Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Petani yang Baik Hati

Berikut Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Petani yang Baik Hati

0

SikalemDongeng sastra, kita kembali lagi pada wacana sebauh dongeng, dan kali ini akan saya berikan jawaban pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati.

Dongeng petani yang baik hati ini menceritakan kisah seorang petani, dia merupakan orang yang sangat baik dan memiliki sifat yang murah hati.

Oleh karena itu, dari sifatnya yang baik, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa banyak sekali pesan yang dapat kita ambil dari dongeng yang satu ini.

Sebelum kita mengetahui jawabannya, seperti biasa kita ceritakan dulu sedikit sinopis atau cerita dari dongeng petani yang baik hati ini.

Dongeng Petani yang Baik Hati

Ada seorang petani yang baik hati dan murah hati, hari itu dia pergi ke sawah miliknya, lalu ia menemukan seekor burung pipit yang kakinya patah. Kita tahu bahwa burung pipit ini hama para petani.

Akan tetapi, meskipun burung itu hama dan sering menganggu petani dengan mencuri padinya, namun sang petani merasa sangat kasihan dengan burung yang kakinya patah itu.

Kemudian dia membawa burung ke rumahnya yang sederhana. Lalu kaki burung tersebut dia obati dengan bertujuan agar burungnya kembali sembuh seperti biasa.

Setelah kakinya sembuh, lalu petani melepaskan kembali agar burung terbang bebas di alam liar seperti kehidupan pada umumnya.

Baca juga : Isi Pesan Dalam Dongeng Mencari Pohon Buah, Jangan Serakah

Baca juga : Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Asal Mula Buah Kelapa

“Pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati”

Burung Menemuinya Kembali

Pada hari berikutnya, petani kembali ke sawah miliknya itu sama seperti pada hari-hari biasa.

Disawah dia mengairi dan mencabut rumput-rumput disawahnya. Lalu datangnlah seorang burung yang sebelumnya dia tolong.

Ternyata burung itu membawa biji buah semangka diparuhnya sebanyak tiga biji. Dan burung memberikannya ke petani.

Burung pipit yang sudah memberikannya langsung pergi, lalu sang petani merasa berterimakasih karena sudah diberikan bibit semangka itu.

Pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati”

Petani Menanam Semangka

Besok harinya, petani itu menanam semangka di dekat rumahnya yang tadi diberi oleh burung pipit yang sebelumnya sempat ia tolong karena kakinya patah.

Semangka yang ditanam lalu dia mengurusnya, hingga semangka membesar dan akhinya semangka pun berbuah, kemudian dia merasa sangat senang sekali.

Kemudian, petani mengambil tiga buah semangka itu, dengan bermaksud mungkin untuk dimakan, karena kita tahu bahwa rasa semangka enak loh sahabat kalem.

Pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati”

Emas Dari Buah Semangka

Setelah petani itu akhirnya membelah semangka, karena sudah berbuah setelah ia rawat beberapa lama. Pada saat semangka di belah, ternyata didalamnya ada banyak bongkahan emas dan brlian yang berkilauan.

Semangka kedua dibelah dan ternyata isinya adalah bahan-bahan bangunan. Semangka ketiganya ia belah kembali, ternyata didalamnya juga orang-orang yang siap membangun istana.

Akhir Cerita

Karena kebaikan sang petani, ia akhirnya menjadi orang yang kaya raya, petani itu selalu membagikan harta harta miliknya kepada orang yang membutuhkannya.

Yang awalnya tinggal di rumah sederhana, setiap hari dia pergi ke sawah, namun karena kebaikannya menolong sesama makhluk, dia menolong burung, akhirnya dia menjadi orang kaya.

Lantas, apa saja pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati ini? Nah, kita lihat dibawah ya sahabat kalem pesan yang disampaikannya itu apa.

Pesan yang Terdapat Pada Dongeng Petani yang Baik Hati

Dari dongeng petani yang baik hati kita bisa megambil kesimpulan bahwa pesan yang disampaikan adalah orang yang berbuat baik pasti akan mendapatkan kebaikan pula.

Maka dar itu, janganlah jadi orang yang jahat, jadilah orang yang berbaik hati kepada siapapun tanpa melihat dan tanpa mengenal sipa yang kita tolong.

  1. Sifat baik dan murah hati selalu disukai oleh setiap insan;
  2. Menolong makhluk hidup tanpa melihat apa yang ditolong, pasti akan mendapatkan kebaikan juga;
  3. Hewan juga termasuk makhluk hidup ciptaan tuhan yang sebaiknya kita tolong jika sedang kesusahan;
  4. Jadilah orang yang selalu membagi sedikit rezekinya kepada orang lain;
  5. Meskipun sudah kaya raya, petani itu tetap berbaik hati dengan berbagi, kita juga harus seperti petani itu;

Sahabat kalem, mungkin itulah pesan yang terdapat pada dongeng petani yang baik hati diatas, semoga bermanfaat dan kamu bisa menjawab dengan benar.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.