Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir agar Tepat Guna

By Merries

0

Popok merupakan salah satu barang pertama yang harus dibeli oleh orang tua sebelum buah hati lahir. Memilih popok bayi baru lahir terkadang bisa membuat banyak orang bingung, terutama untuk para calon orang tua baru.

Mulai dari pilihan popok kain atau popok sekali pakai, hingga perbedaan popok bayi baru lahir dengan popok biasa ditambah lagi dengan harga popok bayi yang beraneka ragam.

Untuk mengatasi kebingungan ini, ada baiknya Anda menyimak hal-hal di bawah ini sebelum memilih popok terbaik untuk si Kecil.

Popok bayi baru lahir vs popok biasa

Umumnya, popok bayi baru lahir didasarkan pada berat badan bayi, bukan usia. Meski begitu, ada beberapa produk di pasaran yang memang didesain khusus untuk newborn atau bayi baru lahir. Jadi Anda tidak perlu khawatir kesulitan dalam mencarinya.

Saat memilih popok, cek apakah popok tersebut memiliki ruang tersendiri untuk tali pusar bayi. Tali pusar bayi biasanya lepas sendiri dan sembuh dalam waktu 7 hingga 10 hari. Sebelum itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan bagian ini, salah satunya dengan memilih popok yang tepat.Popok yang dirancang untuk bayi baru lahir biasanya memiliki lubang kecil di bagian depannya. Bagian ini berfungsi memberikan ruang bagi tali pusar bayi serta mencegah iritasi.

Anda perlu menggunakan popok jenis ini pada Si Kecil setidaknya selama beberapa minggu pertama. Namun, jenis popok demikian belum banyak di Indonesia, jika Anda belum menemukannya, cukup gunakan popok biasa, lalu lipat bagian atasnya agar tidak terkena tali pusat.

Selain itu, popok bayi baru lahir cenderung berukuran lebih kecil. Jika anak Anda cukup besar untuk ukuran bayi baru lahir, mungkin jenis popok khusus untuk bayi baru lahir kurang cocok baginya.

Berapa kali ganti popok bayi baru lahir yang dianjurkan? Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengganti popok sebaiknya sesering mungkin terutama pada bayi baru lahir yang lebih sering buang air kecil.

Kemudian berapa jam bagusnya mengganti popok bayi baru lahir? Waktu yang dianjurkan menurut IDAI adalah sekitar 2-3 jam sekali atau sesegera mungkin setelah bayi buang air kecil atau BAB.

Kriteria popok bayi yang bagus

Setelah mengetahui tips memilih popok yang tepat guna, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kriteria popok yang bagus seperti berikut:

  • Produk aman untuk kulit bayi sensitif dan terbuat dari bahan yang membantu mencegah iritasi kulit
  • Memiliki daya serap yang tinggi dengan bahan yang lembut
  • Memiliki teknologi tinggi yang bisa membuat kesehatan kulit bayi terjaga
  • Memiliki ukuran yang bervariasi sehingga bisa menyesuaikan ukuran bayi
  • Memiliki sirkulasi lapisan udara
  • Popok tipis dan tidak mengganggu gerak aktif bayi
  • Elastis dan tidak ketat

Kriteria-kriteria yang disampaikan, semuanya terdapat dalam satu produk popok sekali pakai yaitu Merries. Jadi jangan ragu lagi moms untuk memilih merries karena sudah teruji dan berkualitas dengan harga ramah di kantong.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.