Pengertian Hari Kiamat dan Hikmah Meyakini Hari Kiamat

0 106

Min, tolong jelaskan pengertian hari kiamat atau hari akhir serta apa hikmah meyakini hari kiamat yang perlu kita ketahui?. Salah satu iman yang harus kita ketahui adalah iman kepada hari kiamat.

Seorang muslim yang belum tahu pengertian iman kepada hari akhir serta hikmah meyakini hari kiamat sangat disayangkan, sehingga admin disini akan berbagi pengetahuan seputar ilmu agama.

Meski tidak banyak yang dapat admin sampaikan, admin juga mengetahui hal tersebut sesuai dengan apa yang admin pelajari pada masa sekolah agama dulu dan apa yang admin ketahui dari pembelajaran lainnya.

Pengertian Hari Kiamat

Pengertian Hari Kiamat
Ilustrasi

Hari kiamat adalah hari akhir dimana alam semesta akan hancur dan semua mahluk hidup mati, lalu akan ada kehidupan baru yang kekal dinamakan akhirat. Hari kiamat atau hari akhir merupakan rukun iman yang ke-5.

Kiamat berasal dari bahasa Arab, yaitu Yaumul Qiyamah yang artinya hari akhir. Dari istilah Qiyamah inilah muncul kata kiamat, artinya sama saja, yakni hari akhir.

Dalam hari kiamat itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu kiamat Sugra dan kiamat Kubra. Kita akan mengetahui pengertian hari kiamat Sugra dan Kubra.

Baca Juga : 7 Arti Mimpi Kiamat Ternyata Sangat Mengerikan

1. Kiamat Sugra (Kiamat Kecil)

Pengertian kiamat Sugra adalah kiamat kecil yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa kita sadari, setiap hari mengalami kiamat kecil atau dinamakan dengan istilah Sugra.

Tanda-tanda atau contoh kiamat Sugra adalah.

  • Meninggalnya seseorang
  • Terjadinya musibah
  • Gempa bumi
  • Gunung meletus
  • Dan kejadian-kejadian lainnya

2. Kiamat Kubra (Kiamat Besar)

Pengertian Kiamat Kubra adalah kiamat besar yang mana hancurnya alam semesta. Tidak ada lagi kehidupan dunia, namun akan dihadirkan kehidupan baru yang kekal yaitu akhirat.

Bukan hanya dunia saja yang hancur, akan tetapi semua mahluk hidup yang ada di muka bumi akan musnah, kecuali Allah ta’ala. Kiamat inilah yang sering diceritakan dalam dakwah.

Tanda-tanda Kiamat Kubra.

  • Munculnya Dukhan (asap/kabut yang mengelilingi dunia, hanya orang beriman yang dapat bertahan hidup semasa ini)
  • Munculnya Dajjal (manusia yang hanya memiliki satu mata)
  • Munculnya binatang besar (buka Surah An-Naml Ayat 82)
  • Terbitnya matahari dari bara (bukan lagi dari timur, tapi matahari turun dari barat, dan pintu taubat di tutup ketika tanda ini muncul)
  • Turunnya Nabi Isa (Orang Nasrani percaya bahwa Isa Al-Masih atau Nabi Isa as. meninggal dunia, namun dalam Islam, Nabi Isa as. tidak meninggal, hanya diangkat ke langit, dan akan muncul ketika hari kiamat untuk membunuh Dajjal)
  • Munculnya Ya’juj dan Ma’juj (adalah dua suku perusak bumi yang memiliki kekuatan luar biasa, mereka akan berperang melawan Nabi Isa as. di bukit Thursina)
  • Tenggelamnya tiga muka bumi (yaitu Jazirah Arab, bumi bagian barat dan bagian timur)
  • Munculnya api dari Yaman (akan muncul api dari Yaman yang akan menggiringkan manusia ke Syam)

Nah, itulah tanda-tanda hari kiamat Kubra atau kiamat besar yang benar-benar akan menghancurkan alam semesta serta memusnahkan semua mahluk hidup di muka bumi.

Baca Juga : Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Hikmah Meyakini Hari Kiamat

Hikmah Meyakini Hari Kiamat
Ilustrasi

Hikmah meyakini hari kiamat atau hari akhir berarti kita benar-benar beriman kepada hari kiamat. Tentu saja ada banyak hikmah yang akan kita dapatkan karena mengerikannya hari kiamat.

Mengerikan seperti pengertian hari kiamat diatas yang sudah admin jelaskan serta tanda-tandanya yang akan muncul. Berikut hikmah-hikmah mengimani hari kiamat.

  • Meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT
  • Jika melakukan perbuatan yang buruk, tentu kita akan berpikir lagi karena takut akan hari kiamat
  • Yakin terhadap hari kiamat artinya kita takut kepada Allah SWT sehingga kita tidak akan melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.
  • Mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat seperti, meningkatkan kegiatan beribadah, melakukan perintah Allah SWT dan menjauhi apa yang ia larang.

Nah sahabat kalem, mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai pengertian hari kiamat serta lengkap dengan hikmah meyakini hari kiamat, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.