Tanaman yang Dapat Dijadikan Sebagai Indikator Terjadinya Pencemaran Air

Apa Tanaman yang Dapat Dijadikan Sebagai Indikator Terjadinya Pencemaran Air?

0

Karena pencemaran air itu akan sangat buruk bagi kehidupan, dan kita akan tahu tanaman yang dapat dijadikan sebagai indikator terjadinya pencemaran air adalah apa?

Terutama ini sangat penting untuk kehidupan kita agar dapat mengindikator air dari pencemaran yang akan mengakibatkan kita kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Tanaman yang Dapat Dijadikan Sebagai Indikator Terjadinya Pencemaran Air

Tanaman yang Dapat Dijadikan Sebagai Indikator Terjadinya Pencemaran Air Adalah
Eceng Gndok : Foto Istimewa

Tanaman hidrofit adalah salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai Indikator terjadinya pencemaran air, salah satu tanaman hidrofit yaitu Eceng Gondok. Alasannya, karena observasi terhadap tanaman tersebut sangat mudah.

Sahabat kalem, mungkin kamu juga sering sekali melihat eceng gondong banyak di tanam di embung, atau pun yang lainnya.

Baca juga : Jenis Limbah Pertanian yang Mengakibatkan Pencemaran Lingkungan

Bukan tanpa alasan tentunya, bukan cuma hiasan, dan bukan juga sebagai sumber makanan ikan. Namun akan berguna sebagai indikator air yang tercemar.

Meskipun memang eceng gondok banyak ditemukan, tapi sayangnya masih banyak yang tidak menyadari bahwa tanaman ini jenis hidrofit yang mampu mengindikator pencemaran air.

Peran Air Kehidupan

Mendapatkan air yang bersih itu sulit, sehingga kita perlu banyak-banyak berfikir. Dan mungkin tanaman yang dapat dijadikan sebagai indikator terjadinya pencemaran air adalah apa yang sudah admin jelaskan diatas bisa membuat kamu sadar.

Meskipun memang tidak begitu meyakinkan, namun terlebih lagi untuk embung yang dimanfaatkan sebagai budidaya ikan, misalnya nila.

Kamu tentunya perlu merawat embung itu agar tidak tercemar, jika tercemar yang pasti ikan tidak akan hidup dengan sepantasnya.

Makanya perlu menaman apa yang harus kamu tanam pada air, selain eceng gondok mungkin masih banyak juga tanaman hidrofit yang dapat dijadikan indikator pencemaran air.

Baca juga : 5 Syarat Kimia Dalam Pengelolaan Air

Kesimpulan

Sahabat kalem, kita kembali kepada kesadaran untuk bisa membuat hidup kita lebih nyaman dan lebih baik. Kalau bukan kita sendiri yang menyadarinya, lantas siapa lagi? Sedangkan kita adalah diri yang merasakan itu semua.

Jadi, tanaman yang dapat dijadikan sebagai indikator terjadinya pencemaran air adalah apa yang sudah admin jelaskan diatas, semoga saja bermanfaat dan bisa kamu cerna dengan semestinya ya sahabat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.