Pengertian Staccato dan Legato Dalam Dunia Musik

0 817

Apa sih yang dimaksud dengan Staccato dan Legato didalam dunia permusikan? Tolong dong min jelaskan pengertian staccato dan legato, soalnya saya tidak tahu apa yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut.

Baik, sesuai dengan pertanyaan tersebut maka admin akan berbagi pengetahuan seputar dunia permusikan. Kita akan mengetahui pengertian staccato dan legato yang sudah admin rangkum.

Pengertian Staccato dan Legato

Staccato merupakan teknik memainkan suatu nada secara pendek-pendek atau terputus-putus. Sedangkan Legato merupakan teknik menyanyikan beberapa not yang berurutan dalam satu waktu dan tanpa terputus-putus.

Tentu saja kedua istilah dalam dunia musik tersebut memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari pengertian Staccato dan Legato yang sudah admin tulis.

Namun, agar kamu semakin mudah memahaminya, berikut ini admin jelaskan lebih detail perbedaan antara Staccato dan Legato dalam dunia musik.

Baca Juga : Pengertian Internet : Apakah yang Dimaksud Internet?

Perbedaan Staccato dan Legato

Baik, admin akan menjelaskan perbedaan antara kedua istilah dalam permusikan tersebut, guna membuat kamu agar lebih memahami secara jelas dan lengkap tentang keduanya.

Staccato

Pengertian Staccato
STACCATO

Seperti pada pengertian Staccato, merupakan teknik memainkan nada atau menyanyikan suatu musik secara terputus-putus. Artinya, musik yang dimainkan atau dinyanyikan berbunyi secara pendek-pendek atau terputus-putus.

Namun, meskipun dimainkan secara terputus-putus, tidak sepenuhnya terhenti total, hanya beberapa saat saja dan musik tetap berjalan.

Legato

Pengertian Legato
LEGATO

Pengertian Legato memiliki dua jenis. Dimana satunya berdasarkan musik Italia yaitu menyanyikan beberapa (digabungkan) not yang berurutan dalam satu waktu.

Sedangkan menurut sekolah musik Jerman, Legato adalah menyanyikan lagu secepat mungkin dari satu nada ke nada berikutnya dalam waktu yang sama tanpa adanya terputus-putus.

Oke sekarang sudah sangat jelas bahwa staccato dan legato memiliki beberapa perbedaan yang sangat menonjol. Hal tersebut berdasarkan apa yang telah terangkum dalam otak admin.

Sampai disini, apakah kamu sudah paham apa yang dimaksud dengan Staccato dan Legato dalam dunia permusikan? Oke kalau sudah paham, maka admin ucapkan selamat hari ini kamu menemukan wawasan baru.

Baca Juga : Pengertian Ide Pokok Bacaan Serta Fungsi Ide Pokok Bacaan

Mungkin sampai disini saja pembahasan admin kali ini tentang pengertian Staccato dan Legato yang menjadi teka-teki dalam dunia musik, semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.