Ubi Societas Ibi Ius Artinya Ini yang Benar

Mungkin kamu merasa sangat bingung, ubi societas ibi ius artinya apa sih? Dan jangan salah karena dapat kamu simak berikut ini ya

0

Sikalem – Asing memang bagi beberapa orang, tapi kalau kamu seorang pelajar, sebaiknya mengetahui ubi societas ibi ius artinya itu apaan.

Ini merupakan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Menengah Pertama.

Seorang pelajar yang tentu saja banyak yang tidak mengetahui ubi societas ibi ius artinya apa, sangat disayangkan jikalau hanya diam tidak mencari tahu artinya.

Nah, admin sudah menemukan apa yang kamu cari, untuk mengetahui artinya kamu dapat melihat berikut ini yang sudah di rangkum.

Bahasa Ubi Societas Ibi Ius

Mungkin ubi societas ibi ius ini merupakan sebuah bahasa Asing, yaitu bahasa Latin yang dikemukakan oleh Marcus Tullius Cicero seorang Filsuf terkenal dari Roma, Italia.

Dalam sejarah singkat, ia mengemukakan awal pertama kalimat tersebut untuk memenuhi kehidupan bermasyarakat dan hukum.

Lantaran ubi societas ibi ius artinya berhubungan dengan masyarakat dan dengan hukum, lalu apakah kamu tahu apa definisi dari kata tersebut?

Baca juga: Arti Kata Rogol, Rogol Arti Bahasa Malaysia Melanggar Hukum

Arti Ubi Societas Ibi Ius

Dikemukakan oleh Marcus Tullius Cicero yang berasal dari Roma, ubi societas ibi ius artinya “Ada msyarakat, Ada hukum“. Berarti hukum tidak berguna jika tidak ada masyarakat.

Kalimat ucapan ubi societas ibi ius ini selalu terdengar luas apabila sedang membicarakan hukum, tapi kita melihat kembali bahwa hukum harus kita perhatikan secara nyata.

Masyarakat yang menyebar di berbagai daerah, negara, hingga benua, tentu di lindungi dengan hukum dan juga diancam dengan hukum “jika melanggar”.

Hal tersebut membuat kita seharusnya tidak melanggar hukum, secara jelas kalimat tersebut menjadi peribahasa “Ada masyarakat, Ada hukum”.

Jika masyarakat tidak ada, lantas untuk siapa hukum? Jika hukum tidak ada, lantas bagaimana kehidupan masyarakat? Tentu akan sangat sulit untuk bertahan hidup.

Baca juga: Pengertian Invensi dan Inventor Menurut Hukum

Masyarakat dan Hukum

Hukum untuk melindungi masyarakat, dan hukum juga untuk mengancam masyarakat. Bagaimana agar tidak terancam oleh hukum?

Yang perlu kita lakukan adalah tidak boleh melanggarnya, karena perbuatan yang melanggar hukum, baik hukum negara ataupun hukum agama urusannya tentu saja berakibat terhadap hukuman bagi kita.

Memang kita berhadapan dan berdampingan dengan hukum untuk melindungi kita, tapi kalau dilanggar bukannya melindungi malah mencancam kita.

Buat sahabat kalem, jangan kamu lakukan apapun yang melanggar hukum, karena ingat! ubi societas ibi ius artinya yang dijelaskan sudah jelas bahwa kita berdampingan dengan hukum.

Kesimpulan

Maka, jadilah ungkapan tersebut sebagai bahan kalimat yang diucapkan ketika sedang membicarakan hukum, karena memang hukum tidak hanya harus mengancam masyarakat tapi juga harus melindungi dengan nyata.

Sahabat kalem, sekarang kita sudah tahu ubi societas ibi ius artinya apa, dan semoga saja kamu terlindungi oleh hukum serta tidak pernah melanggar yang namanya hukum.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.