Rambu Lalu Lintas : Pengertian, Jenis dan Arti Rambu Lalin

0 1

Rambu-rambu lalu lintas atau dikenal dengan istilah Rambu Lalin merupakan petunjuk jalan yang memuat huruf, angka, lambang, kalimat hingga perpaduan diantaranya.

Rambu lalin memiliki beberapa jenis, kemudian jenis yang terdapat dijalanan juga mempunyai arti rambu lalu lintas yang berbeda-beda sesuai dengan lambang, angka, huruf maupun perpaduannya.

Dan untuk pengguna jalan, terutama sahabat kalem wajib banget nih mengetahui arti rambu lalu lintas tersebut baik itu berbentuk lambang, kalimat, angka atau pun lain-lain yang telah dimuat di setiap jalan.

Jenis dan Arti Rambu Lalu Lintas

Ada beberapa jenis beserta arti rambu lalu lintas yang wajib diketahui oleh para pengguna jalan. Maka dari itu, admin ingin sekali berbagi disini yang merupakan pengetahuan terbaik buat kamu.

1. Rambu Peringatan

Pengertian rambu peringatan adalah informasi kepada pengguna jalan bahwa ada bahaya atau tempat bahaya yang didesain dengan latar berwarna kuning dan dipadukan dengan simbol & kalimat berwarna hitam.

Arti rambu lalu lintas peringatan ini umumnya terdapat pada tanjakan, turunan, belokan dan sejenisnya. Berikut gambar lengkap yang sudah admin dapatkan dari situs humaspolresbantul.blogspot.com.

Rambu Peringatan
Rambu Lalin
Rambu Peringatan
Sumber?humaspolresbantul.blogspot.com

2. Rambu Petujuk

Rambu petunjuk merupakan informasi kepada pengguna jalan, umumnya rambu ini memberikan petunjuk akan ada jalan tol didepan, belokan ke kota lain, atau yang sejenisnya.

Seperti pada pengertiannya, rambu ini biasanya ada di belokan-belokan, lampu merah, atau jalan simpang yang akan menuju ke kota atau jalan berikutnya.

3. Rambu Perintah

Rambu Perintah
Rambu Perintah
Sumber?humaspolresbantul.blogspot.com

Adalah rambu yang ditujukan untuk memerintah para pengguna jalan, misalnya wajib mengikuti arah kiri. Rambu ini didesain dengan latar berwarna biru dan tulisan berwarna hitam serta lambang berwarna putih.

Biasanya rambu ini terletak di setiap jalan yang mempunyai hal-hal tertentu, misal perintah kecepatan minimum dan atau yang lainnya.

4. Rambu Larangan

Rambu Larangan
Rambu Larangan
Rambu Larangan
Rambu Larangan
Sumber/humaspolresbantul.blogspot.com

Arti rambu lalu lintas yang satu ini sudah sangat jelas, yaitu melarang para pengguna jalan. Didesain dengan latar putih, simbol hitam dan terdapat garis, silang atau lingar berwarna merah.

Biasanya terdapat di jalan-jalan tertentu, terutama jalan yang tidak boleh dilakukan sesuatu oleh para pengendara, contoh saja dilarang untuk berhenti.

5. Rambu Nomor Rute

Rambu Lalu Lintas Nomor Rute
Sumber/humaspolresbantul.blogspot.com

Rambu nomor rute difungsikan sebagai informasi bagi para pengguna jalan. Biasanya informasi ini terdapat pada jalan Nasional dan Jalan Propinsi.

Ada perbedaan antara kedua rute tersebut, seperti desain yang berbeda. Kamu dapat melihat desainnya untuk informasi lebih detail pada gambar berikut ini.

6. Papan Tambahan

Rambu papan tambahan
Papan Tambahan
Sumber/humaspolresbantul.blogspot.com

Rambu lalu lintas yang terakhir adalah papan tambahan, dimana rambu-rambu ini memberikan informasi yang signifikan bagi para pengguna jalan agar bisa mendapatkan informasi sesuatu.

Misalnya jarak dari rambu sampai awal bagian jalan yang berbahaya. Tentu saja arti rambu yang satu ini sudah sangat jelas agar pengguna lebih signifikan dalam mendapatkan informasi.

Baca Juga : Bukan Hanya Jadi Hiasan, Ini Pengertian Marka Jalan

Nah sahabat kalem, sekarang kalian sudah tahu pengertian, jenis-jenis dan arti rambu lalu lintas yang mana semua itu wajib banget kamu ketahui. Jika tidak, maka jangan berkendara, kamu akan ditilang jika melanggar.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.