Wiki

Wiki

Portal Islam

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Pengertian Ide Pokok Bacaan Serta Fungsi Ide Pokok Bacaan

Ide Pokok

Tolong dong min, jelaskan pengertian ide pokok bacaan dan juga fungsi ide pokok bacaan soalnya saya enggak tahu. Sekalian beri tahu cara menentukan ide pokok bacaan.

Baik, admin rasa cukup bagus dengan yang dikatakan, sangat penting untuk admin cari tahu agar admin bisa menambah wawasan. Tentu admin akan menjelaskan pengertian ide pokok yang dimaksud.

Bukan cuma pengertiannya saja, namun admin juga akan memberi tahu kalian contoh, fungsi serta cara menentukan ide pokok bacaan yang wajib sekali kalian ketahui.

Kita akan mengulas satu persatu agar lebih mudah dipahami dan masuk ke otak, sehingga tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang membuat admin bingung.

Pengertian Ide Pokok Bacaan

Ilusi

Ide pokok bacaan merupakan gagasan utama atau gagasan pokok, artinya ada salah satu paragraf yang membahas masalah utama dalam setiap pembahasan yang kita buat.

Sehingga melalui ide pokok ini akan menghasilkan gambaran intisari dari bacaan yang diberikan. Ide pokok biasanya ada pada paragraf utama dan atau paragraf terakhir.

Baca Juga : Pengertian Jujur dan Lawan Kata Jujur Adalah

Fungsi Ide Pokok Bacaan

Ilusi

Sesudah kita membahas pengertiannya, maka kita akan mengetahui fungsi ide pokok bacaan yang sudah admin simpulkan secara lebih detail agar semakin mudah dalam memahaminya.

Ide pokok bacaan berfungsi untuk menjelaskan inti atau pokok pembahasan utama dari suatu paragraf. Sehingga jika kita identifikasikan, ide utama dalam paragraf tersebut mudah kita pahami.

Tanpa ide pokok, kemungkinan kalimat yang ditulis dalam suatu paragraf tidak akan sesuai serta tidak berhubungan. Jadi ide pokok sangatlah penting dalam pembuatan kalimat.

Fungsi ide pokok bacaan yang tertulis diatas adalah berkaitan dengan pengertian ide pokok diatas. Sebagaimana yang sudah tertulis.

Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Ilusi

Setelah kita tahu pengertian dan fungsi, kita cari tahu bagaimana cara menentukan ide pokok bacaan yang paling mudah, benar, dan cepat? Mari kita bahas berikut ini.

  • Baca teks bacaan secara keseluruhan
  • Simak atau cermati kalimat-kalimat yang tertulis pada setiap paragraf
  • Jangan lupa tandai info penting yang sesuai dengan topik pembahasan
  • Temukan juga ide pokok dalam suatu paragraf melalui kalimat utama
  • Mengubah kalimat utama menjadi lebih kompleks
  • Baca ulang agar semakin mudah dicerna dipahami

Mungkin kamu dapat melakukan tips atau cara diatas agar dapat menentukan ide pokok bacaan, sehingga kamu akan lebih mudah memahami apa yang dibahas dalam paragraf tersebut.

Ciri-ciri Ide Pokok

Ilusi

Selanjutnya, kamu pun perlu tahu seperti apa ciri-ciri ide pokok bacaan? Sedangkan sesuai pengertian diatas bahwa ide pokok bacaan adalah gagasan utama atau pembahasan utama.

Berikut ciri-ciri yang dapat kamu simak.

  • Kalimat tertulis adalah gagasan atau pikiran utama
  • Didalamnya terkandung inti dari persoalan yang terbahas
  • Menyatakan secara lebih eksplisit dalam pembahasan di topik
  • Kalimat utama cenderung mudah diidentifikasi

Kamu dapat mengetahui ide topik disetiap paragraf yang kamu baca dengan menemukan ciri-ciri yang tertulis diatas.

Baca Juga : 8 Ciri-Ciri Orang Munafik Disekitarmu

Contoh Ide Pokok

Ilusi

Para karyawan saat ini melakukan pekerjaan dirumah karena adanya Pandemi. Pandemi yang sudah mewabah secara global mengakibatkan dampak buruk, termsauk dilarangnya masuk kantor. Sehingga karyawan-karyawan hanya diperbolehkan bekerja dirumah.

Dalam kalimat yang admin tulis diatas bisa kamu simpulkan bahwa, topik utama yang dibahas adalah pekerjaan yang dilakukan dirumah. Jika menurut kamu kurang pas, silakan revisi atau bisa menambahkan melalui kolom komentar.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Cepat Diterima

Kira-kira itulah yang admin bahas kali ini, jika apa yang tertulis kurang memahami, mohon di maklum. Demikian pengertian ide pokok bacaan yang dapat admin jelaskan.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here