ini Dia 4 Perbedaan Arabika dan Robusta

Kamu tahu gak perbedaan arabika dan robusta? Mungkin kamu hanya tahu namanya saja, apalagi keduanya sama-sama jenis kopi. Tapi percayalah, setelah membaca artikel ini kamu akan tahu perbedaan dari kedua jenis kopi itu.

Bagi pecinta kopi pastinya dong kalian sudah tahu, tapi menurut saya rasa ada banyak yang masih belum tahu perbedaan arabika dan robusta, sehingga dengan senang hati admin kalem disini memberikan penjelasannya.

Kira-kira, apa saja ya bedanya? Berikut penjelasan lengkap mengenai kopi arabika dan robusta.

Baca Juga : 11 Kopi Termahal di Dunia

4 Perbedaan Arabika dan Robusta

Setidaknya kita melihat dari beberapa perbedaan arabika dan robusta, mulai dari rasanya yang beda dan mungkin ada yang lebih manis dan ada yang lebih pahit. Mau tahu selengkapnya? Silahkan disimak.

1. Biji

perbedaan arabika dan robusta
Biji kopi arabika dan kopi robusta

Perbedaan arabika dan robusta yang pertama bisa kita lihat dari bentuk bijinya. Robusta cenderung lebih lonjong, sedangkan arabika bentuknya bulat. Struktur bijinya juga berbeda sehingga proses roastingnya tentu tidak sama.

Biji kopi arabika juga memiliki ukuran yang lebih besar daripada kopi robusta, sehingga dari bijinya saja sudah bisa dilihat perbedaan antara dua jenis kopi yang menjadi favorit pecinta kopi.

2. Rasa

Rasa kopi arabika dan robusta
Rasa kopi arabika dan robusta

Melihat perbedaan arabika dan robusta juga bisa kita ketahui dari rasanya. Arabika memiliki rasa asam yang lebih daripada rasa pahit, sedangkan robusta cenderung lebih pahit daripada rasa asamnya.

Jadi sahabat kalem tidak hanya bisa membedakan dari bentuk bijinya saja, namun kamu juga dapat membedakannya dari rasa kedua jenis kopi ini. Rasa robusta juga lebih kasar dibandingkan dengan arabika, mungkin kenikmatan rasanya kalah oleh arabika.

3. Pertumbuhan

Pertumbuhan kopi
Pertumbuhan

Selain itu, untuk mengetahui perbedaan arabika dan robusta bisa ketahui dari pertumbuhannya. Kopi robusta lebih gampang ditemui karena bisa bertumbuh di daerah dataran rendah, sedangkan arabika dominan agak sulit ditemui.

Pertumbuhan buah robusta pun lebih cepat berbuah, tidak seperti arabika yang membutuhkan waktu beberapa tahun agar berbuah. Lahan untuk menanam arabika juga harus luas, sedangkan robusta apa adanya.

4. Kandungan kafein

Kandungan kafein
Kandungan kafein

Kandungan kafein dari kedua jenis kopi ini juga salam satu cara untuk mengetahui perbedaan arabika dan robusta sahabat kalem. Kandungan kafein kopi robusta 2 kali lebih banyak daripada arabika, sehingga rasanya lebih pahit.

Tak hanya itu saja, jenis kopi arabika pun memiliki kandungan gula dan lipid lebih tinggi yang menyebabkan rasa kopi arabika cenderung lebih manis tanpa perlu menggunakan gula lagi saat membuat minumannya.

Baca Juga : 7 Fakta Seputar Kopi Daong

Arabika atau Robusta?

Nah, untuk mengetahui perbedaan arabika dan robusta bisa kita lihat dari 4 cara di atas, sedangkan kita perlu membandingkan untuk memilih kopi arabika atau robusta yang lebih menjadi pilihan?.

Keduanya memang sama-sama nikmat, namun berdasarkan perbedaan di atas, terutama pada rasa. Menurut saya, kebanyakan orang lebih memilih arabika daripada robusta, hal tersebut diakibatkan dari beberapa faktor.

Seperti salah satunya adalah rasa, dimana arabika lebih manis daripada robusta, kandungannya juga berpengaruh, karena arabika memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit, jadi itulah yang menjadikan alasan orang lebih memilih arabika.

Kalau sahabat kalem lebih memilih mana? Kopi arabika atau kopi robusta? Melihat dari perbedaan yang ada, saya sendiri tidak memilih, keduanya sama-sama saya sukai, karena semua jenis kopi menurut saya itu sangat nikmat.

Minum kopi
Minum kopi

Perbedaan Arabika dan Robusta

Gimana menurut kamu guys? Apakah perbedaan arabika dan robusta di atas sudah jelas? Dan kamu lebih suka yang mana dari kedua jenis kopi ini? Arabika yang lebih manis, atau robusta yang lebih pahit?.

Manapun pilihanmu yang penting tetap ngopi, sudah ngopi belum? Kalau belum silahkan beli dan bikin kopi sekarang juga, nikmati rasanya sambil memejamkan mata, bayangkan kamu sedang terbang di awan, wkwk.

Demikian informasi tentang perbedaan arabika dan robusta yang dapat saya berikan kepada semua sahabat kalem dimanapun kalian berada. Jangan lupa selalu tersenyum untuk jiwa yang harmonis, jangan lupa juga ngopi ya guys.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.