Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

0 4

Banyak masyarakat Indonesia yang menganggap bahasa Inggris termasuk salah satu pelajaran yang sulit untuk dikuasai, padahal dengan sedikit tips belajar bahasa Inggris, menguasai bahasa international ini tidak berbeda dengan menguasai bahasa daerah seperti Sunda, Jawa atau Betawi.

Penyebab utama Anda merasa bahasa Inggris sulit dipelajari adalah karena jarang digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Padahal dalam menguasai bahasa baru, kita perlu menggunakannya dalam hal sekecil apapun. Meskipun itu hanya saat bermain game, menonton film, percakapan singkat atau bahkan mendengarkan musik.

Nah untuk Anda yang punya masalah sama, kali ini kami akan membagikan tips belajar bahasa Inggris agar lebih mudah dan cepat lancar.

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Agar Cepat Lancar

Sebenarnya ada banyak cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak alias secara mandiri tanpa harus mengikuti kursus tertentu. Apalagi di era modern seperti saat ini, ada banyak situs dan media yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar online.

Namun agar proses belajarnya tetap terarah dengan benar, silahkan ikuti beberapa tips menguasai bahasa Inggris berikut ini.

Baca Juga : 9 Tips Wawancara Kerja yang Bikin HRD Luluh

Pelajari dari Materi Paling Dasar Dahulu

Umumnya materi belajar bahasa Inggris untuk pemula yang paling dasar dimulai dengan mengetahui bentuk kalimat. Layaknya bahasa Indonesia yang memiliki bentuk kalimat SPOK, bahasa Inggris juga punya bentuk kalimat yang disebut “tenses”. Bentuk tense juga ada beragam, namun yang wajib Anda pelajari paling pertama ada 5 bentuk. Yaitu :

  • Simple Present Tense
  • Simple Past Tense
  • Simple Perfect Tense
  • Simple Present Continuous Tense
  • Simple Future Tense

Jika kelima bentuk tersebut sudah hapal, tahapan berikunya adalah memperkaya kosa kata alias vocabulary. Kedua langkah ini saja sebenarnya modal yang cukup bila Anda ingin melakukan percakapan dengan bule.

Membaca Kamus dan Menulisnya Kembali di Buku Catatan

Salah satu cara mudah belajar bahasa Inggris untuk pemula yang ingin memperbanyak kosa kata adalah dengan membaca kamus setiap hari selama 15 menit. Kemudian, tulis kembali kata apa saja yang Anda ingat selama 15 menit tersebut di buku catatan.

Akan lebih baik lagi jika Anda membuat satu kalimat singkat bermodalkan tense yang sudah dipelajari dengan menggunakan kosa kata baru yang dibaca. Dengan begitu, Anda bisa punya bayangan kapan kata tersebut bisa digunakan dalam sebuah percakapan.

Memang tidak semua kata yang ada di dalam kamus akan kita gunakan dalam sebuah percakapan. Namun secara tidak sadar, cara ini akan sangat membantu Anda menghindari kesulitan mencari kosa kata dalam bahasa Inggris ketika sedang mengobrol dengan bule.

Hafalkan Lirik Lagu Bahasa Inggris atau Tonton Film Luar Negeri Tanpa Teks

Lagu dan film menjadi salah satu media belajar bahasa asing secara online yang paling menyenangkan. Oleh karena itu, tips belajar bahasa Inggris yang berikutnya adalah dengan menghafalkan lirik lagu dalam bahasa Inggris atau menonton film Hollywood tanpa teks Indonesia.

Kedua cara ini bisa membantu Anda memahami dan menggunakan struktur kalimat bahasa Inggris non formal dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu, menghafalkan lirik lagu bahasa Inggris juga bisa membantu Anda mengenal kosa kata Inggris yang lebih puitis. Misalnya penggunakan kata “thou”, “thy”, atau “thee” yang sering muncul dalam sastra tua Inggris namun jarang digunakan di era modern.

Bukan hanya itu, sering mendengar lagu dan menonton film luar negeri juga melatih telinga Anda mendengar dan menerjemahkan langsung sebuah kalimat bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dalam waktu singkat. Meskipun tidak seluruh kalimat diterjemahkan, namun otak Anda akan langsung menangkap apa maksud kalimat tersebut.

Membaca Buku atau Cerita Pendek Berbahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris yang berikutnya adalah dengan membaca novel, sastra, puisi, komik, atau cerita pendek yang menggunakan bahasa Inggris. Berbeda dengan mendengar lagu dan film yang hanya membuat Anda menerjemahkan inti dari kalimat, membaca buku dan cerita akan membiasakan otak Anda menerjemahkan seluruh kata dalam kalimat tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa memahami betul apa inti dari kalimat tersebut tanpa harus mengira – ngira maksudnya. Sebab bila belum mengerti, ada kesempatan untuk membaca ulang kalimat dengan lebih seksama.

Sedangkan pada film, Anda dipaksa bisa mengerti kalimat yang diucapkan dalam waktu cepat. Yang mana juga penting untuk membiasakan mendengar lawan bicara tanpa memintanya mengulang kalimat.

Latih Kemampuan Berinteraksi Dalam Bahasa Inggris di Forum International

Tips terakhir untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan sering – sering berinteraksi di forum international. Misalnya Anda punya hobi bermain game, maka carilah forum international dengan anggota yang punya hobi sama.

Ketika sudah mengenal forum international, kemungkinan besar Anda akan sadar bahwa berbahasa Inggris tidak sesulit apa yang kita pelajari di sekolah. Karena ternyata tanpa menggunakan bentuk kalimat atau tense yang sesuai pun, lawan bicara kita akan memahami apa yang Anda maksudkan.

Baca Juga : Cara Menanam Anggur yang Benar dan Mudah

Demikianlah beberapa tips belajar bahasa Inggris yang bisa membantu Anda menguasai bahasa international ini. Layaknya bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah, bahasa Inggris pun akan lebih mudah dikuasai bila sering digunakan setiap hari.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.