9 Ular Cobra Terbesar di Dunia Sepanjang Masa

1 Like Comment
Ular kobra terbesar di dunia

Ular sendok atau biasa juga disebut ular cobra ternyata ada banyak sekali jenisnya. Seperti yang akan admin tulis kali ini yaitu ular cobra terbesar di dunia sepanjang masa.

Ular cobra memiliki bentuk cantik, lucu dan menggemaskan, tetapi sangat mematikan. Ular kobra biasanya meludahi korbannya, dimana ludah tersebut adalah racun.

Ular Cobra Terbesar di Dunia

King kobra adalah ular cobra terbesar di dunia yang ada di muka bumi. Dengan bisanya yang mematikan, king kobra juga biasa di pelihara oleh penggemar ular.

Baca Juga : 10 Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Masa

1. King Kobra

King Kobra
King Kobra

King kobra atau bisa juga disebut dengan nama ular anang merupakan jenis cobra terbesar yang ada di muka bumi. Dalam bahasa Sunda, ular ini juga sering disebut dengan Oray Totog (Ular Tutug).

Memiliki bentuk cantik dan berwarna kuning di bagian bawahnya bergaris-garis. Ular anang bisa tumbuh hingga 5.7 meter bahkan lebih. Berat ular ini pun mencapai 12 kilogram.

King cobra hidup di kawasan Indonesia, India Barat, Bangladesh, Bhutan, Kamboja, Burma, China Selatan, Vietnam, Thailand, Filipina, Kepulauan Andaman dan Semenanjung Malaya.

2. Kobra Cina

Kobra Cina
Kobra Cina

Kobra Cina merupakan keluarga Elapidae dari spesies kobra. Ular ini juga disebut dengan nama Taiwan Cobra. Kobra tersebut banyak di temukan di China dan negara tetangga.

Menurut infornya, ular ini yang paling berbisa di antara ular lainnya yang ada di China dan Taiwan. Tumbuh Kobra Cina mencapai 2 meter dengan rata-rata 1.5 meter.

3. Ular Sendok Sumatera

ular sendok sumatera
Ular sendok sumatera

Ular yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini merupakan jenis ular cobra terbesar di dunia selanjutnya. Banyak ditemukan di Kalimantan, Sumatera, Sem, dan Melayu.

Selain di daerah tersebut, ular ini juga banyak di temui di kawasan Banten, Bangka-Belitung, dan Kepri. Tumbuhnya mencapai 1.3 meter, dia bisa menyemprotkan racunnya sejauh 3 meter, wow ngeri.

4. Kobra Kaca-tunggal

Kobra Kaca-tunggal
Kobra Kaca-tunggal

Mereka memiliki warna yang pekat, bisa saja kuning, abu-abu, cokelat atau hitam. Tumbuhnya maksimal 2.3 meter, Kobra Kaca-tunggal juga disebut dengan nama Cobra Monosel.

Spesies ular kobra bermata satu banyak di temui di Kamboja, Thailand, China, Bhutan, Laos, Myanmar, Nepal, Vietnam, India, Bangladesh dan Malay Peninsula.

Baca Juga : 7 Ular Terbesar di Dunia Ada yang Dari Indonesia

5. Kobra Kuning

kobra kuning
kobra kuning

Kobra kuning atau kobra tanjung merupakan spesies kobra yang paling besar di kawasan Afrika Selatan. Nama lokal ular ini di Afrika Selatan yaitu Geelslang dan Bruinkapel.

Kobra kuning jantan bisa tumbuh hingga1.8 meter, banyak ditemukan di gurun-gurun atau sabana. Dia juga memiliki musuh, yaitu Burung Sekretaris dan Mogoose.

6. Kobra India

Kobra India
Kobra India

Ular yang panjang mencapai 2.3 meter ini merupakan 4 besar ular yang paling banyak menimbulkan kasus gigitan ular paling mematikan di india. Konon, ular ini salah satu ular dilindungi di India sehingga tidak boleh di bunuh.

Jika ular ini menggigit, orang India mempercayai itu murka dari dewa, hal tersebut dikarenakan ular ini ular suci yang merupakan binatang utusan dari sang dewa.

7. Kobra Mindanao

Kobra Mindanao
Kobra Mindanao

Kobra Mindanao juga disebut Kobra Siam, ini adalah jenis ular cobra terbesar di dunia yang tumbuhnya mencapai 1.4 meter dan merupakan ular dasli Filipina dan Mindanao di Filipina.

Kobra Mindanao memiliki perilaku yang unik, yaitu gelisah, tapi dia sangat cepat menyerang musuhnya dengan menyemprotkan racunnya, baik itu hewan lain maupun manusia.

8. Kobra Filipina

Kobra Filipina
Kobra Filipina

Berbeda dengan kobra Mindanao, kobra Filipina berada di kawasan Filipina Utara dan dikenal sebagai ular paling berbisa dari kawasan utara negara Filipina.

Konon, ular ini dapat tumbuh hingga 2 meter, tapi umumnya ular ini tumbuh 1-1.8 meter saja. Sebagai ular mematikan, tentu kita harus berhati-hati ketika menemukan jenis ular ini.

9. Kobra Hutan

Kobra Hutan
Kobra Hutan

Di antara yang lainnya, mungkin Kobra Hutan adalah jenis kobra yang paling besar selain King Kobra. Ular ini tumbuh hingga 3.1 meter dan spesiesnya berasal dari Afrika.

Ular cobra hitam dengan bibir putih ini suka dengan hutan dataran rendah dan padang rumput luas basah. Sehingga, ketika kamu berkunjung ke tempat tersebut, berhati-hatilah ular ini tersembunyi.

Ular ini cenderung gelisah, ular yang waspada, ular yang bisa berenang dengan cepat sehingga di sebut semi-akuatik, dan ular paling mematikan yang ada di dunia.

Nah, itulah 9 ular terbesar di dunia versi Sikalem. Dari ke 9 di atas, mana yang menurut kamu paling mematikan dan paling besar? Mana pun, kita harus tetap waspada dari ular kobra di atas.

Artikel Terkait

About the Author: Admin Kalem

Full Time Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.