Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Asal Mula Buah Kelapa

Inilah Pesan Dari Dongeng Asal Mula Buah Kelapa

0

SikalemDongeng asal mula kelapa ini adalah dongeng yang dikenal sebagai salah satu sastra Indonesia yang sudah terkenal sejak lama, didalamnya ada pesan yang terdapat pada dongeng asal mula buah kelapa tersebut.

Dongeng ini juga menjadi panutan agar kita tidak pernah melakukan hal-hal yang bahkan merugikan diri kita sendiri.

Lantas, apakah pesan yang terdapat pada dongeng asal mula buah kelapa ini akan membuat kita sadar?

Dan ternyata benar, hal yang merugikan itu akan berdampak pada diri kita sendiri, dan ada dalam dongeng ini.

Secara singkat bahwa dalam dongeng ini menceritakan seorang laki-laki yang sengaja berkunjung ke sebuah gunung yang sangat tinggi.

Hal tersebut dia lakukan karena ingin menemui penyihir yang sangat sakti. Secara terbuka, penyihir pun mempersilakan dirinya untuk masuk kedalam pondoknya.

Dia akhirnya meminta penyihir itu agar si laki-laki tersebut diberikan sesuatu karena dia igni lebih berguna untuk orang lain.

Singkat cerita, dia pun diberikan kotak hijau, namun dengan perjanjian dan diberi amanat agar tidak dibuka di jalan, agar dibuka pada saat tengah perjalanan.

Kotak Hijau Dari Penyihir

Seorang laki-laki itu pertama kalinya ingin membuka kotak tersebut dikarenakan dia sangat tergoda, namun ingat dengan kata-kata dan pesan si penyihir, dia akhirnya mengundurkan niatnya itu.

Perjalanan dilanjutkan, saat berada di kaki Gunung, dia pun kembali tergoda untuk membukanya karena memang sangat penasaran.

Kemudian akhirnya dia sangat tergoda dan memutuskan untuk membuka kotak tersebut, alhasil dia telah mengingkari janji.

Laki-laki itu berubah menjadi sebuah pohon dengan daun yang panjang dan buah yang besar, yaitu pohon kelapa.

Dari sinilah dongeng asal mula buah kelapa ini, yang juga sejak saat itu buah kelapa berkembang pesat pertumbuhannya.

Dari kejadian itu, ada pesan yang terdapat pada dongeng asal mula buah kelapa karena si lelaki tersebut telah melakukan kesalahan yaitu ingkar janji, hingga dia berubah menjadi pohon.

Buah kelapa
Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Asal Mula Buah Kelapa, Foto : Istimewa

Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Asal Mula Buah Kelapa

Pesan yang terdapat pada dongeng asal mula buah kelapa yang paling mendalam adalah “jangan pernah ingkar janji, selalu tepati janji tersebut demi kebaikan diri sendiri dan orang lain“.

Pesan yang lainnya juga bahwa kita harus bersabar, sebab jika tidak bersabar dampaknya pun buruk untuk kita.

Menjaga amanah agar tetap menjadi pribadi yang disukai orang lain, jika tidak lagi-lagi akan berdampak buruk.

Jangan Pernah Ingkar Janji
Ilustrasi Perjanjian, Foto : Istimewa

Baca juga : Pesan yang Terkandung Dalam Surat Al Kafirun

Baca juga : 13 Manfaat Dari Perilaku Amanah yang Bisa Kita Rasakan

Dari kisah pada dongen asal mula buah kelapa yang menceritakan seorang laki-laki yang ingin berguna bagi setiap orang, sehingga dia menemui penyihir ini sangat erat dengan apa yang diceritakannya.

Seseorang yang tidak pernah menjaga amanah dan selalu mengingkari janji, hidupnya tidak akan pernah sempurna, dia pasti akan mendapatkan akibat dari kesalahannya itu.

Ingkar janji adalah kesalahan yang sangat besar, janji adalah hutang yang harus ditepati, orang yang ingkar janji termasuk orang yang berhutang.

Kita tahu bahwa hutang harus dibayar, sehingga janji pun harus ditepati.

Apa yang disampaikan dalam dongeng asal mula buah kelapa ini justru menyadarkan kita agar selalu menjadi orang yang menepati janji demi kebaikan bersama.

Sehingga pesan yang terdapat pada dongeng asal mula buah kelapa pun sepertinya akan merubah hidup kita.

Tepati Janji Untuk Orang lain

Janji adalah amanah, janji yang sudah diamahkan harus kita tepati, mengingkari janji hanya akan menambah dosa, bahkan janji kecilpun tetap saja harus kita tepati.

Pesan ini membuat kita seharusnya sadar untuk menjadi orang yang selalu dalam keadaan baik, orang baik tidak pernah melakukan kesalahan.

Namun, masih banyak orang yang selalu tidak pernah menepati janji, dan tentu mereka tidak dipercaya lagi oleh orang lain.

Jelas bahwa itu buruk untuk dirinya dan selalu menjadi orang yang terasingkan karena akibat dari diri sendiri yang tidak pernah tepat dalam berjanji antara dia dan orang lain.

Kamu juga seharusnya sadar untuk tidak pernah berbuat seperti demikian, tepati janji sebagaimana dengan yang harus kita lakukan agar hidup kita jauh lebih baik.

Orang yang selalu menepati janji pasti hidupnya bahagia, sebab dia dipercaya orang lain untuk menjaga amanah, dongeng asal mula buah kelapa ini sangatlah mendalam untuk memotivasi kita dalam berjanji.

Kalau tidak bisa menetapi janji, jangan pernah membuat perjanjian, lantaran itu akan membuat hidup kita sangat rugi.

Dan sahabat kalem sekarang sudah apa tahu pesan yang terdapat pada dongeng asal mula buah kelapa, semoga saja ini memotivasi dan jawaban ini sangat benar.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.