Reorientasi Adalah : Arti, dan Contoh Reorientasi

Reorientasi Adalah Apa? Banyaknya Pertanyaan Membuat Admin Ingin Bertanya Juga

0

Sikalem – Sekali lagi admin ingin menjelaskan sebuah kalimat yang mungkin banyak orang tidak tahu, disini kita akan menjawab pengertian reorientasi adalah apa? Dan semuanya akan dibahas secara tuntas agar tidak ada kesalahan yang membuat kamu ragu untuk memahami kalimat tersebut.

Reorientasi Adalah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan, reorientasi adalah peninjauan kembali wawasan untuk menentukan sikap dan hal sejenisnya. Biasanya ada pada akhir dari teks yang umumnya didalam teks sejarah dan biografi.

Jadi secara sederhana, reorientasi ini bisa dikatakan meninjau ulang wawasan, maka akan ditulis pada akhir kalimat gunanya untuk menentukan sikap pembaca dan penulis tentunya.

Reorientasi Adalah
Reorientasi

Baca juga : Koda Adalah : Pengertian, Fungsi, dan 2 Arti Koda

Reorientasi ini ada pada teks cerita sejarah dan biografi (umumnya), dan kedua jenis teks ini sebenarnya terbagi menjadi tiga struktur umum, yaitu orientasi, runtutan peristiwa dan reorientasi.

Nah, maka sesudah kita membaca sekarang kita paham ternyata itulah yang dimaksud apa yang tidak kamu ketahui, maka demikian cukup membaca dan menyimak sudah mendapat wawasan ya sahabat kalem yang baik hati.

Contoh Reorientasi

Diatas kita sudah tahu bahwa reorientasi adalah struktur kalimat yang ada pada sebuah cerita sejarah maupun biografi, yang salah satu contohnya adalah cerita Kihajar Dewantara sebagai pahlawan yang telah membangkitkan semangat belajar murid.

Kamu bisa memahami biografi para pahlawan yang lainnya, kamu bisa menyimak pesan apa yang ada pada biografi pahlawan itu sendiri? Dan tentu saja kamu pun akan tahu secara mendalam lagi.

Contoh Reorientasi
Contoh Reorientasi

Baca juga : Arti Istinja : Cara Istinja, Bacaan Istinja, Pengertian Istinja Adalah

Nah sahabat kalem, sekarang kita sudah semakin tahu dan semakin paham yang dimaksud dengan reorientasi, maka kita perlu meninjau kembali teks tersebut yang dapat kita sikapi sendiri ya.

Kesimpulan

Secara sederhana, reorientasi sebenarnya sebuah struktur kalimat yang menceritakan sejarah dan biografi (para pahlawan), sehingga ditinjau ulang untuk menentukan sikap maupun hal yang sejenisnya ketika kita sudah selesai dalam membaca dan memahami teks-teks yang ada pada cerita tersebut.

Nah, jadi itulah penjelasannya bahwa reorientasi adalah apa yang dijelaskan secara ringkas namun lengkap, semoga bermanfaat ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.