Ukuran Bendera Semaphore dan Sejarahnya

Berapa sih ukuran bendera semaphore? Pertanyaan seperti ini sering sekali terdengar di telinga, padahal gampang banget cara mengetahuinya, cari aja benderanya, lalu ukur.

Namun mungkin karena ukuran bendera semaphore ini sulit sekali di ukur sesuai dengan benderanya, sehingga kamu ingin yang lebih simple aja, langsung mengetahui ukurannya.

Banyak sekali disana yang sudah menjelaskan berapa ukuran dari bendera semaphore tersebut, namun admin kalem juga gak mau kalah, sesuai dengan tujuan Sikalem, jadi admin akan memberikan pengetahuan kepada kamu.

Disini admin tidak hanya membahas ukuran bendera semaphore, tapi juga lengkap dengan sejarahnya juga penemu semaphore. Admin rasa ini sangat penting dilakukan.

Pengertian Semaphore

Pengertian Semaphore
Pengertian Semaphore

Semaphore atau bisa juga disebut dengan semafor merupakan sandi yang bertujuan untuk mengirim atau menerima berita menggunakan bendera, sarung tangan, dayung, tangan kosong dan batang.

Perlu kamu ketahui, didalam pramuka, semaphore sangat penting dipelajari, mungkin itulah alasan kamu mencari tahu berapa ukuran bendera semaphore yang sesungguhnya.

Dan sesuai dengan pengertian diatas, mungkin kamu sering melakukan atau hanya melihat-melihat mereka menggunakan bendera atau alat lainnya untuk memberikan informasi dan atau menerimanya.

Itu disebut dengan sandi, kamu juga harus tahu bahwa mempelajari sandi semaphore itu sangat sulit, namun jika kamu terus belajar nanti juga bakal bisa kok.

Sedikit saja mengenai pengertian semaphore, mungkin kamu sudah paham, karena kita akan melanjutkan ke pembahasan berikutnya sesuai dengan yang admin katakan.

Sejarah Semaphore

Sandi semaphore ditemukan pada tahun 1792 oleh Claude Cahappe, pada abad ke-19 semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan saat pengisian bahan bakar dan digunakan saat kondisi darurat pada siang hari.

Semaphore sendiri merupakan teknologi optik kartago dan romawi kuno, hingga pada tahun 1792, sang penemu (Claude Chappe) menyempurnakan gerakan-gerakan bendera yang isinya pesan.

Jangan hanya tahu sandinya saja, namun kamu juga perlu tahu sejarah dan penemu sandi semaphore yang saat ini mungkin sering kamu gunakan ketika pramuka dilakukan.

Awal Tujuan Semaphore

Awalnya, semaphore digunakan sebagai komunikasi kelautan, namun setelah sang penemunya menyempurnakan semaphore, sandi ini bisa juga digunakan sebagai komunikasi untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan perang dan informasi yang lainnya.

So, mungkin yang kamu tahu saat ini bahwa bendera semaphore digunakan pada saat pramuka, tapi sebaiknya kamu tahu apa tujuan dari adanya kegiatan pramuka di sekolah?.

Jangan tanya admin, kalau admin mah bebas, yang tadinya tidak tahu pun pasti tahu karena admin disini berperan sebagai sumber pemberi informasi yang awalnya mencari tahu dulu, otomatis dong dapat pelajaran berharga.

Profil Penemu Semaphore

Profil Penemu Semaphore
Profil Penemu Semaphore

Diatas admin jelaskan kalau penemu semaphore adalah Claude Chappe (25 Desember 1763 – 23 Januari 1805), sayang sekali kalau admin tidak menjelaskan profil sang penemu sandi didalam pramuka itu.

Claude Chappe sendiri lahir di Brulon, Sharte, Prancis, dia seorang Cucu Baron Prancis. Claude sendiri dilahirkan hidupnya bertujuan untuk melayani Gereja, akan tetapi saat terjadi revolusi di Prancis, dia kehilangan pekerjaan tersebut.

Pantang menyerah, hingga akhirnya Claude mengembangkan komunikasi praktisi semaphore yang akhirnya membentang ke seluruh Negara Prancis. Dimana, itu merupakan telekomunikasi praktis pada zaman industri.

Ukuran Bendera Semaphore

Ukuran Bendera Semaphore
Ukuran Bendera Semaphore

Ukuran bendera semaphore atau semafor adalah 45 CM x 45 CM, bentuk benderanya persegi yang merupakan gabungan antara segitiga sama kaki yang warnanya beda, warnanya menggunakan warna merah dan warna kuning.

Namun meskipun kedua warna itu sangat direkomendasikan, sebenarnya bendera semaphore bisa digunakan dengan warna apapun sesuai selera, namun akan lebih baik jika menggunakan warna itu.

Bisakah membuat bendera lebih kecil atau lebih besar? Entahlah, mungkin bisa saja, tapi sebaiknya jangan, gunakan bendera yang sesuai dengan ukuran bendera semaphore yang biasa digunakan.

Semaphore Dalam Pramuka

Kita sudah tahu bahwa ukuran bendera pramuka adalah 45 cm x 45 cm, yang artinya ini adalah ukuran persegi dengan dua warna. Semaphore wajib ada pada kegiatan pramuka disetiap sekolah.

Keahlian penggunaan semaphore dalam pramuka sangat wajib dimiliki, kalau kamu tidak bisa menggunakannya, admin bisa saja berkata “Kamu payah” karena tidak bisa menggunakannya.

Sayangnya, menurut hasil survey dan penelusuran admin, di Indonesia semaphore sudah jarang dikenal, sebaiknya lebih dikembangkan lagi agar semaphore dalam kegiatan pramuka ini semakin bersejarah.

Dulu admin ketika pramukaan bingung harus ngapain, akhirnya admin meninggalkan kegiatan itu, dan sekarang admin menyesali telah meninggalkan kegiatan pramuka pada saat masih sekolah dulu.

Daripada kamu nyesel seperti admin, mending sekarang lebih mendekatkan lagi kegiatan pramuka ya, cintai dan jangan pernah menyerah belajar.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan, tujuan admin disini hanya memberikan ukurannya saja, namun kurang lengkap jika tidak dengan sejarah juga pengertiannya.

Demikian informasi mengenai ukuran bendera semaphore dan sejarahnya semoga dapat membantu dan kamu bisa menambah wawasan, anggap saja ini pelajaran sekolah seolah kamu belajar sendiri dirumah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.