RT RW Net: Solusi Jaringan Internet Pelosok Desa

19 Likes comments off

Dewasa ini, di setiap sudut wilayah yang belum banyak tercover jaringan internet ada yang namanya Wifi RT RW Net, dimana ini dikelola oleh perorangan maupun individu yang memiliki usaha jasa penyedia internet di tiap wilayah RT maupun RW.

Sampai detik ini banyak sekali ditemukan yang salah satunya adalah Wifi sistem Voucher yang mereka bangun memudahkan masyarakat dapat menikmati jaringan internet secara global dan dengan harga murah serta kecepatan internet yang stabil.

Seperti yang kita ketahui bahwa internet dijaman sekarang merupakan kebutuhan khusus yang paling penting digunakan, apalagi untuk kebutuhan komunikasi, maka dari itu banyaknya peminat jaringan internet membuat kita semakin dekat dengan bisnis Wifi di pelosok Desa.

Hadirlah para pelaku usaha RT RW Net yang memang diberikan kewenangan oleh Kominfo untuk beroperasi, dan Kominfo pun memberikan kesempatan bagi mereka para pemilik RT RW Net untuk mendapatkan izin edar jaringan internet di setiap kawasan yang mereka cover.

Mengenal RT RW Net

Pengertian RT RW Net adalah penyedia jaringan internet rumahan dan Hotspot Voucher yang seharusnya berada di kawasan yang sulit mendapatkan jaringan internet, baik itu ISP maupun jaringan Seluler. RT RW Net mencakup daerah pedalaman yang membutuhkan akses internet namun tidak dijangkau oleh penyedia jaringan internet Wifi.

Hingga saat ini, para pelaku bisnis Wifi di beberapa wilayah sudah banyak bertebaran hingga kebutuhan internet yang dibutuhkan oleh masyarakat luas terpenuhi dengan sistem pembayaran yang mudah serta internet yang stabil sudah dilakukan penyettingan kestabilan oleh pemilik.

Potensi Penghasilan Bisnis RT RW Net

Jaringan GSM atau seluler yang langsung di HP memang tampaknya sangat terbatas, biasanya tidak sampai ke pelosok, namun masyarakat benar-benar membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk kebutuhan mereka sehari-hari, mulai dari komunikasi, menonton video, bermain game, hingga untuk kebutuhan bisnis.

BACA JUGA:  9 Persyaratan Melamar Kerja yang Harus Kamu Tahu

Disinilah usaha Wifi berbentuk Voucher dan juga Rumahan menjadi peluang usaha di era sekarnag, sehingga potensi penghasilan yang mereka raih sangat tinggi dengan modal yang tidak terlalu tinggi namun berpenghasilan cukup untuk menabung.

Bahkan sampai belasan hingga puluhan juta penghasilan para pemilik usaha Wifi masuk ke kantong mereka secara bersih dan sudah include biaya langganan internet dari penyedia ISP yang memberikan kesempatan untuk seluruh pengusaha Wifi RT RW Net.

Awal yang Menggunakan Alat Sederhana

Tidak perlu menggunakan alat yang lebih tinggi, namun awal dari memulai usaha RT RW Net hanya sealakadarnya saja. Sebut saja menggunakan Mikrotik yang murah sebagai server Wifi rumahan maupun billing Hotspot Voucher yang nantinya di integrasikan dengan aplikasi web server Mikrotik seperti Mikhmon.

Mikrotik yang harganya 800 ribuan saja dengan tambahan alat router wireless yang harganya hanya 100-200 ribuan saja, jadi total alat yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 1 jutaan saja untuk memulai usaha Wifi di rumah dan hanya menjangkau RT setempat saja.

Tapi jangan salah, kalau tetangga atau masyarakat yang berada di sutu RT sangat banyak. contohnya saja ada sekitar 200 orang yang membutuhkan akses internet setiap harinya, jadi total dalam sehari kita mampu menjual 200 lembar voucher bahkan bisa lebih kalau satu orang membutuhkan internet hampir seharian.

Kita patok harga Rp. 2000 dengan masa aktif 2-5 jam, hitung sendiri berapa yang akan kita dapatkan hanya bermodalkan satu jutaan saja. Kemudian kita bisa menerbitkan jangkauan lebih luas lagi kalau usaha kita sudah berjalan dan waktunya melakukan upgrade alat-alat yang dibutuhkan.

Bermitra Ke ISP yang Memberi Peluang

Ada banyak sekali perusahaan penyedia ISP (Internet Service Provider) yang memberikan kewenangan atau memberikan solusi bagi pengusaha RT RW Net. Mereka siap menjadi ISP yang mensuplay bandwith (internet) yang nantinya digunakan sebagai sumber internet.

BACA JUGA:  6 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Jaman Digital

Karena kalau kita membuat internet sendiri dari server misalnya IDC, itu sangat rumit, kita juga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi serta kebutuhan lainnya untuk memaksimalkan kinerja internet yang kita jual kepada para pelanggan nantinya.

Maka dari itu, bermitra kepada ISP resmi adalah solusi terbaik, kita hanya perlu mengajukan pendaftaran dan membayar setiap bulannya berdasarkan kebutuhan bandwith yang kita butuhkan sebagai pengusaha internet di suatu wilayah pedesaan, baik itu RT ataupun RW.

Apakah kamu ingin menjadi pengusaha Wifi RT RW Net? Sementara di dareah kamu belum terjangkau ISP dan jaringan seluler pun tidak stabil bahkan sama sekali tidak ada? Ini adalah kesempatan emas untuk kamu dalam membuka usaha internet sistem Voucher dan Rumahan.

Seberapa Manfaat?

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News