Umumnya Masa Paceklik Ikan Bagi Nelayan di Indonesia Terjadi Pada Bulan Desember

Yang perlu kamu ketahui, umumnya masa paceklik ikan bagi nelayan di indonesia terjadi pada bulan Desember, ini penjelasannya

0

Sikalem – Masa paceklik merupakan masa-masa sangat susah, ketika nelayan mengalami hal ini tentu sulit mendapatkan ikan, dan tahukah kamu umumnya masa paceklik ikan bagi nelayan di indonesia terjadi pada bulan apa?

Seperti pada judul tertulis, bahwa bulan Desember adalah bulan yang merupakan akhir tahun, namun juga ternyata Januari menjadi bulan dimana menjadi paceklik para nelayan.

Akan tetapi, meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami terkait pada umumnya masa paceklik ikan bagi nelayan di indonesia terjadi pada bulan tersebut, karena itu kamu harus memahami yang terjadi ini.

Setiap tahun pasti terjadi masa-masa sulit yang membuat para nelayan kesusahan dalam menghasilkan ikan, tentu saja bukan tanpa alasan.

Perubahan iklim atau cuaca juga menjadi pengaruh, dan selain bulan tersebut seperti yang saya katakan bahwa ada beberapa bulan yang menjadi masa sulit ini.

Masa Paceklik Ikan Bagi Nelayan di Indonesia

Masa Paceklik Ikan Bagi Nelayan di Indonesia
Istimewa

Umumnya masa paceklik ikan bagi nelayan di Indonesia terjadi pada bulan Desember, Januari hingga bulan Maret, akan tetapi tergantung wilayahnya, ada juga yang terjdi pada bulan Januari hingga bulan Mei.

Sumber lain menyebutkan juga terjadi pada Desember – Februari.

Akan tetapi, dari beberapa bulan akhir dan diawal tahun, tetap saja bahwa masa paceklik para nelayan terkait ikan Itu terjadi di akhir atau awal tahun, dan setiap daerah atau wilayah perairannya berbeda-beda.

Sehingga, jangan menganggap bahwa para nelayan di seluruh Indonesia mengalami masa paceklik diwaktu yang sama.

Memang sama-sama terjadi antara akhir dan awal tahun, tapi beda lama waktu dan beda bulan yang terjadi pada beberapa wilayah para nelayan di Indonesia.

Baca juga: Salah Satu Keuntungan Dari Letak Geografis Indonesia

Baca juga: Hubungan Deforestasi Dengan Perkembangan Pertanian Indonesia

Baca juga: 4 Dampak Positif Dari Lingkungan yang Menjadi Area Tambak Ikan

Ketika Terjadinya Masa Paceklik

Seperti yang kita jelaskan diatas bahwa umumnya masa paceklik ikan bagi nelayan di indonesia terjadi pada bulan yang ada di akhir dan awal tahun, sampai pertengahan tahun.

Ketika terjadinya masa paceklik, yang membuat para nelayan sangat khawatir, tentu bagi mereka tahun-tahun tersebut adalah tahun yang sangat buruk.

Bukan tanpa alasan, karena mereka mengalami masalah pada sumber pencaharian yang memanfaatkan laut, sedangkan pada waktu tersebut terjadinya masa paceklik ikan.

Nelayan
Istimewa

Dampak Musim Paceklik Ikan

Pada dasarnya, masa paceklik ikan ini merupakan masa-masa yang membuat kita juga merasakannya, salah satunya adalah tingginya harga ikan yang dijual dipasaran.

Para petani juga sulit menangkap ikan dengan jumlah yang seharusnya mereka dapatkan, dan tentu akan berkurang dalam beberapa persen.

Perubahan suhu laut juga menjadi penyebab terjadinya masa paceklik atau musim paceklik ikan bagi para nelayan, dan tentu saja harus lebih memperhatikan kondisi yang ada dilautan.

Sahabat kalem, pada pembahasan ini kamu ketahui bahwa yang menjadikan harga ikan mahal dipasaran pada awal tahun itu bukan karena mereka menaikkan harga, tapi memang ada faktor penyebabnya, salah satunya adalah masa paceklik.

Dan kita sudah tahu sekarang umumnya masa paceklik ikan bagi nelayan di indonesia terjadi pada bulan apa, semoga saja bermanfaat pembahasan ini untuk kamu ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.