Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Min, saya ditugaskan guru disuruh mencari tahu pengertian jujur serta lawan kata jujur, kira-kira dapat membantu enggak? Saya belum tahu lebih detail soalnya tentang kata ini.

Baik, disini admin akan menjawab “Ya, admin mau” anggap saja ini sebagai sarana untuk berbagi ilmu. Toh, ilmu tidak harus di pendam, tapi dibagikan.

Satu hal yang perlu kita ketahui, pengertian jujur serta lawan kata jujur yang akan admin sampaikan disini bukan merupakan definisi sesuai apa yang admin bisa, sehingga dapat dipastikan kalau semua yang tertulis disini adalah murni.

Pertanyaan itu mungkin ada di pikiran kita, kita tahu apa itu jujur? Ya jujur, tapi pengertian secara lengkapnya kita sama sekali tidak tahu.

Pengertian Jujur

Pengertian kata Jujur
Istilah Jujur

Jujur adalah sikap yang berkata sebenarnya, tidak ada kebohongan apa yang dia katakan sesuai dengan apa yang terjadi. Niat dan perbuatan seseorang sangat sesuai, tidak ada perbedaan antara omongan dan kenyataan.

Dalam Kamus Besar Bahasa indonesia juga tertulis bahwa jujur adalah sikap yang artinya ketulusan, keikhlasan dan juga ketulusan hati seseorang.

Nah, disini mungkin kamu sudah tahu apa definisi sebenarnya dari kata jujur ini. Seperti yang tertulis di atas mengenai pengertian jujur.

Bagaimana penggunaan kata nya? Sebenarnya tidak harus admin jelaskan karena memang sudah benar-benar kamu pahami tanpa harus memberikan contoh.

Baca Juga : Pengertian Globalisasi : Sejarah Contoh, Ciri dan Dampaknya

Contoh

Contoh Jujur
Contoh

Ada dua jenis contoh yang akan admin tulis, yaitu contoh penggunaan dan contoh orang yang jujur. Hal tersebut akan admin sampaikan sesuai dengan pengertian kata jujur itu sendiri, setelah ini kita akan mengetahui juga lawan kata jujur.

a. Contoh Penggunaan Kata Jujur

Ada beberapa saja yang mungkin dapat admin sampaikan mewakili pembahasan kali ini. Meskipun tidak harus memberikan contoh, tapi sepertinya kurang lengkap jika tidak ada contoh.

  • Orang itu jujur sekali, dia tidak mengambil keuntungan sama sekali
  • Kamu harus jujur, kalau enggak kamu tidak akan dimaafkan
  • Jujur saja, kalau memang sudah tidak sayang
  • Aku jujur ya, sebenarnya bla bla bla

b. Contoh Orang Jujur

Tak cuma contoh penggunaan kata jujur yang admin sampaikan disini, namun juga akan memberikan contoh orang-orang yang jujur.

  • Tentu salah satunya tidak pernah berbohong
  • Selalu mengatakan sesuai dengan kenyataan atau mengatakan fakta
  • Tidak pernah mengingkari janji, kalau dia hari ini berkata itu, maka besoknya akan dia lakukan juga

So, mungkin hanya itu saja contoh yang dapat admin berikan, mohon maaf selebihnya dapat kamu tambahkan sendiri sesuai pengertian jujur yang tertulis diatas.

Baca Juga : Pengertian File Server dan Jenisnya

Lawan Kata Jujur Adalah

Lawan Kata Jujur Adalah
Lawan Kata

Lawan kata jujur adalah bohong dan atau dusta, jujur adalah niat yang sesuai dengan kenyataan, sedangkan dusta adalah ketidaksesuaian antara kenyataan dan niat yang dilakukan seseorang.

Salah satu contoh dusta atau bohong yang merupakan lawan kata jujur adalah seringnya ingkar janji, dia tidak melakukan hal apa yang sebelumnya sempat ia omongkan.

Pengertian Jujur Dalam Islam

Dalam Islam
Jujur Dalam Islam

Dalam ajaran agama Islam, jujur bisa juga dikatakan Shiddiq dimana istilah itu merupakan sifat-sifat para Rasul Allah SWT. Hal tersebut seperti yang admin temukan dari forum brainly.

Lawan kata jujur adalah bohong, sedangkan dalam ilmu agama Islam, Shiddiq memiliki lawan kata yaitu Kidzib artinya sama, yaitu bohong atau pun dusta.

Lebih jelas lagi, arti dari istilah tersebut menyalahi fakta, kebenaran atau bisa juga menyalahi kenyataan. Jelas sikap ini sangat buruk di mata Allah dan tentu Allah tidak suka dengan pendusta.

Baca Juga : Pengertian Kalimat Efektif, Ciri, Syarat dan Contohnya

Nah, mungkin sampai disini sudah kamu paham, sehingga admin menganggap kamu hari ini sudah mendapatkan ilmu.

Demikian pengertian jujur dan lawan kata jujur serta penjelasan lengkap dalam agama. Semoga artikel ini bermanfaat ya, jangan lupa berbagi kepada mereka agar ilmu kamu berkah.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.