Portal Islam

Portal Islam

Rujukan Berita Islam Terbaru Hari Ini

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa Setelah Belajar Lengkap dengan Artinya dan Dalil Tentang Belajar

Seperti yang sudah sering Naisha bahas bahwa sebagai umat muslim kita sebaiknya mengawali dan mengakhiri segala sesuatu dengan berdoa. Begitujuga saat hendak belajar ataupun setelah belajar, kita juga harus berdoa. Dengan melakukannya kita harap akan diberikan kemudahan, kelancaran serta keberkahan dalam kita belajar. Naisha kali ini akan membahas mengenai doa setelah belajar.

Belajar

Proses yang kita llewati dalam memperoleh ilmu, itulah definisi dari belajar. Ilmu yang dimaksud di sini meliputi banyak aspek, beberapa diantaranya adalah tentang keterampilan, proses yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan, termasuk juga saat kita tumbuh dan berproses menjadi manusia yang lebih baik.

NaishaMate, sebagai seorang muslim kita pasti sering mendengar peribahas “menuntut ilmu itu sedari buaian hingga ke liang lahat”. Menuntut ilmu atau belajar yaitu sejak kita dilahirkan hingga ajal menjemput kita maka kita akan terus berproses dan belajar dengan kehidupan ini. Dengan belajar kita bisa mendapatkan manfaat bagi diri sendiri. Dan juga ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk orang lain dan juga lingkungan sekitar

Perlu kita ketahui bahwa belajar itu tidak hanya dalam pendidikan formal saja, namun juga non formal dan mencakup apa-apa saja yang kita pelajari di hidup kita. Misalnya saja ketika kita berproses menjadi dewasa dan juga belajar mengenai berbagai aspek kehidupan, itu juga merupakan belajar.

Allah SWT telah memerintahkan kita untuk belajar, hal ini karena Allah akan meninggikan derajat bagi siapapun yang berilmu serta beriman.

Berikut ini adalah beberapa poin dari tujuan belajar yang perlu kita ketahui:

  1. Agar Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Dengan kita belajar tentunya kita akan memperoleh pengetahuan dan tentunya kita juga memperluas wawasan yang kita miliki.

  1. Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Keterampilan

Dalam hidup ini kita juga harus memiliki berbagai ketrampilan. Misalnya saja ketrampilan menjahit akan mempermudah kita saat kita mendapati baju kita robek atau kancing lepas. Dengan begitu kita bisa menjahitnya dengan berbekal ketrampilan yang kita miliki.

  1. Membentuk sikap dan perilaku

Apa yang kita pelajari tentunya akdapat ,menjadi bekal kita dan tentunya dapat mempengaruhi kita dalam menjalani kehidupan. Termasuk juga akan mempengaruhi perilaku kita. Apabila kita banyak mempelajari hal yang baik maka perilaku kita juga akan condong ke perrilaku yang baik. Begitupun sebaliknya, apabila banyak hal buruk yang kita ambil maka perilaku kita juga akan condong ke tingkahlaku buruk.

Oleh karena itu, kita sudah seharusnya menyertakan Allah dalam segala hal yang akan kita lakukan. Agar kita mendapatkan berbagai keberkahan, diridhoi Allah SWT dan juga dijauhkan dari segala hal buruk.

Dalil tentang belajar

Berikut ini adalah beberapa dalil tentang perintah belajar yang perlu kita ketahui.

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Mujaadilah ayat 11:

وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Artinya :

“Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan”.” (QS. Al-Mujaadilah ayat 11).

Selain itu Allah SWT juga berfirman dalam QS Al-Alaq ayat 1-5. Surat ini termasuk ke dalam kelompok Surat Makkiyah dan juga surat ini menegaskan bahwa Rasulullah SAW diperintahkan oleh Allah untuk membaca yang dibarengi dengan kekuatan Allah bersama manusia dan penjelasan sebagai sifat-sifat-Nya.

Dalil Belajar

Berikut ini adalah surat Al-Alaq ayat 1-5 dan terjemahan:

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ – ١
Arab-latin: Iqra` bismi rabbikallażī khalaq
Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,”

خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ – ٢
Arab-latin: Khalaqal-insāna min ‘alaq
Artinya: “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.”

اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ – ٣
Arab-latin: Iqra` wa rabbukal-akram
Artinya: “Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,”

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ – ٤
Arab-latin: Allażī ‘allama bil-qalam
Artinya: “Yang mengajar (manusia) dengan pena”

عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ – ٥
Arab-latin: ‘Allamal-insāna mā lam ya’lam
Artinya: “Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Dalil Belajar

Selain ayat tersebut juga hadist yang menjelaskan tentang perintah belajar. Rasulullah SAW bersabda:

 إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Dalam hadist tersebut juga diterangkan bahawa ada amalan yang tidak akan terputus. Dan amalan-amalan tersebut diantaranya adalah ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, dan doa anak sholeh.

Oleh karena itu menuntut ilmu sangat penting agar kelah ilmu tersebut kelak dapat menolong kita di akhirat.

NaishaMate, hendaklah kita selalu menuntut ilmu selagi mampu serta memanfaatkan dan memembagikan berbagai hal baik di dalamnya kepada orang lain, agar ilmu yang kita miliki bermanfaat.

Mencari ilmu dan mengamalkannya merupakan suatu kewajiban dengan jaminan yang indah. Yaitu seseorang yang mengamalkannya akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Doa Setelah Belajar

Seperti yang kita tahu bahwa doa merupakan suatu usaha yang kita lakukan dengan ucapan agar keinginan kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Jangansampai kita lupa mengawali dan mengakhiri belajar dengan berdoa kepada Allah SWT. Tujuannya adalah agar kita selalu mendapatkan kelancaran dalam menjalani kegiatan yang sedang dilakukan.

Apabila NaishaMate sudah mengawali belajar dengan doa, sekarang kita mengakhiri belajar dengan doa. Hal ini kita lakukan agar ilmu kita bermanfaat dan menjadi berkah.berikut ini adalah doa setelah belajar.

Doa Setelah Belajar

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.

Artinya:“Ya allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

Semoga Allah SWT menjadikan kita manusia yang brilmu dan juga beriman. Agar segala sesuatu yang kita pelajari menjadi berkah dan pahala, yang kelak akan bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain.

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here