Ragam Hias Disebut Juga, dan Ragam Hias Digunakan Sebagai

Kunci Jawaban : Ragam Hias Disebut Juga? Serta Ragam Hias Digunakan Sebagai?

0

Sikalem – Sebuah seni rupa, tahukah kamu ragam hias disebut juga apa? Dan ragam hias digunakan sebagai apa? Jawaban yang benar seperti pada pembahasan dibawah ini untuk kamu tentunya.

Disini kita akan mendapatkan kunci jawaban ragam hias disebut juga apa, serta ragam hias digunakan sebagai apa agar kamu lebih banyak dalam menambah wawasan terkait ragam hias.

Bagaimana penjelasannya? Mari kita simak dengan seksama agar kamu tidak salah dalam memahami sebuah karya seni rupa dari sebuah ragam hias dibawah ini.

Ragam Hias Disebut Juga Ornamen

Secara bahasa, ragam hias disebut juga sebagai Motif atau ORNAMEN dan berasal dari bahasa Yunani “Ornare”, dimana ornamen sudah ada sejak jaman praserajah dan termasuk kedalam seni rupa, hingga saat ini dikenal dengan ragam hias.

Ragam hias menurut umum adalah visualisasi dalam sebuah karajinan karya seni yang bertujuan untuk menghias, sebagaimana dalam pembuatannya yang dibuat agar lebih menarik karena memang tujuannya untuk menghias.

Ragam hias sendiri memiliki beberapa jenis sesuai dengan objek, tujuan dan bentuk yang dibuat oleh para pelaku karya seni rupa.

Lantas, ragam hias digunakan sebagai apa? Nah dibawah ini adalah tujuan dari ragam hias yang sebenarnya.

Ragam Hias
Ragam Hias, Foto : Istimewa

Ragam Hias Digunakan Sebagai Hiasan

Ornamen, motif atau ragam hias digunakan sebagai hiasan, dihasilkan dari berbagai proses, seperti menggambar, melukis, memahat, mengukir, mencetak dan lain sebagainya.

Karya seni ini sangat penting untuk kita pahami, di Indonesia saja memiliki beberapa jenis yang berasal dari lokal, seperti batik, tenun, wayang golek, wayang kulit, dan masih banyak lagi tentunya.

Sahabat kalem, semua orang sudah sepakat bahwa ragam hias memiliki keindahan dan keistimewaan sendiri, tujuan dan ragam hias disebut juga apa sudah kita ketahui sekarang, masihkah kamu akan memikirkan hal-hal yang lain?

Bentuk Ragam Hias

Ragam hias terdiri dari bentuk imajinasi, pikiran dan kreatifitas para seniman atau para pelaku karya seni ragam hias. Apa yang dihasilkan olehnya adalah bentuk dari pemikirannya sendii.

Meskipun dibuat sesuai dengan objek yang terlihat, tapi tetap saja membutuhkan pemikiran yang luas dan dalam, serta ketelitian yang harus benar-benar teliti untuk menghasilkan karya yang bagus dan sesuai objek tersebut.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Komposisi Penting Dalam Menggambar

Motif Ragam Hias

Selain kita mengetahui ragam hias disebut juga apa dan ragam hias digunakan sebagai apa, kita akan mengulas kembali beberapa daftar motif ragam hias yang ada.

Berikut beberapa diantaranya yang penting untuk kamu ketahui.

Motif Ragam Hias Batik
Motif Ragam Hias Batik, Foto : Istimewa

1. Ragam Hias Flora dan Fauna

Karya seni ragam hias yang dibentuk berdasarkan flora (Tumbuhan) dan fauna (Hewan) sebagai objek dalam pembuatan karya seni rupa. Sudah banyak yang kita temukan, baik di internet maupun secara nyata.

2. Ragam Hias Geometris

Adalah ragam hias yang dibentuk sesuai dengan geometris, hasil yang dibuat bervariasi sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing para pelaku karya seni.

3. Ragam Hias Figuratif

Ragam hias yang satu ini dibentuk dengan menggunakan objek manusia dalam menggunakannya, hasil yang dibuat tentu saja sesuai dengan bentuk fisik dari manusia itu sendiri.

Oke, semuanya sudah kita ketahui, ragam hias disebut juga apa, ragam hias digunakan sebagai apa, motifnya apa saja, dan juga kita akan membahas hal selanjutnya untuk ragam hias ini.

Baca juga : Corak Patung yang Berasal Tiruan Dari Bentuk Alam Disebut Corak?

Jenis-Jenis Ragam Hias

Ragam hias memiliki jenis tersendiri, namun mungkin disini kita hanya fokus terhadap ragam hias yang secara umum ada di Indonesia.

Seperti tenun, batik, pahatan dari kayu atau batu, misalnya wayang golek yang dibuat dengan cara dipahat dari kayu, atau patung yang dipahat dari batu.

Nah, hasilnya nanti tentu membuahkan yang luar biasa sesuai dengan apa yang mereka inginkan dalam membuat dan menghasilkan karya seni rupa ragam hias yang luar biasa.

Sahabat kalem, mungkin yang dapat admin sampaikan dan jelaskan itu saja sesuai dengan apa yang memang harus dijelaskan, semuanya sudah selesai sehingga kamu dapat menyimak secara seksama.

Akhir kata, sekarang kita sudah tahu hal-hal tentang ragam hias, seperti ragam hias disebut juga apa, ragam hias digunakan sebagai apa, dan bentuk serta jenisnya sudah kita ketahui.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.