Tenaga yang Banyak Merusak Bentuk-bentuk Permukaan Bumi Adalah Tenaga Ini

Perlu kamu ketahui, tenaga yang banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi adalah tenaga berikut ini

Tenaga yang Banyak Merusak Bentuk-bentuk Permukaan Bumi Adalah Tenaga Ini
Tenaga yang Banyak Merusak Bentuk-bentuk Permukaan Bumi Adalah Tenaga Ini

SikalemTenaga yang banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi adalah tenaga yang akan kita bahas kali ini untuk menambah ilmu pengetahuan untuk sahabat kalem yang tak lelah mencari ilmu.

Sekarang kita mulai membahas bagian dari bumi atau bahasa geografi yang mana sebuah tenaga yang bisa merusak bumi, disini kamu akan tahu tenaga apa yang menyebabkan bumi rusak?

Hal itu tentu saja bukan tanpa alasan, dan untuk mendapatkan pengertian dari tenaga tersebut kita juga akan membahasnya disini berdasarkan ilmu pengetahuan alam yang telah admin temukan.

Tahukah kamu, tenaga yang banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi adalah tenaga apa? Bentuk bumi yang dapat rusak dikarenakan tenaga tersebut, sebaiknya perlu kamu perhatikan lebih lanjut.

Baca juga: Peristiwa yang Berhubungan Dengan Naiknya Magma Dari Dalam Perut Bumi Disebut?

Baca juga: Benua Terluas di Permukaan Bumi Adalah Benua Ini

Tenaga yang banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi adalah tenaga

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang dapat merusak bentuk-bentuk permukaan bumi, tenaga ini berasal dari luar permukaan bumi, kerusakan akibat tenaga eksogen karena bumi merubah bentuk bumi.

Salah satu contoh yang diakibatkan oleh tenaga eksogen atau tenaga yang merubah permukaan bentuk bumi adalah tanah longsor. Pada intinya, eksogen adalah tenaga yang merombak bentuk permukaan bumi.

Tanah yang longsor dan merupakan bentuk dari perubahan akibat tenaga eskogen, yaitu terjadi karena pengaruh angin ataupun hujan.

Seperti yang dapat kita lihat dan perhatkan pada peristiwa tersebut mengakibatkan permukaan bentuk bumi berubah dan itu juga bisa dikatakan merusak bentuk bumi.

Pelapukan bumi dari tenaga eksogen
Ilustrasi pelapukan

Contoh-contoh Tenaga Eskogen

Seperti yang telah kita temukan pembahasannya diatas, bahwa tenaga yang banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi adalah tenaga eksogen, dan sedikit contoh telah admin jelaskan.

Namun, agar kamu lebih memahami secara mendalam, maka admin rasa untuk memberikan beberapa contoh itu lebih baik, dan berikut adalah contoh tenaga eksogen, diantaranya:

  • Tanah yang longsor
  • Pelapukan
  • Erosi
  • Sedimentasi
  • Ablasi
  • Deflasi
  • Korosi
  • Abrasi
  • Eksarasi

Beberapa tenaga diatas merupakan bagian dari tenaga eksogen, dimana tenaga ini merupakan tenaga yang berada dari luar permukaan bentuk bumi dan dapat merubah bentuk bumi secara langsung.

Dari penjelasan yang telah admin bahas diatas, mungkin diantara kalian ada yang merasa bahwa jawabannya tidak sesuai dengan pilihan ganda.

Namun sesungguhnya itu adalah jawaban yang tepat sesuai dengan tenaga yang benar-benar merubah bentuk permukaan bumi yang utuh.

Akhir kata, tenaga yang banyak merusak bentuk-bentuk permukaan bumi adalah tenaga yang telah admin jelaskan diatas, semoga kamu bisa memahami dan mencerna lebih baik agar wawasan semakin tinggi ya sahabat kalem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.