Perang Dingin : Munculnya Organisasi GNB

Mengapa Pada Masa Perang Dingin Muncul Organisasi GNB?

0 47

Mengapa pada masa perang dingin muncul organisasi GNB? Mungkinkah ada alasan yang menyebabkan munculnya gerakan tersebut?.

Bagi para sejarawan sudah tidak asing lagi dengan perang dingin yang dulu pernah terjadi di dunia.

Namun, kita sebagai penerus bangsa, tentu tidak tahu bahwa pernah ada perang dingin, bahkan berkaitan dengan ancaman nuklir yang mengakibatkan ketakutan dunia.

Tidak ada yang dapat menjelaskan mengapa pada masa perang dingin muncul organisasi atau gerakan GNB.

Namun, admin tidak menyerah begitu saja, dan tentu meskipun admin bukan ahli sejarah, admin terus berusaha mendapatkan jawaban yang tepat.

Perang Dingin

Perang dingin merupakan suatu sebutan untuk peristiwa terjadinya ketegangan politik dunia militer antara dunia barat yang dipimpin Amerika Serikat dan NATO dengan dunia komunis yang dipimpin oleh Uni Soviet dan negara sekutunya.

Perang dingin dimulai pada tahun 1947 dan berakhir pada 1991 berdasarkan yang tertulis di Wikipedia.

Perang tersebut terjadi karena faktor saingan ideologi antara AS dan Uni Soviet pada saat itu.

Singkat saja sejarah yang admin jelaskan. Kamu bisa membaca sejarahnya yang ada pada Wikipedia.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Pembangunan Budaya Harus Dilakukan

Munculnya Gerakan/Organisasi GNB

Ketika perang dingin terjadi, lahirlah gerakan GNB, tujuannya untuk meredakan ketegangan dunia sebagai boikot pertentangan antara Barat dan Timur (Amerika Serikat & Uni Soviet).

Kemudian lebih berkembang meliputi kerjasama antar bangsa pada bagian-bagian yang lainnya.

Jadi, yang awalnya hanya untuk meredakan pertentangan, namun GNB akhirnya berkembang dengan beberapa kerjasama.

Termasuk Indonesia, pada saat itu banyak negara yang baru merdeka terancam terjadinya perang nuklir karena perseteruan kedua dunia itu.

Hingga pada akhirnya, ancaman itu tidak terjadi, perang berakhir yang ditandai dengan runtuhnya tembok Berlin yang memecah belah Jerman barat dan Jerman Timur.

Mengapa Pada Masa Perang Dingin Muncul Organisasi GNB?

Tertulis bahwa tujuan utama adalah meredam perseteruan kedua belah dunia antara barat dan timur, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. GNB diciptakan untuk membuat dunia damai dan aman dari segi apapun.

Ketentraman demi ketentraman, hingga kini tidak ada lagi terjadi peristiwa-peristiwa yang seperti kejadian pada masa itu.

Alasan lain mengapa GNB muncul ketika perang dingin, sumber lainnya menyebutkan bahwa adanya negara yang tidak ingin bergabung ke blok NATO pada masa perang dingin.

Namun, ada beberapa sejarah tertulis tentang perang dingin, dan admin tidak begitu mengenalinya hanya merangkum beberapa yang penting saja.

Mengingat, peristiwa ini sudah puluhan tahun terlewati, dan kita semua tentu tidak akan mau dihadapi lagi dengan perang-perang dunia.

Bahkan kala itu ekonomi pun sangat buruk, mungkin efek dari perseteruan antara kedua belah dunia yang saling bertentangan ideologi.

Kita semua terus berharap agar dunia tetap damai dan aman, meski memang itu tidak sepenuhnya terjadi.

Bukan perang seperti dulu yang sekarang terjadi, tapi perdebatan, terutama masalah politik, dan tentu sebaiknya itu tidak terjadi karena berdampak buruk.

Apalagi sekarang kita berada dalam masa Pandemi, bukan hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia bahkan alam semesta.

Mungkin itu saja untuk menjawab pertanyaan mengapa pada masa perang dingin muncul organisasi GNB? Sedangkan sejarah singkatnya pun semoga bermanfaat bagi kamu yang tak tau apa itu perang dingin.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.