Take a fresh look at your lifestyle.

Pengertian Invensi dan Inventor Menurut Hukum

Apa yang Dimaksud Dengan Invensi Dalam Hak Paten Menurut Hukum?

0

Banyak yang tidak tahu pengertian invensi itu apa? Sedangkan istilah ini erat kaitannya dengan teknologi yang sekarang ini menjadi pedoman masyarakat umum.

Tidak ada yang perlu ragu bagi kamu yang sama sekali tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan invensi, karena seperti biasa admin kalem akan menjelaskannya.

Pengertian invensi yang admin jelaskan disini berdasarkan apa yang sebenarnya, serta apa yang seharusnya admin jelaskan kepada kalian.

Pengertian Invensi

Invensi dalam Undang-undang Hak Paten adalah IDE Inventor yang dituangkan dalam suatu kegiatan untuk memecahkan masalah yang spesifik di bidang teknologi, bisa berupa produk maupun proses penyempurnaan pengembangan produk dan proses.

Sedangkan, inventor sendiri merupakan seseorang, baik itu secara sendiri ataupun secara bersamaan dalam melaksanakan ide yang dituangkan kedalam kegiatan yang menghasilkan invensi.

Dan tentu saja, invensi ini diatur oleh hukum yang berlaku, sesuai dengan isi dalam undang-undang yang berhubungan dengan invensi tersebut.

Baca juga : Pengertian Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Bisa dikatakan secara sederhana, invensi merupakan seseorang, baik yang sendiri maupun bersama-sama yang melakukan kegiatan dalam memecahkan masalah di bidang teknologi.

Bagaimana, apakah sahabat kalem sudah memahaminya? Dan intinya di paragraf atas sudah admin sederhanakan secara lebih ringkas agar semakin mudah untuk dipahami apa yang dimaksud dengan invensi.

Undang-undang Hak Paten

Selain membahas pengertian invensi maupun inventor diatas, admin menemukan undang-undang tentang hak paten yang harus ketahui.

Berikut undang-undang hak paten yang harus kamu ketahui sebelum mendaftar hak paten ya sahabat kalem.

Pasal 10 UU Paten menerangkan bahwa: Pihak yang berhak memperoleh Paten adalah Inventor atau Orang yang menerima lebih lanjut hak Inventor yang bersangkutan. Jika Invensi dihasilkan oleh beberapa orang secara bersama-sama, hak atas Invensi dimiliki secara bersama-sama oleh para Inventor yang bersangkutan. (Hukumonline.com).

Silakan kamu simak, pahami, cerna, dan masukkan kedalam pikiran tentang undang-undang tersebut agar tidak ada kesalahan dalam mendaftar hak paten.

Yang Tidak Termasuk Kedalam Invensi

Selain itu, kamu juga harus mengetahui apa saja yang tidak termasuk kedalam invensi. Maka disini admin pun sudah merangkumnya.

Berikut hal-hal yang tidak termasuk kedalam invensi berdasarkan pasal 4 undang-undang paten.

  • Skema
  • Kreasi Estetika
  • Aturan dan metode untuk kegiatan yang melibatkan mental, permainan dan bisnis
  • Aturan dan metode yang hanya berisi program komputer
  • Presentasi mengenai suatu informasi
  • Temuan (discovery) berupa penggunaan baru untuk produk yang sudah ada dan bentuk baru dari senyawa yang sudah ada

Baca juga : Pengertian Internet : Apakah yang Dimaksud Internet?

Oke sahabat kalem, jadi itulah beberapa diantaranya yang tidak termasuk kedalam invensi berdasarkan undang-undang yang menyertai hal tersebut.

Dan karena sekarang kamu sudah tahu pengertian invensi, maka admin akhiri pembahasan ini yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi, jangan lupa selalu tunggu update artikel dari Sikalem melalui sosial media.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.