Struktur Teks Prosedur Kompleks Yaitu Berikut Ini

Dalam beberapa yang penting untuk kamu cantumkan, struktur teks prosedur kompleks yaitu berikut ini

0

SikalemTeks prosedur kompleks merupakan teks prosedur yang terdiri dari berbagai langkah, struktur teks prosedur kompleks yaitu bisa kamu simak dengan pembahasan yang abadi ini.

Langkah-langkah dari teks prosedur kompleks berjenjang dengan sub-langkah pada setiap langkah-langkahnya.

Dan mungkin kamu merasa akan sangat bingung dengan pengertian yang dijelaskan diatas, tapi itu singkat saja agar tidak terlalu bingung yang mendalam.

Karena pada pembahasan yang luar biasa ini, kita akan difokuskan terhadap struktur teks prosedur kompleks yaitu apa saja.

Dan itupun sudah dirangkum sebagaimana dengan apa yang terjadi pada beberapa pengertian dan secara harfiah menurut penjelasan yang sebenarnya.

Lalu, bagaimana struktur teks prosedur kompleks? Mari kita simak pada pembahasan yang secara terurai dibawah ini dan dapat kamu simak dengan seksama.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur Teks Prosedur Kompleks
Ilustrasi

Struktur teks prosedur kompleks yaitu:

  • Judul
  • Tujuan
  • Material
  • Langkah-langkah
  • Penegasan ulang

Jadi, kalau kamu menemui sebuah pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda, maka jawabannya adalah tujuan-langkah-langkah.

Karena apa? Coba kamu lihat kembali pada struktur diatas, meskipun dalam jawaban tidak semuanya tertulis, namun ada beberapa yang ditulis.

Dan itu menyertai serta mewakili semua struktur yang sebenarnya, sehingga menjadi lebih singkat tapi sangat akurat dan tepat.

Baca juga: Berikut Ini yang Merupakan Struktur Teks Eksplanasi Adalah

Baca juga: Salah Satu Tujuan Pembuatan Teks Laporan Hasil Observasi

Langkah-langkah Membuat Teks Prosedur Kompleks

Secara general, struktur teks prosedur kompleks yaitu yang sudah dijelaskan diatas, maka apakah kamu yakin tidak ingin mengetahui bagaimana cara membuat teks prosedur kompleks?

Nah, sebagai masukan dari admin dan bonus untuk kamu agar lebih lengkap pembahasannya, maka berikut ini adalah langkah-langkah membuat teks prosedur.

Langkah-langkah Membuat Teks Prosedur Kompleks
Ilustrasi

1. Menemukan dan Tentukan Topik

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencari dan menemukan topik terlebih dahulu, atau bisa juda disebut dengan tema.

Secara harfiah, menentukan topik sangat penting agar kamu tahu kira-kira apa yang akan kamu buat dalam kalimat teks prosedur itu.

2. Setelah itu, Kumpulan Sumber Informasi

Jika kamu sudah menemukan dan menentukan topk atau tema, sekarang kamu tinggal mengumpulkan sumber-sumber informasi yang akan kamu buat pada sebuah teks prosedur.

Contohnya, kamu akan membuat teks prosedur tentang membuat makanan khas daerah, maka kamu carilah dari beberapa sumber yang dapat kamu jadikan referensi.

3. Buatlah Sebuah Kerangka

Lalu sekarang kamu tinggal membuat kerangka, yang dimaksud dengan kerangka ini merupakan garis besar langkah-langkah yang harus kamu buat.

Contohnya kamu membuat kerangka yang sudah kamu susun yaitu:

  • Menyiapkan bahan
  • Mengaduk bahan
  • Memasak
  • Menghidangkan
  • Dan lain-lain

Tujuannya yaitu agar para pembaca mengetahui secara persis bahwa kamu memberikan mereka pengetahuan bagaimana cara membuat makanan tersebut.

4. Memperhatikan Struktur

Karena ini sangat penting, kamu harus memperhatikan struktur dalam pembuatannya, dimana struktur teks prosedur kompleks yaitu dapat kamu perhatikan kembali pada paragraf sebelumnya.

Dengan ini, kamu pasti akan mudah mengertikan langkah-langkah mudah dalam pembuatan teks prosedur ya.

5. Kembangkan Paragraf dan Susun Teks Prosedur

Ketika kamu sudah menentukan topik dan mulai menulis kalimat, maka perhatikan paragraf.

Sekarang waktunya kamu menyusun kata-kata sesuai dengan topik apa yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Buatlah secara detail dari langkah-langkah pada topik agar menjadi paragraf yang utuh, guna membuat para pembaca mengerti apa yang kamu maksud dalam kalimat teks prosedur tersebut.

Susun semua yang sudah kamu kumpulkan agar menjadi pembahasan yang sempurna, sementara untuk tujuan dan material buat saja secara singkat ya, tapi terurai dan jelas.

Nah sahabat kalem, jadi pembuatannya mungkin seperti itu juga struktur teks prosedur kompleks yaitu dapat kamu simak secara jelas yang sudah ditentukan diatas.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.