Take a fresh look at your lifestyle.

Reboisasi : Pengertian, Contoh, dan Artinya

Arti Reboisasi dan Manfaat Bagi Kehidupan Manusia Serta Hewan

0

Reboisasi artinya apa? Entah kenapa ada banyak orang yang ingin mengetahui dari istilah tersebut.

Banyak orang yang belum mengetahui arti kata reboisasi, sehingga kamu perlu mencari kalau kamu pun termasuk kedalam orang yang tidak tahu.

Seperti biasa, disini kamu akan tahu reboisasi artinya apa, karena admin akan menjelaskan istilah ini beserta contoh dan pengertiannya.

Pengertian Reboisasi dan Artinya

Pengertian Reboisasi dan Artinya
Foto : Istimewa

Reboisasi artinya adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang yang menyebabkan gundul/tandus, sehingga bisa lebih di ringankan pengertiannya bahwa reboisasi merupakan penghutaanan kembali/menanam kembali karena sebelumnya sudah ditebang.

Dapat kamu lihat sendiri bahwa penanaman merupakan cara agar hutan kembali memiliki tumbuhan seperti sediakala.

Memang, menebang pohon-pohon yang ada di hutan boleh-boleh saja kalau memang itu harus dilakukan.

Namun kita tetap harus menghijaukan kembali hutan tersebut dengan cara reboisasi atau penanaman kembali atau penghutanan kembali.

Berdasarkan arti dan pengertian istilah tersebut, jadi apa yang kita dapatkan? Tentu untuk menjaga hutan agar tetap menjadi hutan karena memiliki peran penting bagi kehidupan manusia.

Contoh Reboisasi

Bahwa dijelaskan diatas reboisasi artinya menghutankan kembali, berarti salah satu contohnya adalah hutan yang ditebang dan ditanam kembali.

Seseorang memiliki kebun, dimana mulanya kebun tersebut banyak sekali pohon-pohon tinggi karena dulunya memang ditanam.

Namun, karena sudah waktunya untuk ditebang, maka pohon-pohon itu digundulkan dengan memanfaatkan hasilnya untuk kebutuhan.

Setelah kebun tersebut gundul, tidak ada lagi pepohonan, orang tersebut kembali menanamnya dari benih yang sudah tersedia.

Maka, orang tersebut reboisasi lagi kebunnya yang sudah gundul akibat pohon-pohonnya ditebang, karena untuk dimanfaatkan.

Baca juga : 9 Manfaat dan Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

Tujuan Reboisasi

Tentu saja reboisasi memiliki tujuan berdasarkan semestinya, tujuan itu menjaga agar hutan/kebun tetap terjaga.

Seperti pada contoh diatas adalah menebang pohon, artinya pohon itu gundul dan tidak ada lagi pohon-pohon yang tersisa, mungkin hanya beberapa.

Lalu, pemiliknya kembali menanam pohon, bukan hanya memanfaatkan pohon tersebut namun menjaga agar kebunnya tetap hijau.

Oya, contoh diatas sengaja admin ambil dari kebun, karena kalau hutan sepertinya agak sulit, apalagi hutan kan sebenarnya enggak boleh digunduli.

Masih kurang yakin dengan apa yang admin jelaskan? Atau kamu memiliki ide sendiri? Silakan kamu komentari ya.

Manfaat Reboisasi

Manfaat Reboisasi
Foto : Istimewa

Masih sama dengan tujuannya, reboisasi artinya penghutanan kembali atau menanam kembali apa yang seharusnya ditanam di hutan.

Maka manfaatnya agar hutan itu tetap lestari, tidak gundul, karena kamu tahu kan ada banyak manfaat hutan bagi mahluk hidup.

Salah satunya, pohon-pohon di hutan mampu menyerap sinar matahari, mencegah terjadinya longsor, juga membantu hewan-hewan liar bertahan hidup.

Kalau hutan gundul, bukan cuma kita yang terkena dampaknya, namun hewan-hewan yang seharusnya berkembang biak malah musnah akibat kelestariannya hancur.

Dan tentunya, manfaat dari penanaman hutan kembali bukan hanya sebatas menghijaukan alam, tapi untuk kebutuhan hidup manusia.

Meskipun memang, hutan bisa tumbuh kembali, tapi sayangnya itu terbatas tanpa kita hijaukan secara langsung.

Maka demikian, pemanfaatan itu sungguh luar biasa yang membuat kita terkagum nantinya, lebih banyak mendapat manfaat dari hutan.

Apalagi, masyarakat tertentu banyak mengandalkan hutan sebagai sumber kehidupan, sumber energi pun salah satu manfaat dari hutan.

So, disini tentunya kamu mendapatkan pelajaran agar tetap menjaga hutan terus menjadi hutan, bukan malah dijadikan sebagai ya itulah.

Baca juga : 7 Hal yang Akan Terjadi Jika Hutan Bakau Rusak

Kesimpulan

Sayang sekali, masih banyak orang-orang yang tidak menyadari akan hutan itu sangat berpengaruh terhadap manusia.

Sehingga menyebabkan penebangan hutan liar terus berlanjut, mengakibatkan hutan gundul, hewan-hewan tidak aman, mereka tidak memiliki tempat untuk bertahan hidup.

Banyak orang yang melakukan itu hanya demi uang, padahal ada banyak cara mencari uang, bukan malah menggunduli hutan.

Mending kalau reboisasi lagi, itumah malah dibiarkan, tidak lagi ditanam, menunggu pohon-pohon hidup sendiri, kan sulit.

Jadi mungkin itu saja pengertian reboisasi, artinya adalah penanaman kembali. Kalau kamu bingung dengan contoh yang admin tulis, itu sengaja karena sayang kalau admin tulis hutan contohnya, kamu ngerti lah pastinya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.