Siapa yang Harus Bertanggung Jawab Untuk Mencegah Terjadinya Pelanggaran HAM?

Ini yang Harus Bertanggung Jawab Dalam Mencegah Terjadinya Pelanggaran HAM

0

Sikalem – Dalam menghindari dari pelanggaran Hak Asasi Manusia, lantas siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM? Nah ini nih yang perlu kita bahas untuk lebih lanjut lagi.

Terjadinya pelanggaran HAM diakibatkan dari berbagai faktor, penyebab pelanggaran HAM terdapat dua faktor internal dan eksternal. Dan disini kita akan tahu siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM.

Pelanggaran HAM seharusnya tidak terjadi, karena setiap manusia memiliki hak asasinya masing-masing. Untuk mencegahnya, tentu saja harus diterapkan hukum kepada yang melanggarnya.

Beberapa hal penting harus kita ketahui bahwa dengan melanggar hak asasi manusia atau HAM sangat merugikan orang yang kita langgar dan diri kita sendiri.

Karena HAM dilindungi oleh hukum, maka dengan adanya undang-undang HAM, diharapkan pelanggaran-pelanggaran ini tidak terjadi dalam bentuk apapun.

Hukum dan HAM

Ketika seseorang melanggar hak asasi manusia, itu artinya dia melanggar hukum dan harus berurusan di pengadilan. Banyak sekali kesalahan yang membuat kita tidak sengaja melanggar HAM, ternyata masih banyak orang masih banyak melakukan pelanggaran tersebut.

Lantas, siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM?

Pertanyaan seperti ini harusnya dapat terjawab, tapi juga bukan hanya terjawab saja, melainkan pelanggaran HAM tidak lagi terjadi.

Meskipun yang telah admin telusuri, masih banyak orang-orang yang sesuka rela mereka melanggar hak asasi orang lain, dan ini sangat buruk.

Yang Bertanggung Jawab Untuk Mencegah Terjadinya Pelanggaran HAM

Yang Bertanggung Jawab Untuk Mencegah Terjadinya Pelanggaran HAM
Perlindungan Hak Asasi Manusia, Foto : Istimewa

Hak Asasi Manusia dilindungi oleh Pasal 28 I ayat (4) UUD-1945 bahwa perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah. Yang berarti Pemerintah lah yang bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM.

Oleh karena itu, karena pencegahan terjadinya pelanggaran HAM di tanggung jawabi oleh Pemerintah, maka Pemerintah membentuk organisasi yang bernama KOMNAS HAM dari pihak kepolisian.

Tentu saja, KOMNAS HAM adalah organisasi yang memiliki kewenangan terhadap Hak Asasi Manusia dalam mencegah terjadinya pelanggaran HAM.

Lantas, apakah kamu masih bertanya siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM? Sudah jelas sekali bahwa urusan ini adalah tanggung jawab dari pemerintah dan sudah membentuk organisasi dari kepolisian.

Baca juga : Pengertian Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Hukuman Bagi Pelanggar HAM

Dalam undang-undang nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM pada Pasal 36 yang berbunyi “Setiap orang yang melakukan berbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 huruf a, b, c, d dan e dipidana dengan pidana mati atau pidana seumur hidup atau pidana paling lama dua puluh lima tahun dan paling singkat sepuluh tahun”.

Undang-undang yang berlaku tentu saja jawaban dari siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM yang menjadi tanggung jawabnya.

Maka, orang-orang yang melanggar Hak Asasi Manusia akan dipidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku yang sudah diterbitkan oleh Pemerintah Negara Indonesia.

Maka dari itu, bagi kamu yang tidak mau berurusan dengan hukum dan pengadilan, jangan pernah melakukan pelanggaran ini, meskipun memang hal sepele tapi tetap dilindungi oleh hukum.

Hak Asasi Manusia
Hak Asasi Manusia, Foto : Istimewa

Hargai Hak Asasi Orang Lain

Lebih baik kamu menghargai dan menghormati Hak Asasi orang lain, karena setiap manusia memiliki Hak sejak dia lahir, dan bahkan menurut para ahli ada yang mengatakan sejak dia masih dalam kandungan..

Nah, sahabat kalem, sekarang kita sudah tahu kan siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM? Maka dari itu, dengan jawaban diatas seharusnya membuat kita semua sadar.

Hak yang ditanggung jawabi oleh pemerintah membuat kita sadar untuk tidak melanggarnya, setiap aturan-aturan harus kita patuhi karena NKRI adalah negara Hukum.

Artinya kita wajib mematuhi hukum yang berlaku di negara kiat, kita wajib mematuhi aturan-aturan yant ada di negara kita, kalau melanggar, berarti kita akan masuk ke gedung pengadilan untuk segera di hukum.

Kesimpulan

Setelahnya, barangsiapa yang melanggar Hak Asasi Manusia dalam bentuk apapun itu, mereka harus ditindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku tentang penegakan HAM, apalagi setiap orang memiliki Haknya masing-masing yang wajib kita hormati.

Sebagai warga negara yang baik, jangan sampai kita melanggar-melanggar semua undang-undang yang sudah ditetapkan secara resmi dalam melindungi masyarakat, karena sepenuhnya bahwa undang-undang memang difungsikan sebagai pelindung masyarakat dari kejahatan.

Maka dari, siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM sudah kita ketahui, semoga saja tidak ada lagi pelanggaran HAM terjadi.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.