Take a fresh look at your lifestyle.

Salah Satu Tujuan Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

Kunci jawaban: salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk apa? Yuk kita cari tahu

0

Sikalem – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap teks memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsi dan tujuannya, seperti salah satunya adalah teks observasi, tahukah kamu salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk apa?

Sebagai bentuk dari teks yang digunakan untuk menafsirkan atau mengasilkalan laporan-laporan tertentu, tidak bisa dimaknai dengan yakin.

Namun yang sebenarnya, teks ini merupakan salah satu dari jenis teks yang dijelaskan dalam KBBI adalah peninjauan dengan lebih cermat dan lebih mengedepankan apa yang sudah dihasilkan.

Lantas, apakah kamu tahu salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk apa? Dengan harapan yang nyata, tentu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari hasil laporannya.

Sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu ya sahabat kalem, coba kita perhatikan beberapa hal yang harus kamu tahu dari teks observasi berikut ini.

Pengertian Teks Observasi

Menuru KBBI, teks observasi adalah peninjauan secara cermat, dalam bahasa Inggris disebut dengan observatory report text (laporan teks observasi).

Teks tersebut merupakan proses yang aktif dan berkesinambungan, dapat kamu pelajari dan juga dapat diajarkan kepada orang yang lainnya.

Dan bahkan kamu bisa memberikan penjelasan kembali kepada yang lainnya dari salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk apa.

Namun tentu selain hal itu, kamu perlu mengamati beberapa hal agar bisa menanggapi itu semua dengan mudah dan kaya akan pengetahuan yang baik.

Pengertian Teks Observasi
Foto: Pngtree

Fungsi Utama Teks Observasi

Teks observasi merupakan kegiatan pengamatan suatu objek untuk meneliti apakah yang terjadi dalam objek-objek tersebut?.

Terdapat beberapa struktur yang seharusnya kamu pahami juga, dan harus menambahkan struktur dalam pembuatan laporan teks observasi, karena dengan struktur yang baik, tentunya akan menghasilkan hasil yang luar biasa.

Baca juga: Uraian atau Informasi Tambahan Pada Suatu Teks Disebut

Baca juga: Bahasa yang Digunakan Untuk Menyatakan Sesuatu Dalam Teks Negosiasi

Tujuan Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk melaporkan hasil observasi secara sitematis dan objektif, aktual dan faktual, karena objektif sendiri berarti memberikan informasi sebuah objek yang jelas.

Tujuan Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi
Foto: Pngtree

Seperti yang sudah kamu lihat sendiri, mungkin tidak seperti apa yang kamu pikirkan, namun ternyata memang benar bahwa teks ini merupakan sebuah hal yang baiknya dapat kamu pahami dengan yakin dan cermat.

Teliti dan seksama, adalah apa yang harus kamu lakukan, lantas apakah kamu tahu beberapa struktur pembuatan teks tersebut?

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kamu harus menuliskan semua yang sudah kamu dapatkan dari hasil meneliti dan menelaah dengan struktural pembuatan yang harus kamu cantumkan, yaitu:

  • Latarbelakang penelitian
  • Dasar teori
  • Asumsi
  • Prosedur penelitian
  • Data penelitian
  • Hasil penelitian
  • Analisi data dan
  • Kesimpulan

Semua hal-hal diatas ada baiknya kamu tambahkan kedalam teks laporan, guna mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan fungsi dan tujuan dari teks observasi itu sendiri.

Nah sahabat kalem, tidak ada lagi yang dapat admin sampaikan, hingga sekarang kamu sudah tahu jawabannya, salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk apa, dan diatas itulah yang sebenarnya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.