Wiki

Wiki

Portal Islam

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Pesan yang Terkandung Dalam Surat Al Kafirun

Surah AL-Kafirun (Orang-orang Kafir)

Mungkin ada yang belum tahu apa pesan yang terkandung dalam surat al kafirun yaitu surah dalam Alquran yang ke 109, didalamnya memiliki pesan luar biasa bagi seluruh umat manusia.

Pesan yang terkandung dalam surah al kafirun ini wajib kita teladani karena sesuai dengan isi dan arti daripada surah dalam Alquran itu sendiri.

Bagaimana pesan dan arti dari surah terebut? Mari kita bahas penjelasannya secara lebih detail, anggap saja artikel ini sebagai sarana ngaji yang dapat kamu nikmati agar lebih banyak mendapatkan pengetahuan agama.

Arti Surah Al Kafirun

Al Kafirun artinya orang-orang (Kafir) yang mengandung pesan didalam isi surah tersebut bahwa kita harus bertoleransi. Tentu surah ini turun pada jaman kaum Kafir Quarisy.

Pada saat turunnya surat ini adalah ketika Kafir Quraisy sedang mempengaruhi Rasulullah SAW dengan menawarkan kekayaan serta dapat menikahi perempuan Mekkah yang ia inginkan.

Nabi Muhammad SAW akan menjadi orang terkaya di Mekkah jika ia menuruti permintaan dari Kafir Quraisy, yaitu agar Nabi Muhammad SAW menyembah berhala seperti apa yang mereka sembah.

Baca Juga : Arti Amanah Beserta Pengertian dan Contoh Amanah

Pesan yang Terkandung Dalam Surat Al Kafirun

Dalam surah Al Kafirun terkandung pesan bahwa kita tidak boleh mencampur adukkan agama dan kepercayaan sebab akan merusak akidah dan keimanan umat manusia.

Dalam surah ini Allah Berfirman “Agamamu bagimu dan bagiku agamaku”. Kemudian Allah SWT juga berfirman “Hai orang-orang kafir, aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.

Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.Untukmu agamamu, dan untukku agamaku” (QS Al-Kafirun).

Al-Kafirun (Makiyyah)

  1. qul yā ayyuhal-kāfirụn (Hai orang-orang kafir,)
  2. lā a’budu mā ta’budụn (Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah)
  3. wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud (Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah)
  4. wa lā ana ‘ābidum mā’ abattum (Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,)
  5. wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud (dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah)
  6. lakum dīnukum wa liya dīn (Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku)

Surah Al-kafirun

Nama SurahAl-Kafirun
Arti SurahOrang-orang Kafir
GolonganMakiyyah
Surah Ke109
Jumlah Ayat6 Ayat
BerisiToleransi

Pesan yang terkandung dalam surat Al Kafirun sudah sangat jelas larangannya, sedangkan surah ini turun di Mekkah yaitu sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Surah ini adalah Surah Makiyyah yang mana ayat ke-6 surah ini sangat jelas kalau isinya adalah toleransi kepercayaan yang berbunyi “Untukmu agamamu dan untukku agamu” (Qs Al-Kafirun : 6).

Baca Juga : Kitab-kitab Allah yang Wajib Kita Percayai

Nah sobat kalem, kini kita sudah tahu pesan yang terkandung dalam surat Al Kafirun, mudah-mudahan apa yang tertulis diatas bermanfaat ya, jangan lupa share ke teman-teman mu agar mendapatkan pahala.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here