Pengertian Web Server, Apa yang Dimaksud Web Server?

0 19

Apa yang dimaksud dengan web server? Tolong jelaskan pengertian web server secara lengkap dong, agar tidak ketinggalan jaman di era digital ini.

Sahabat kalem, kamu akan mengetahui apa yang dimaksud dengan web server, karena dengan senang hati admin akan berbagi penjelasan mengenai pengertian web server.

Kebanyakan orang masih awam dengan nama ini, apalagi kita yang hanya pengguna dan penikmat globalisasi saja tanpa tahu isi-isinya.

Namun ada yang dinamakan web server dalam istilah yang terdapat pada jaringan-jaringan komputer, berikut ini penjelasan lengkap yang dapat kamu simak.

Pengertian Web Server, Apa yang Dimaksud Dengan Web Server?

Pengertian Web Server, Apa yang Dimaksud Dengan Web Server?
ILUSTRASI

Web server merupakan software yang fungsinya untuk menerima dan melayani permintaan-permintaan user atau pengguna melalui browser yang kemudian ditampilkan kepada pengguna sesuai dengan permintaan yang dikirimkan ke server.

Sulit memang untuk dicerna, tapi kamu dapat memahaminya lebih detail lagi, jika pengertian web server yang admin jelaskan diatas sulit kamu pahami.

Secara singkat, web server adalah pusat kontrol yang berperan untuk memproses permintaan-permintaan yang dikirimkan dari browser, jadi file-file yang diminta dari browser nantinya dikirimkan ke server.

Web Server juga identik dengan Hardware atau Software karena memang berkaitan erat dengan jaringan-jaringan komputer tersebut.

Baca Juga : Pengertian FTP, Apa yang Dimaksud Dengan FTP?

Cara Kerja Web Server

Tentu saja web server memiliki cara kerja yang unik dan tidak dapat kita tiru, sedangkan cara kerjanya harus terhubung dengan koneksi internet dan komputer, baik dari pengguna maupun pemilik web server.

Yaitu user atau pengguna melakukan permintaan melalui browser pada server yang dinamakan dengan HTTP Request, lalu server akan memproses setelah menerima permintaan tersebut dan akan menjadikan halaman website.

Lebih singkat lagi bahwa web server ini pelayan kamu, sehingga kamu dapat meminta layanan sesuai dengan ketentuan, dan server akan menuruti dan menampilkan apa yang kamu minta.

Web Server
ILUSTRASI

Jenis-jenis Web Server

Sebagai penggiat internet, tentu tidak hanya mengetahui pengertian web server, dan apa yang dimaksud dengan web server, akan tetapi kita juga harus tahu jenis-jenis web server tersebut.

Ada 3 jenis web server yang biasa digunakan dalam melancarkan pekerjaan di internet, berikut jenis-jenis web server yang ada.

  • Apache merupakan layanan web server yang paling populer hingga saat ini sejak kelahirannya, karena konfigurasi Apache mudah dan bersifat opera source, serta jumlah penggunanya banyak.
  • Nginx sama seperti Apache diatas, namun Nginx juga bisa disebut Engine X, banyak digemari karena memang dapat menghemat resource dan sangat stabil.
  • LiteSpeed dapat dikatakan sebagai pusat kontrol web server terbaik, jangan heran kalau banyak orang yang memilih LiteSpeed sebagai kontolnya, kecepatan proses hingga 50% yang menjadi alasan web server ini sangat populer.

Sekarang kamu sudah tahu jenis-jenis web server dan apa yang dimaksud dengan web server, kini kamu tinggal berbagi cerita ini kepada teman yang lain agar mereka juga mengetahuinya.

Baca Juga : Pengertian File Server dan Jenisnya

Kesimpulan

Pada dasarnya, sebuah website yang berjalan ditenagai oleh web server sebagai pengumpul dan penyimpan data seperti file, gambar, text, audio dan video.

Maka, tanpa adanya web server, sebuah situs web tidak akan bisa berjalan, itulah kenapa pada pengertiannya dikatakan bahwa web server sebagai pelayanan pengguna internet untuk menampilkan website.

Jadi apa yang dimaksud dengan web server pada pengertian web server diatas sudah admin jelaskan, semoga dapat membantu kamu yang awam mengenai istilah software tersebut.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.