikan bahwa globalisasi adalah proses yang tidak ada batasan.

Disini kita sudah mendapatkan pengertiannya, dan mungkin kamu bisa lihat dari pembahasan pertama hingga sampai disini, bahwa globalisasi artinya suatu proses seperti kita lihat yang di artikan menurut umum dan estimologi.

Globalisasi Menurut Ahli

Tentu ada beberapa ahli yang menjelaskan mengenai globalisasi, seperti yang saya akan sampaikan, pengertian globalisasi menurut para ahli yang berhasil saya himpunkan ini memiliki pemikiran yang berbeda.

Berikut ini penjelasannya.

1. Tom G. Palmer

Menurut Tom G. Palmer, pengertian globalisasi adalah penghapusan batasan-batasan negara, kemudian berlaku pembatasan pertukaran lintas batas juga sistem global yang terintegrasi.

2. Scholte

Globalisasi merupakan suatu proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan dari ketergantungan berbagai negara, selain itu juga berlaku untuk mempertahankan identitas masing-masing.

3. L. Nyeman

Globalisasi menurut L. Nyeman merupakan suatu pertumbuhan yang berlangsung dengan cepat. Proses tersebut disebabkan dari adanya ketergantungan negara terhadap suatu perdagangan maupun suatu keuangan.

menurut para ahli

Sejarah Globalisasi

Sebagaimana dari pengertian globalisasi di atas sudah saya jelaskan, adapun sejarahnya, ternyata globalisasi sudah ada sejak manusia mengenal perdagangan-perdagangan negara. Kemungkinan sudah mulai terjadi sekitar tahun 1000 sebelum masehi.

Katanya, tanda-tanda dari globalisasi awalnya terjadi perdagangan kaum Muslim di Asia dan Afrika, dimana pada saat itu kaum Muslim membentuk perdagangan di negara-negara Asia dan Afrika yang menyebar pada wilayah Indonesia, Vietnam, Jepang, Malaka, Cina, Persia, Vanesia, India, Genoa dan Laut Tengah.

Jadi kita sudah melihat sendiri dari sedikit cuplikan sejarahnya bahwa globalisasi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Faktor Penyebab Globalisasi

Sejarah dan pengertian globalisasi kita sudah mendapatkannya, kemudian kita juga akan mengetahui, apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya globalisasi.

Berikut adalah faktor terjadinya hal tersebut hingga kini masih terus berkembang di dunia.

1. Teknologi dan Informasi

Globalisasi terjadi akibat dari berkembangnya teknologi, bisa kita lihat sendiri, hingga saat ini teknologi semakin berkembang, segala hal bisa dilakukan dengan suatu teknologi. Dari mana globalisasi itu terjadi akibat faktor teknologi? Dengan adanya teknologi dan informasi, pergerakan perdagangan dan keuangan semakin mudah dilakukan.

2. Budaya dan Ekonomi

Faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi juga terjadi akibat dari unsur Budaya, ketika suatu negara menerima budaya luar, di situlah terjadi globalisasi, kegiatan ekonomi berjalan sesuai dengan target. Ekonomi menjadi semakin terbuka sehingga perdagangan global mudah dilakukan yang secara otomatis unsur budaya ikut masuk.

3. Transportasi yang semakin mudah

Terjadinya globalisasi juga di akibatkan dari faktor mudahnya melakukan transportasi. Kita lihat lagi dari teknologi, dan kini transportasipun ikut-ikutan menggunakan teknologi yang menyebabkan negara lain bisa mengirimkan produknya dengan teknologi transportasi.

4. Kerjasama Negara

Mudahnya melakukan kerjasama dengan berbagai negara dari adanya teknologi yang semakin berkembang, hal ini juga menjadi kemudahan dalam mendapatkan produk dari luar negara serta sektor ekonomi yang semakin meningkat.

Globalisasi

Ciri-ciri Globalisasi

Kita kembali terhadap pengertian globalisasi di atas yang bisa kamu baca kembali, demikian dengan definisinya, ciri-ciri globalisasi bisa dilihat bukan hanya satu faktor saja, tapi juga ada beberapa hal yang menjadi cirinya.

Diantaranya adalah.

  • Konsep yang berubah
  • Pertumbuhan perdagangan internasional
  • Interaksi dari suatu negara hingga ke berbagai dunia
  • Budaya asing yang di adopsi
  • Terjadinya masalah dari berbagai negara

Dampak Globalisasi

Tentu ada dampak dari globalisasi, baik itu dampak yang positif maupun dampak negatif, sehingga kita seharusnya mengambil alih globalisasi jangan sampai kita menjadi korban globalisasi yang menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dampak ini bisa terjadi dari mudahnya mendapatkan informasi, mudahnya berinteraksi dengan teman atau keluarga yang ada diluar kota maupun di luar negeri, dan kemudahan-kemudahan lainnya yang sebelumnya sulit untuk dilakukan.

Namun, ada dampak positif juga dari globalisasi ini, dimana budaya luar akan mudah masuk dan bahkan dapat menimbulkan hilangnya budaya lokal. Apakah sudah ada contohnya? Benar, sudah banyak terjadi di Indonesia, bisa kamu pikirkan sendiri contohnya.

Demikian informasi tentang pengertian globalisasi yang juga dilengkapi dengan sejarah, ciri, contoh dan dampaknya, akhir kata semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.