Provokasi adalah

Provokasi Adalah : Pengertian Definisi, Arti Kata dan Contohnya

Apa yang dimaksud dengan provokasi? Provokasi adalah suatu kata yang memiliki makna, definisi dan pengertian yang kurang baik, namun dengan jelas admin akan mengartikan disini.

Pengertian Provokasi Adalah

Provokasi adalah tindakan seseorang atau pun individu yang menyebabkan orang lain marah, emosi, dan lainnya sehingga akan menjadi suatu permasalahan yang sangat rumit.

Benar seperti intro yang admin tulis kalau provokasi merupakan bentuk dari kata sifat yang maknanya sangat buruk. Banyak sekali loh orang-orang yang melakukan tindakan buruk tersebut.

Baca Juga : Pengertian Ide Pokok Bacaan Serta Fungsi Ide Pokok Bacaan

Arti Provokasi Adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, provokasi adalah perbuatan untuk membangkitkan kemarahan, tindakan penghasut dan pancingan. Sedangkan terprovokasi adalah individu atau orang yang terpancing.

Dari pengertian dan arti yang sudah tertulis sangat jelas sekali bahwa tindakan ini merupakan suatu tindakan yang sangat buruk dan tidak baik untuk dilakukan, tapi sayangnya masih banyak yang melakukan.

Contoh Tindakan

Mungkin kamu sering melihat berita-berita di TV maupun media online. Banyak sekali macam berita yang terbit terkait dengan provokasi yang menyebabkan kemarahan seseorang atau individu.

Baik, admin akan memberikan sedikit saja contoh yang mewakili pembahasan ini. Berikut contohnya.

  • Demo buruh yang dilakukan ada seseorang yang memprovokasi bahwa buruh tidak akan naik, tentu membuat para pendemo semakin marah.
  • Anak murid memprovokasi temannya kalau dia tidak akan naik.

Berdasarkan contoh tertulis berarti istilah ini juga bisa dikatakan sebagai perkataan yang melebih-lebihkan, padahal apa yang dia omongkan buruk itu belum tahu kebenarannya.

Mungkin contoh yang admin tulis hanya sebagian saja jadi mohon maaf bila contoh tertulis kurang mumpuni. Hanya saja admin mengaitkannya sesuai dengan arti tersebut.

Baca Juga : Arti Amanah Beserta Pengertian dan Contoh Amanah

Kesimpulan

Mungkin tak banyak lagi yang dapat admin sampaikan, namun bisa kita ketahui sendiri bahwa istilah tersebut adalah sikap seseorang yang menyebabkan kemarahan orang lain.

Hati-hati dalam berbicara kalau belum tahu kebenarannya, bahkan sudah tahu pun sebaiknya jangan diucapkan agar tidak menjadi kemarahan orang yang malah akan membuat kita semakin bermasalah.

Demikian informasinya, jadi pengertian dan arti provokasi adalah tindakan buruk, semoga apa yang tersampaikan diatas dapat membantu dan menambah wawasan.

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.