Tembung Andhahan: Arti, dan Contoh Tembung Andhahan Yaiku

Dalam bahasa Jawa, soal terkait tembung andhahan yang dapat kamu simak berikut ini akan saya jelaskan berdasarkan arti, pengertian dan contohnya yang bisa kamu simak berikut

0

Sikalem – Saat kamu menemukan pertanyaan tembung andhahan mungkin yang kamu pikirkan bagaimana mengartikan pengertian dari kata ini? Sedangkan kata ini menjadi soal dalam mata pelajaran tersebut.

Tapi kata tersebut sepertinya tidak begitu sulit untuk kita pahami. Sebagaimana dalam kamus bahasa Jawa, dalam artikel ini kita akan mengulas tuntas yang dimaksud tembung andhahan.

Kamu tentunya tidak akan pernah mendapati pengertian dar tembung andhahan ini, karena istilah ini menjadi hal yang sangat rumit jika diartikan dengan benar-benar arti yang sama.

Tertulis dalam beberapa sumber, saya sudah berhasil menemukan serta merangkum hingga menjadi sebuah artikel singkat untuk kamu agar mudah memahami apa yang saya jelaskan disini.

Tembung Andhahan Yaiku

Tembung Andhahan yaiku tembung kang wis owah saka asale. Artinya tembung andahan adalah sebuah “kata” yang telah berubah dari kata asalnya.

Kata-kata seperti ini sepertinya sudah sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja penggunaan bahasa gaul yang dipelesetkan juga menjadi salah satunya.

Semimsal, penggunaan kata Dzalim, diganti menjadi Solimi. Tapi ini bukan yang sedang kita bahas, hanya bocoran saja, karena kita juga akan menemukan beberapa contoh kata yang sudah saya rangkum.

Contoh Kata Tembung Andhahan

Pembahasan tembung andhahan yang sudah dijelaskan diatas sebaiknya dapat kamu pahami, yaitu sebuah kata yang berubah dari kata asalnya.

Baca juga: Kadang Tegese : Jawaban Makna Kadang

Baca juga: Kunci Jawaban : Tembung Nggurit Tegese

Dan sudah saya temukan beberapa kata tersebut, coba kamu perhatikan berikut ini contoh tembung andhahan yaiku dibawah ini.

Kata Asal (Jawa)Kata yang Berubah (Jawa)
LumpeKalimpe
LumpatKalumpat
LakuMlaku
TandurNandur
BalingMbaling
TekaTekani
BapakBapake
GendhongNggendhong
PandengMandeng
SandhungKesandhung
LilahPalilah

Contoh diatas dapat kamu lihat bahwa kata asal yang digunakan berbeda dengan kata yang diucapkan, dan ini yang disebut dengan andhahan.

Dan mungkin saya tidak memberikan komentar dengan lebih, oleh karena itu, saya harap pada pembahasan diatas bisa dipahami dengan sempurna oleh kamu.

Mudah saja, bahwa tembung andhahan yaiku sebuah kata yang berbeda dari kata asalnya, seperti pada contoh yang sudah saya tulis diatas.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.