Serat Sutra Dimanfaatkan Oleh Manusia Sehingga Menjadi Benang yang Berasal Dari

Kain Sutra yang Dimanfaatkan Oleh Manusia Sehingga Menjadi Sebuah Benang

0

Sikalem – Pemanfaatan alam yang dilakukan oleh manusia memang sudah menjadi kepentingan tersendiri, lantas serat sutra dimanfaatkan oleh manusia sehingga menjadi benang yang berasal dari apa?

Hal ini mencakup pada kerajinan, kita tahu bahwa benang merupakan salah satu kerajinan yang sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhan sehari-hari.

Benang dapat dibuat dan dijadikan sebagai bahan kain, benang juga dimanfaatkan sebagai alat untuk memperbaiki kain, dan mungkin hal ini juga sudah kamu ketahui sejak dulu.

Lalu, serat sutra dimanfaatkan oleh manusia sehingga menjadi benang yang berasal dari apa ya? Disini kamu tentunya akan tahu.

Mengetahui Kain Sutra

Kain Sutra
Kain Sutra, Foto : Istimewa

Sebelumnya alangkah lebih baik jika kamu tahu apa itu kain sutra. Kain yang berasal dari negeri China ini pertama kali ditemukan oleh Ratu Xi Ling-Shi ribuan tahun yang lalu.

Awalnya dia mencoba menarik serat yang ada pada sebuah kepompong, hingga kini kain sutra dikenal oleh kalangan luas hingga menjadi kain yang fenomena.

Kain sutra bertekstur sangat lembut dan mulus, tapi meskipun teksturnya mulus dan lembut, kain sama sekali tidak licin.

Makanya banyak orang yang mencari kain tersebut untuk kebutuhan tersendiri. Dan ya itu adalah sebuah hal yang wajib kamu ketahui tentang kain sutra.

Serat Sutra Dimanfaatkan Manusia Menjadi Benang

Serat sutra merupakan protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstik, serat sutra dimanfaatkan oleh manusia sehingga menjadi benang yang berasal dari kepompong, dihasilkan dari sebuah larva ulat murbei yang diternak.

Kepompong sendiri merupakan satu dari stadium kehidupan serangga yang mengalami metamorfosis. Dimana dia memiliki 4 tahap metamorfosis, yakni embiro, larva, pupa, serta dewasa.

Kepompong Ulat Sutra
Kepompong Ulat Sutra, Foto : Istimewa

Yang sekarang kita kenal mungkin sudah tidak asing lagi, bahwa kepompong dimanfaatkan oleh manusia, diternak untuk diambil serat sutranya menjadi sebuah kain yang disebut kain sutra.

Baca juga : Yang Termasuk Bahan Lunak Dalam Membuat Patung Adalah

Baca juga : Bahan Benang yang Digunakan Untuk Pembuatan Kain Katun

Pemanfaatan Kain Sutra

Seperti yang kita ketahui, bahwa serat sutra dimanfaatkan oleh manusia sehingga menjadi benang yang berasal dari apa, maka kamu pun harus tahu pemanfaatan yang dilakukan dari kain sutra.

Kain yang terbuat dari serat sutra yang berasal dari kepompong ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pakaian, kain tenun, juga selendang yang berkualitas sangat tinggi.

Kain ini umumnya dijual lebih tinggi, itu memang wajar dikarenakan kualitas dari kain tersebut tidak terkalahkan, sangat tinggi dan sangat membuat kita mengaguminya.

Seperti salah satu kualitasnya yang sudah kita sebutkan, lembut dan halus, tetapi sama sekali tidak licin dan tidak lentur.

Kesimpulan

Diambil dari bahan alami untuk membuat sebuah benang, siapa sih yang tidak tahu dengan sutra yang berasal dari kepompong ini? Bahkan sudah dikenal luas di kalangan dunia, di Indonesia saja sudah tidak asing lagi tentunya.

Nah, kita sekarang sudah tahu bukan serat sutra dimanfaatkan oleh manusia sehingga menjadi benang yang berasal dari apa, semoga saja pembahasan diatas bermanfaat ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.