Salah Satu Keuntungan Dari Letak Geografis Indonesia

Salah Satu Keuntungan Dari Letak Geografis Indonesia Adalah Sebagi Berikut

0

Sikalem – Indonesia merupakan negara yang berada di jalur khatulistiwa, sementara itu letaknya juga berada di kawasan geografis, tahukah kamu salah satu keuntungan dari letak geografis indonesia adalah apa?

Ternyata ada banyak keuntungan yang diperoleh dari negara kita sebagai leta geografis, semua itu membuat Indonesia semakin yakin bahwa kita adalah negara yang luar biasa.

Salah satunya mungkin letaknya yang sangat strategis, hingga dilalui jalur perdagangan juga pelayaran, semua itu sudah jelas didapatkan manfaatnya.

Letak Geografis Wiayah Indonesia

Ternyata, Indonesia memiliki dua letak wilayah, yaitu geografis dan astronomis. Sementara itu, letak geografis merupakan letak sebuah wilayah didasari dari posisi atau letak sebenarnya sebuah permukaan di bumi.

Karena Indonesia berada dalam letak geografis, maka Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera.

Salah satunya benua Asia dan benua Australia, serta samudera Pasifik dan samudera Hindia, seperti yang kita lihat dalam sebuah peta itu memang benar adanya.

Letak Geografis Wiayah Indonesia
Letak Geografis Wiayah Indonesia

Dampak Musim di Indonesia

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut lagi terkait salah satu keuntungan dari letak geografis indonesia adalah apa, kita lihat dulu saja musim yang didampaki dari letak ini

Seperti yang kita lihat pada letak geografis diatas yang menyebabkan Indonesia berada antara dua benua dan samudera.

Hal ini menyebabkan Indonesia dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur, sehingga negara Indonesia memiliki dua musim saja, yakni musim hujan dan musim kemarau.

Dan kita memang berfikir kenapa Indonesia hanya memiliki dua musim? Sedangkan negara lain ada musim salju. Ternyata sudah terjawab, itu disebabkan oleh letaknya yang sangat strategis dan berada diantara dua benua dan samudera.

Salah Satu Keuntungan Dari Letak Geografis Indonesia

Salah satu keuntungan dari letak geografis Indonesia adalah letaknya sangat strategis, sehingga berpengaruh terhadap ekonomi, sosial, budaya dan Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas udara serta menjadi jalur perdagangan.

Sementara itu, negara kita yang termasuk dalam letak geografis, membuat keragaman di negara ini juga sangat banyak, dan itu sudah dapat kita pahami bahwa kita adalah negara yang ragam akan budaya.

Salah Satu Keuntungan Dari Letak Geografis Indonesia Adalah
Peta Indonesia

Baca juga : Kehidupan Sosial Budaya Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

1. Indonesia Menjadi Jalur Perdagangan

Kapal-kapal dagang yang berasal dari China, Jepang, serta negara-negara yang berada di Asia timur lainnya yang akan ke Eropa melalui jalur negara Indonesia, begitupun dengan sebaliknya.

Hal ini menunjukkan bahwa letak geografis negara ini sangat menguntungkan, meski memang ini tidak terlalu berpengaruh bagi sebagian orang, namun sangat berpengaruh terhadap ekonomi negara.

2. Indonesia Menjadi Persimpangan Lalu Lintas Dunia

Sebagai negara yang letaknya geografis dan berada di antara dua benua dan dua samudera, ternyata salah satu keuntungan dari letak geografis indonesia adalah menjadi persimpangan lalu lintas dunia.

Baik itu lalu lintas udara dan lalu lintas lautan, memungkinkan akan bersimpang ke negara kita ini.

3. Indonesia Mendapat Pengaruh Peradaban Dunia

Karena letaknya yang berpusat geografis, Indonesia mendapatkan pengaruh dari peradaban dunia. Hal ini tentunya menjadi perhatian dunia yang mana sudah menjadi hal umum.

Maka dengan letaknya yang begitu strategis berkat geografis, Indonesia sebagai salah satu negara yang mendapatkan pengaruh peradaban dunia.

4. Indonesia Mendapat Pengaruh Kebudayaan

Seperti kita tahu bahwa kebudayaan di Indonesia sangat banyak, dari luar dan budaya daerah.

Hal ini sudah bukan rahasia lagi, dengan keragaman budaya, Indonesia menjadi simbol negara yang kaya akan suku dan budaya serta keragaman lainnya.

5. Indonesia Memiliki Dua Musim

Seperti yang sudah dijelaskan ditas bahwa Indonesia saat ini memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau, dan ternyata ini juga sebagai pengaruh dari letaknya loh.

Salah satu keuntungan dari letak geografis indonesia adalah hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan kemarau, tentu kedua musim ini membuat Indonesia menjadi yang kaya akan alam.

Pertanian di Indonesia sangat bagus berkat alam yang di pengaruhi hanya dua musim saja, bayangkan kalau Indonesia memiliki musim salju, gimana nasib para petani?

6. Ekonomi Indonesia Berkembang Lebih Cepat

Indonesia sebagai salah sat negara di Asia yang mengalami perkembangan ekonomi sangat cepat, dan tentu saja hal ini membuat Indonesia semakin membaik dan semakin bagus.

Pengaruh ini terjadi lantaran sudah jelas dari penjelasan-penjelasan diatas yang sangat dipengaruhi oleh berbagai pandangan, padahal hanya letaknya saja yang berada di letak geografis.

So, kamu sudah tahu salah satu keuntungan dari letak geografis indonesia adalah apa saja, dan ternyata sangat banyak juga ya pengaruhnya, dan itu membuat negara kita lebih baik lagi.

Letak Indonesia Negara Geografis
Letak Indonesia

Baca juga : Pandangan Hidup Masyarakat Indonesia Berlandaskan Hal Ini

Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa Indonesia sebagai salah satu negara dengan letak geografis dengan manfaat dan pengaruh yang sangat banyak, bahkan dapat meningkatkan ekonomi dengan cepat, Indonesia memiliki banyak budaya akibat pengaruh dari hal ini.

Oleh karena itu, salah satu keuntungan dari letak geografis indonesia adalah sebagai negara yang memiliki letak strategis dan menjadi pusat berbagai macam sumber perdagangan dan persimpangan lalulintas dunia.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.