Teknik Dasar Permainan Bola Voli Dan Pengertiannya

0 12

Voli merupakan permainan dua regu yang memiliki 6 orang per-regu, bermain voli tidak sembarangan, maka kamu harus tahu teknik dasar permainan bola voli agar tidak salah saat bermain.

Dalam pembahasan kali ini admin akan fokus terhadap teknik dasar permainan bola voli yang sebaiknya kamu catat, terutama ini adalah tugas sekolah mata pelajaran Olahraga.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Sebenarnya ada 4 teknik, akan tetapi yang sepenuhnya ada beberapa yang harus kamu pelajari dan harus kamu ketahui agar semakin mudah saat bermain.

Berikut ini admin berikan teknik-tekniknya.

1. Teknik Servis

Teknik Dasar Permainan Bola Voli Servis
Gambar/perpustakaan.id

Servis adalah teknik pertama dalam permainan bola voli, ketika permainan dimulai, maka harus dilakukan dengan servis yaitu pukulan pertama yang dilakukan ke kandang lawan.

Servis terbagi menjadi beberapa bagian atau jenis, berikut adalah jenis-jenis servis dalam permainan bola voli.

1. Servis Atas

Servis atas adalah pukulan pertama yang dilakukan dalam permainan bola voli. Servis atas dilakukan dengan cara bola di lambungkan sedikit ke udara kemudian dipukul dengan telapak tangan. Mungkin ini juga dinamakan Overhead atau Float Service.

2. Servis Bawah

Merupakan service yang dilakukan dengan melambungkan sedikit bola, lalu di pukul dengan tangan yang dikepalkan. Berbeda dengan servis atas yang dilakukan dengan telapak tangan, cara ini adalah cara paling mudah.

3. Servis Samping

Jika servis samping dilakukan, berarti pemukulan dengan posisi menghadap sisi lapangan, kemudian bola dilambungkan sedikit lalu dipukul dengan telapak tangan hingga melaju ke kandang lawan.

2. Teknik Passing

Teknik Passing
Gambar/jurnalponsel.com

Teknik dasar permainan bola voli yang kedua adalah passing. Teknik Passing merupakan upaya mengoper atau membagi bola kepada tim dalam area untuk mengontrol sebelum dipukul ke arah lawan.

Dalam permainan bola voli, teknik passing atau mengoper bola ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu passing bawah dan passing atas.

1. Passing Bawah

Yaitu memantulkan bola melalui arah bawah yang dilakukan dengan cara jari-jari mengepal. Biasanya setelah passing bawah dilakukan lanjut dengan passing atas untuk melakukan smash.

2. Passing Atas

Yaitu berbagi bola melalui atas yang dapat dilakukan oleh para pemain. Cara ini juga dapat dilakukan yang nantinya akan langsung melakukan teknik smash, yaitu pukulan mati agar mengalahkan lawan.

Untuk melakukan passing tidak boleh lebih dari tiga kali, hanya boleh melakukan psasing atau pembagian bola maksimal tiga kali saja, tentu berbeda dengan permainan bola sepak (FootBall).

3. Teknik Smash

Teknik Smash
Gambar/resaja.com

Teknik dasar permainan bola voli yang berikutnya adalah Smash. Teknik smash merupakan teknik menyerang ke arah lawan, dimana bola yang dilambungkan oleh teman tim dipukul oleh temannya lagi yang sudah bersiap-siap untuk menyerang.

Pukulan yang dilakukan tidak boleh sembarangan, dipukul dengan menggunakan telapak tangan sekeras tenaga hingga lawan tidak dapat menahan (Blocking) bola, lalu tidak boleh keluar lapangan karena itu membuat kita kalah satu point.

Teknik smash juga harus dilakukan dengan lompatan tinggi berdasarkan tinggi bola yang akan di smash atau dipukul secara keras kearah lawan yang kita hadapi itu.

4. Teknik Blok

Teknik Bkok
Gambar/gurupendidikan.com

Teknik Blok atau Blocking juga salah satu teknik dasar permainan bola voli. Blocking dilakukan untuk menahan bola yang dipukul oleh lawan, mislanya lawan melakukan pukulan smash, kita harus bisa memblock bola itu agar tidak jatuh.

Caranya dengan menghadap ke arah lawan yang akan melakukan smash tadi, lalu tangan kita mengacungkan dengan tenaga keatas agar dapat menahan bola, baik itu smash maupun pukulan lainnya.

Jika bola berhasil di block dan bola jatuh di kandang lawan, maka poin 1 untuk team kita, kemudian sebaliknya jika tidak terblock dan bola jatuh di kandang kita maka point untuk mereka.

Baca juga : Bola Kasti : Bentuk dan Ukuran Lapangan Kasti

Nah jadi itulah teknik dasar permainan bola voli yang dapat kamu catat agar bisa bermain dengan sempurna atau mengisi soal ujian seputar volleyball yang diberikan oleh guru olahraga.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.