Persamaan Bunyi Dalam Puisi Disebut Rima

Mungkin Kamu Penasaran Persamaan Kata Dalam Puisi Disebut Apa? Maka Ini Penjelasannya

0 230

Persamaan Bunyi Dalam Puisi Disebut Rima

Rima merupakan pengulangan bunyi berselang. Bunyi-bunyi ini ditimbulkan oleh huruf maupun kata-kata dalam larik, bait, maupun akhir puisi, sehingga disebut dengan persamaan bunyi dalam sebuah puisi.

Dalam hal ini, rima berperan untuk mengatur suara atau bunyi yang diucapkan dalam sebuah pemenggalan puisi. Biasanya ditampilkan oleh tekanan nada tinggi, rendah maupun suara yang panjang.

Puisi yang bergaya rima yang kental biasanya dapat kita dengar dari puisi melayu. Coba saja kamu cari di YouTube misalnya untuk mendengarkan nada rima yang sangat kental.

Sehingga, persamaan bunyi dalam puisi disebut rima ini memang menjadi acuan penting dalam sebuauh penggalan puisi.

Rima
Rima, Foto : Istimewa

Baca juga : Arti Tanda / Dalam Pemenggalan Kalimat Puisi

Jenis-jenis Rima

Sampai saat ini, ada beberapa jenis rima yang biasanya digunakan untuk sebuah persamaan bunyi didalam sebuah puisi. Berikut jenis-jenis rima yang ada.

  1. Rima Sempurna (Seluruh suku akhir berirama sama)
  2. Rima Tak Sempurna (Hanya sebagian suku akhri yang sama)
  3. Rima Mutlak (Seluruh kata berirama)
  4. Rima Terbuka (Hanya suku akhir yang berirama sama, suku terbuka dengan vokal yang sama)
  5. Rima Tertutup
  6. Rima Aliterasi
  7. Rima Asonansi
  8. Rima Disonansi

Selebihnya mungkin masih ada lagi jenis rima yang ada, namun admin rasa itu juga akan membantu kamu yang sudah dijelaskan ya, karena memang itu sangat penting kamu pahami.

Sedangkan kita sebenarnya sudah tahu jawaban itu, namun tetap saja harus admin jelaskan agar kamu tidak ada kesalahan dalam memahaminya.

Baca juga : Arti Dari Simbol VVV Dalam Sebuah Puisi

Ya, jangan cuma ingin mendapatkan jawabannya saja, melainkan juga harus yakin dengan pengertian yang lebih lengkap agar kamu juga menambah wawasan yang meningkat.

Bagaimana dengan sahabat kalem? Jika sahabat sudah yakin dengan pembahasan diatas, admin harap sahabat bisa berbagi kepada orang lain yang juga membutuhkan penjelasannya.

Kesimpulan

Rima merupakan sebutan persamaan bunyi dalam sebuah puisi, sehingga puisi yang terdengar akan sempurna jika digunakan rima didalamnya.

Semuanya sudah admin jelaskan dengan sempurna, semoga saja pembahasan ini bermanfaat, karena kita sudah tahu persamaan bunyi dalam puisi disebut apa? Jadi diatas itu ya jawabannya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.