Mengenal Era Revolusi Industri 4.0

0 0

Saat ini kita sedang dalam era revolusi industri 4.0, apa yang dimaksud dengan era tersebut? Apakah mungkin istilah lain dari sebuah jaman?.

Melihat-lihat berita yang tren, seringkali membahas tentang revolusi industri 4.0 sedangkan kita belum tahu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Istilah ini pun tak hanya dikatakan oleh berita-berita, pun dikatakan oleh perusahaan-perusahaan, lantas sebenarnya apa itu era revolusi 4.0?.

Pengertian Era Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 adalah
Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 merupakan era digital, yang mana penerapannya adalah mengkolaborasikan teknologi cyber dengan teknologi otomatisasi. Konsep pengerjaan yang dilakukan hampir seluruhnya tidak dilakukan oleh manusia, melainkan secara otomatisasi.

Era ini adalah fenomena yang segalanya serba mudah, mengingat sekarang semuanya serba internet, jadi revolusi 4.0 ini merupakan istilah jaman digital yang segalanya serba teknologi.

Mudah, cepat dan efisien, kita tidak perlu meluangkan tenaga khusus, kita hanya melihat dan menikmati hasilnya saja.

Contohnya saja ketika kita mencari informasi, sekarang tidak perlu membeli koran, cukup dengan genggaman saja, kita bisa menikmati kabar terbaru bahkan lebih cepat daripada koran.

Teknologi yang kini semakin berkembang, tentu saja manfaatnya dirasakan oleh setiap orang, mulai dari melakukan pekerjaan sekarang cukup dengan teknologi.

Dalam revolusi industri 4.0 ini menambah nilai kerja yang lebih efisien, waktu dianggap sebagai suatu yang sangat vital juga dibutuhkan oleh setiap pemain industri.

Contoh kecil adalah iklan digital, sekarang kita melihat iklan bukan cuma banner saja, melainkan iklan berbasis video yang berjalan, ini sudah ada banyak di kota-kota besar seperti jakarta.

Kita mengutamakan jaringan internet yang merupakan terjadi di era 4.0 ini. Lebih singkatnya era digital yang menjadi jaman di saat ini. Ya kita sedang berada dalam jaman teknologi yang semakin pesat.

Tentu kita juga memiliki tantangan-tantangan di era sekarang, tapi ada kemudahan di balik era digital ini.

Baca Juga : Pengertian Globalisasi : Sejarah, Contoh, Ciri dan Dampaknya

Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

Tantangan industri 4.0
Tantangan industri 4.0

Tantangan-tangan di era revolusi industri 4.0 tentu bukan main-main, kita tidak hanya menikmati kehadiran teknologi saja, tapi kita pun harus lebih memanfaatkannya dengan bijak.

Kita harus sudah mempersiapkan segala macam hal untuk menghadapi era ini, jangan sampai kalah oleh perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan jaringan internet.

Sebagai manusia biasa, di jaman ini tidak terlepas dari istilah internet, sehari-hari kita dikerjakan oleh internet, mencari informasi, mencari ojek, taksi dan lain sebagainya.

Ya mereka sudah melakukan upaya yang besar dalam memanfaatkan era digital ini. Kenapa kita tinggal diam saja? Kita juga harus memikirkan apa yang mesti kita lakukan untuk menghadapinya.

Sebagai bahan contoh dan saran untuk memanfaatkan digital ini kita bisa menjadikannya sebagai bahan penghasil uang tambahan, contohnya menjadi content creator.

Namun, jika ingin lebih kita harus bisa memiliki keahlian yang paling berperan penting di jaman ini, contohnya web developer, programmer, dan lain sebagainya.

Semua yang dikaitkan dengan internet itu adalah keahlian yang harus bisa kita lakukan untuk menyikapi dan menghadapi era revolusi industri 4.0.

Lantas, apa yang sudah kamu persiapkan untuk menghadapinya? Siapkan saja mulai dari sekarang ya, karena era ini tergolong masih baru dan masih berkembang.

Baca Juga : UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Teknologi Utama Dalam Perkembangan Era 4.0

Teknologi industri 4.0
Teknologi

Perlu kamu ketahui, di era revolusi industri 4.0 ini kita bisa melakukan segalanya dengan mudah, namun dibalik semua itu ada teknologi-teknologi yang memiliki peranan penting dalam pengembangannya.

Dimana, ada setidaknya 7 teknologi yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber, semuanya sangat berpengaruh dibalik hal-hal yang sering kita lakukan.

1. Internet Of Things (IoT)

Internet Of Things (IoT) adalah sebuah teknologi yang merupakan konsep pada suatu objek yang kemampuannya mentransfer data melalui jaringan tanpa campur tangan manusia.

Teknologi sejenis ini merupakan inovasi yang memudahkan manusia untuk tidak mengerjakan sesuatu, contohnya jarvis yang bisa mematikan lampu secara otomatis.

2. Cloud Computing (Komputasi Awan)

Cloud computing adalah sebuah teknologi yang merupakan pusat pengelola data dan aplikasi internet. Tanpa adanya cloud computing, internet tidak bisa berjalan.

Pengguna komputer dapat diberi akses untuk menjalankan server virtual melalui jalur konfigurasi server melalui internet. Jadi, internet tidak akan berjalan jika tidak adanya teknologi ini.

3. Big Data

Teknologi ini berperan dalam membantu bisnis, dimana big data dapa dijadikan sebagai pembantu arah bisnis, contohnya mengirim email promosi ke setiap pelanggan.

Big Data sendiri adalah gambaran dari volume data yang besar, entah itu data yang terstruktur maupun tidak.

4. Cyber Security

Cyber security merupakan keamanan data, dia memiliki peran dalam mengamankan semua informasi yang dapat disalahgunakan oleh cyber attack.

Cyber security memiliki peranan penting, karena dia melindungi segala informasi data. Teknologi ini paling penting dalam pengaplikasian di jaman era revolusi industri 4.0 ini.

Contoh yang termasuk kedalam Cyber security adalah SSL Certificate pada website maupun email, dia melindungi rahasia pribadi dari setiap penggunanya.

5. Artifical Intelegence (AI)

Artifical Intelegence adalah sebuah teknologi yang kecerdasannya seperti manusia, dia juga bisa diatur seperti keinginan-keinginan manusia. Perannya bisa mempelajari data yang diterima secara berkesinambung.

Teknologi ini tergolong masih baru, tapi perkembangannya sangat cepat. Terutama kecerdasarannya yang dapat memprediksi setiap data yang masuk.

Jika data yang masuk semakin banyak, AI akan bekerja semakin baik dalam memprediksi. Contoh AI yang cerdas sekarang adalah Algoritma Google Bert, dimana dia bisa membaca kata disetiap frasa layaknya manusia.

6. Simulatoion

Simulation atau dalam bahasa Indonesia simulasi adalah teknologi yang mewakili operasinya dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan oleh banyak konteks yang tentunya berpengaruh terhadap era revolusi industri 4.0.

Seperti simulasi dalam mengoptimalkan kinerja, teknik keselamatan, video games, pengujian, pelatihan, pendidikan dan mungkin masih banyak lagi.

7. Argumented Reality (AR)

Argumented Reality alias AR adalah sebuah terobosan baru yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam lingkungan yang nyata tiga dimensi.

Kemudian, benda-benda maya tersebut diproyeksikan kedalam waktu yang benar-benar nyata.

Kira-kira itulah teknologi yang berperan utama dan paling penting dalam era revolusi industri 4.0 ini. Mungkin masih banyak yang lainnya, namun saya rasa list diatas cukup dan lebih utama.

Memanfaatkan Era 4.0

Memanfaatkan era revolusi 4.0
Memanfaatkan era digital

Kita sekarang sudah tahu bahwa era revolusi industri 4.0 adalah era digital yang segalanya berkaitan dengan teknologi dan internet, sehingga menjadi aktivitas sehari-hari.

Sebaiknya, jangan sampai kita menjadi budak era ini, lebih baik kita memanfaatkannya dengan sebijak mungkin juga memanfaatkan yang positif saja.

Mengingat kehadirannya yang berkembang pesat, kejahatan cyber sekarang sudah sering terjadi, mulai dari bullying, penipuan, dan lain sebagainya.

Itu adalah masalah besar yang sebaiknya kita hadapi. Kita sebagai pengguna internet, sebaiknya tidak boleh melakukannya untuk kejahatan, mending gunakan sebagai hal positif.

Contohnya sebagai wadah penghasil uang, seperti yang saya sebutkan diatas menjadi Youtuber yang memanfaatkan teknologi berbasis video sebagai penghasil uang..

Nah, jadi kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi dengan hal yang positif, jangan sampai memanfaatkan untuk tindak kejahatan melalui cyber.

Baca Juga : 2 Cara Dapat uang Dari Google Sampai Jutaan Rupiah

Kesimpulan

Jadi, era industri 4.0 adalah fenomena yang merupakan gabungan antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi yang kini segalanya serba mudah dan instan.

Bahkan berkat adanya jaringan internet, makan saja kita enggak perlu masak, cukup dengan menggenggam hape, membuka aplikasi, pesan makan, datang, perut kenyang.

Inilah yang terjadi di era sekarang yang segalanya serba instan, tapi memang ini adalah perubahan jaman yang luar biasa dari waktu ke waktu.

Demikian informasi mengenai era revolusi industri 4.0 saya harap dapat memaklumi jika ada kesalahan dalam pembahasan, dan mudah-mudahan dapat membuat kamu menambah wawasan.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.