Ujung Kulon Tempat Perlindungan Hewan Langka

0 3

Ujung Kulon dikenal sebagai tempat penangkaran atau perlindungan hewan langka, yaitu Badak Bercula Satu atau bisa juga disebut dengan badak Jawa yang benar-benar dilindungi.

Namun, selain badak bercula satu yang ada di ujung kulon, ternyata masih ada lagi hewan endemik yang dapat kamu temui disana.

Taman Nasional Ujung Kulon berada di Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten, letaknya paling barat pulau Jawa dan tidak ada lagi barat selain Ujung Kulonn.

Kenapa disebut Ujung Kulon? Karena memang terletak pada Pulau Jawa yang paling barat, sedangkan Kulon artinya barat.

Hewan-hewan Endemik yang Ada di Ujung Kulon

Badak Bercula satu memang sangat terkenal, salah satu hewan langka yang dilindungi dan jumlahnya sangat sedikit, hewan ini hanya dapat ditemui di Ujung Kulon karena itu tempat perlindungan hewan langka.

Sedangkan selain Badak Jawa atau Badak Bercula Satu, disana juga ada 4 hewan endemik termasuk Badak Jawa yang dapat kita jumpai saat berwisata ke Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten.

Berikut 4 hewan endemik yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

1. Badak Bercula Satu

Badak Bercula Satu
Badak Bercula Satu

Badak bercula satu merupakan hewan yang benar-benar sudah langka, menurut data yang telah admin temukan, hanya ada 74 Individu saja populasi badak Jawa yang masih ada.

Adat per Agustus 2020 tersebut kalau dijumlahkan secara keseluruhan berarti 40 jantan dan 34 betina. Sedikit sekali bukan? Maka hewan ini sangat dilindungi dan lestarikan di Ujung Kulon.

2. Anjing Hutan

Anjing Hutan
Anjing Hutan

Anjing hutan atau orang Banten menyebutnya Ajag juga termasuk salah satu hewan yang dilindungi, karena populasinya sudah semakin sedikit dibandingkan dengan anjing-anjing yang sering kita temui.

Anjing hutan pun ada dan dilindungi di Ujung Kulon, bahkan hewan yang admin sebutkan ini statusnya sudah hampir punah, maka harus kita lestarikan agar populasinya tidak punah.

3. Owa Jawa

Owa Jawa
Owa Jawa

Di Ujung Kulon juga ada hewan langka yang perlu dilestarikan agar populasinya tidak punah, yaitu Owa Jawa, penting kita ketahui tentang hewan ini, apalagi keadaannya yang sudah punah.

Owa Jawa semakin terancam karena habitat yang rusak, maka demikian di Ujung Kulon hewan ini masih dapat kamu temukan, meski memang jumlahnya masih ada kurang lebih 5000 ekor.

4. Surili

Surili
Surili

Mungkin sebagaian orang awam dengan nama hewan ini, ya memang karena populasinya sudah langka dan hampir punah, atau bahkan bisa saja hewan ini punah jika tidak dilesatarikan.

Hewan ini pernah ditetapkan sebagai maskot PON 2016, hewan yang satu ini pun dikenal pemalu, status Surili sudah hampir punah. Sudah termasuk hewan dilindungi sejak tahun 1979.

Nah sahabat kalem, ternyata bukan hanya badak bercula satu, namun ada 4 termasuk badak tersebut yang dilindungi dan kalau kamu mau tahu lebih lanjut, kamu dapat berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon di Pandeglang ya.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.