Selain Kerajinan, Ini Manfaat Bambu Dikehidupan Sehari-hari

0 35

Banyak orang yang mengetahuinya bahwa bambu dijadikan sebagai bahan kerajinan, namun tahukah kamu? Ternyata bambu memiliki manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Pembuatan boboko, mungkin kamu tahu itu adalah wadah Nasi yang biasa digunakan oleh masyarakat tradisional, dan boboko merupakan manfaat dari kerajinan bambu.

Selain boboko, tentu saja ada banyak sekali kerajinan-kerajinan yang digunakan dan berbahan bambu, namun ternyata bukan cuma kerajinan saja, mau tahu apa saja? Berikut sederet manfaatnya.

Manfaat Bambu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bambu merupakan tumbuhan bertunas yang berbentuk batang, manfaat bambu digunakan sebagai kerajinan seperti kursi, meja, lemari, tempat nasi dan masih banyak lagi.

Namun selain kerajinan, ternyata bambu juga memiliki manfaat yang lainnya seperti pembangunan rumah, mulai dari dinding rumah hingga lantai rumah loh.

Bahkan bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai lauk makanan sehari-hari bagi masyarakat tradisional, gak percaya? Kamu tahu rebung kan? Nah rebung adalah tunas bambu yang biasa dimanfaatkan sebagai lauk.

Baca Juga : 9 Manfaat dan Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

Manfaat Bambu Mulai Dari Batang Hingga Daun

Kita akan tahu daftarnya bahwa ada banyak sekali pemanfaatan dari bambu ini, selain dari batang, daun bambu juga ada manfaatnya loh sahabat kalem. Berikut daftar lengkap manfaat-manfaat bambu selain bahan kerajinan dalam kehidupan sehari-hari.

Batang Bambu

Batang Bambu
Batang Bambu

Batang bambu bermanfaat sebagai bahan kerajinan, namun selain kerajinan batang bambu juga dapat dijadikan sebagai bangunan rumah, baik itu gedung maupun rumah tradisional, pun berfungsi sebagai penyangga, pancuran, dan masih banyak lagi.

Bagi gedung, biasanya bambu dijadikan untuk menopang bahan-bahan bangunan yang sedang berjalan, dan tentu saja karena kekuatannya bangunan tersebut akan sangat kokoh.

Sedangkan bagi rumah tradisional, bambu juga dapat dijadikan sebagai tiang, dinding yang disebut bilik, reng, atas hingga lantai, tentu saja ini merupakan pemanfaatan bambu yang luar biasa.

Mungkin sebagian orang hanya tahu kalau bambu hanya digunakan sebagai kerajinan seperti kursi, wadah nasi, sair, nyiru, dan lainnya, namun batang bambu pun dapat dijadikan sebagai alat pembuat makanan khas Sunda, yaitu Lemeng.

Kemudian, batang bambu juga berguna dalam tiang-tiang, selain tiang bangunan, mungkin ketika kamu berkunjung ke kampung, melihat tempat jemuran yang terbuat dari batang bambu, ya itu adalah salah satu manfaat dari tanaman bambu selain sebagai bahan kerajinan.

Baca Juga : 6 Ciri-ciri Kingdom Plantae Beserta Jenis dan Pengertiannya

Rebung/Tunas Bambu

Rebung
Rebung

Kalau dikota memang agak sulit nemuinnya, tapi kalau kamu berkunjung ke kampung admin kesini, kamu pasti akan mudah mendapatkan makanan yang terbuat dari bambu.

Lah kok, makanan dari bambu? Yups benar sekali, rebung yang merupakan tunas bambu yang masih kecil dijadikan sebagai makanan khas orang kampung, admin juga sering loh makan rebung.

Rasanya yang enak, tak terkalahkan, bisa di tongseng, di angeun, dan diapain saja rasanya tetap enak dan khas, dijamin mau dan mau lagi kalau kamu mencioba mencicipinya.

Daun Bambu

Daun Bambu
Daun Bambu

Selain hanya sebagai daun, masyarakat tradisional memanfaatkan daun bambu untuk bungkus-bungkus makanan, seperti wajik, bahkan juga dijadikan sebagai obat-obatan loh sahabat kalem.

Ternyata tanaman yang dikenal sebagai bahan untuk kerajinan semata ini ada banyak sekali ya manfaatnya. Sesekali main ke kampung, kamu nanti bakal tahu lebih banyak lagi manfaatnya.

Karena selain diatas, masih ada banyak lagi loh, salah satunya batang bambu yang digunakan untuk membuat joran pancingan, lagi lebih hemat dan rasa banget tradisionalnya.

Sahabat kalem, apakah kamu sudah mengetahuinya sejak jauh-jauh hari apa saja manfaat dari bambu ini? Sayangnya minim banget pengetahuan, namun admin hadir untuk menemani sahabat-sahabat kalem.

Bambu Hiasan

Bambu Hiasan
Bambu Hiasan

Bambu pun dapat dijadikan sebagai hiasan, apalagi ada tuh bambu-bambu yang berukuran kecil serta terlihat sangat imut, itu merupakan bambu hias yang tentu dimanfaatkan untuk menghias halaman rumah maupun pinggir jalan.

Akan tetapi, selain bambu hias, bambu yang umum digunakan pun bisa dimanfaatkan untuk hiasan, ada loh lukisan-lukisan yang dibuat dari bambu, seperti pembuatan nama, gambar dan lainnya.

Orang-orang kreatif pasti bisa melakukan itu, bahkan admin pun sering melihat sewaktu masih kecil dulu, tapi sekarang kayanya sudah jarang, hanya ada beberapa saja.

Baca Juga : Tumbuhan Paku : Jenis, Ciri dan Contoh Tumbuhan Paku

Hiasan bambu juga bisa banyak digunakan, bahkan kamu sering melihat kalau dikampung-kampung ada tuh saung-saung depan rumah yang dibuat dair bambu.

Kemudian kalau pas hari kemerdekaan Indonesia itu ada gapura yang dibuat dari bambu, dan ini nih manfaatnya adalah pembuat gapura-gapura yang ada di setiap bangunan.

Jadi salah satu manfaat dari tanaman bambu selain sebagai bahan kerajinan itu adalah dapat dijadikan sebagai penyangga, gapura, hiasan, juga sebagai makanan dan bangunan.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai manfaat bambu, semoga saja apa yang tertulis diatas bermanfaat dan membuat kamu lebih banyak ilmu lagi.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.